cara membaca ukuran velg mobil

Cara Membaca Ukuran Velg Mobil Mudah & Akurat

Cara membaca ukuran velg mobil ini pasti selalu dibutuhkan bagi pemilik mobil yang ingin melakukan modifikasi kendaraan kesayangannya terutama velg untuk memperindah tampilannya. Tentu anda pernah bukan, melihat roda mobil dengan tampilan yang unik bahkan mecolok. Tapi perlu diingat bahwa modifikasi velg ini tidak boleh sembarangan saja sebab ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan. Termasuk cara membaca ukuran velg mobil supaya tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Velg mobil sendiri merupakan lingkaran luar roda yang terbuat dari bahan logam. Velg tak hanya berfungsi sebagai aksesoris untuk memperindah tampilan kendaraan anda, namun justru velg termasuk kkomponen utama dalam menjaga keseimbangan dan keselamatan ketika berkendara.

Cara Membaca Ukuran Velg Mobil

Velg mobil sebenarnya sudah dilengkapi identitas yang berupa kode di bagian dalamnya. Identitias amaupun kode ini sering disebut dengan rim marking yakni informasi terkait ukuran serta diameter velg. Adapun cara membacanya cukup gampang, misalnya tertera rim marking 9×20, 5×112, ddan ET +20 pada velg tersebut, maka penjelasannya:

  • Pada kode 9×20, angka 9 artinya lebar velg (dalam satuan inci) dan 20 adalah diameter velg (dalam satuan inci).  Maka artinya velg itu memilki lebar 9 inci dengan diameter 20 inci.
  • Pada kode 5×112, angka 5 adalah jumlah baut dan 112 adalah jarak antara lubang baut roda di velg dengan satuan mm (PCD/Pitch Center Diameter). Maka velg tersebut membutuhkan 5 baut yang dipasang dalam jarak 112 mm.
  • Pada kode ET yang merupakan ukuran offser velg, dimana offset adalah ukuran penampang tengah velg yang mengarah ke dalam (ke bagian luar) dan biasanya ditandai dengan angka 0, negatif (-) atau positif (+). Jika dudukan baut velg berada di tengah, ini berarti offset velg itu adalah 0 (nol). Offset negatif (-) akan menunjukkan bahwa posisi dudukan baut velg ke arah luar dan permukaannya biasanya agak tebal. Sebaliknya untuk offset positif (+) tanda dudukan baut nya semakin mengalarah ke arah dalam serta permukaannya lebih tipis. Maka ET -20 maksudnya posisi dudukan baut pada velg mengarah ke luar sebanyak 20 mm.
Viral :   Cara Memasang Idle Up AC Mobil Dengan Benar

Tips Perawatan Velg Mobil

Posisi velg mobil terletak dibagian roda, sehingga lebih mudah terkena kotor karena jalanan yang dilintasi. Apalagi jika kondisi jalanan yang kurang rata atau bahkan rusak bisa membuat komponen roda ini mulai mengalami gangguan. Maka dari itu anda harus merawat velg mobil anda secara rutin agar performa berkendara tetap nyaman. Adapun perawatan velg cukup praktis dan bisa anda terapkan sendiri di rumah.

1. Mencuci velg

Noda ataupun kotoran yang menempel pada velg mobil karena jalanan yang dilalui harus sering anda bersihkan. Terlebih, velg biasanya terbuat dari bahan logam yang mudah berkarat akibat perubahan cuaca. Supaya tetap awet, anda perlu setidaknya mencuci satu minggu sekali atau bisa juga dengan mengelap velg setiap harinya ketika kondisi velg basah atau bahkan penuh dengan debu.

Viral :   Cara Alami Mengusir Tikus Di Mobil Dijamin Ampuh!

2. Hindari jalanan yang rusak

Velg mobil anda bisa mudah rusak sebab sering melewati jalur atau jalanan yang tidak rata atau rusak. Jalan yang berlubang dan becek akan membuat kinerja velg menurun akibatnya goncangan yang dilalui.

3. Periksa velg sebelum melakukan perjalanan jauh

Dan yang tak kalah pentingnya, ketika anda memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh, anda harus mengecek velg sebagai langkah antisipasi supaya tidak ada gangguan pada velg sehingga perjalanan anda pun akan terasa nyaman.

Penting bagi anda yang ingin melakukan modifikasi untuk mengetahui cara membaca ukuran velg mobil. Cukup hafalkan caranya dan terapkan ketika anda memilih velg untuk mobil anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba 🙂