Cara Membersihkan Kerak Oli Pada Mesin Mobil

Cara Membersihkan Kerak Oli Pada Mesin Mobil

Cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil sebenarnya tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Kerena kali ini kami akan menjelaskan tentang cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil. Tapi sebelum itu, kami akan jelaskan bahwa oli yang Anda gunakan, sebenarnya bisa meninggalkan sisa kerak membandel yang tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena bisa menumpuk dan menyebabkan sesuatu yang tidak di inginkan. Jadi Anda harus membersihkannya sebelum terlambat, berikut ini penjelasan tentang cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil.

Cara Membersihkan Kerak Oli Pada Mesin Mobil

Komponen bahan bakar dalam mobil akan sulit untuk berfungsi dengan baik, jika Anda tidak memperhatikan tentang kebersihan dan perawatan mesin mobil dengan benar. Tapi jika sudah terlanjur kotor, maka Anda harus melakukan langkah-langkah berikut ini, untuk membersihkan kerak oli pada mesin mobil.

  • Siapkan Seluruh Peralatan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam cara membersihkan mesin mobil dari kerak oli ialah menyiapkan seluruh peralatan. Ada beberapa peralatan yang harus Anda siapkan, untuk membantu proses pembersihan pada kerak mesin mobil Anda, mulai dari spons, sikat gigi, hingga kain microfiber.

Ketiga alat tersebut akan membantu Anda dalam membersihkan kerak oli yang menempel pada mesin mobil Anda, khususnya pada bagian-bagian kecil yang sulit untuk dijangkau. Tapi Anda juga jangan lupa untuk memastikan kebersihan dari seluruh alat tersebut. Karena jika alat-alat yang Anda siapkan ternyata kotor, tetapi Anda tetap menggunakannya untuk membersihkan kerak oli, justru mesin kendaraan Anda akan mendapatkan kotoran yang lebih banyak. Jadi jika memang alat-alat tersebut sudah terlalu kotor, maka Anda bisa membeli yang baru.

  • Dapatkan Pembersih Khusus

Tidak hanya membutuhkan spons, sikat gigi, dan kain microfiber, tetapi Anda juga membutuhkan pembersih khusus. Yang mana pembersih tersebut adalah engine conditioner. Kegunaan dari engine conditioner adalah dapat menghasilkan busa ketika sudah disemprotkan ke ruang bakar. Dengan adanya busa yang dihasilkan oleh engine conditioner, maka proses pembersihan kerak oli akan menjadi lebih mudah lagi.

  • Gunakan Engine Flush

Tidak hanya membutuhkan pembersih engine conditioner saja, tetapi Anda juga harus menggunakan engine flush. Yang mana engine flush ini memiliki bentuk seperti deterjen. Yang berfungsi untuk membersihkan kotoran dan menghilangkan kerak di jalur oli. Pembersih engine flush ini, memang digunakan khusus untuk membersihkan jalur oli di mobil Anda. Oleh karena itu cara pemakaiannya ialah dengan memasukkannya ke dalam bagian mesin mobil sebelum Anda mengganti oli atau masih terdapat yang lama. Setelah itu Anda bisa mulai menghidupkan mesin mobil kurang lebih 15 menit dengan menginjak gas, dengan posisi stasioner di angka 2.000 RPM. Lalu buanglah oli selagi mesin mobil Anda masih panas.

  • Pakai Engine Degreaser

Jika Anda sudah menggunakan pembersih engine flush, maka Anda juga perlu memakai cairan satu lagi, yang bernama engine degreaser. Yang mana kegunaan engine degreaser ialah untuk membersihkan ruang mesin secara total. Adapun cara penggunaannya hanyalah dengan disemprotkan ke bagian mesin, lalu sikat dengan air sabun hingga bersih. Kemudian kembali siram dengan air yang mengalir, lalu tinggal Anda keringkan menggunakan kain microfiber.

  • Selalu Lakukan Perawatan Berkala

Adanya kerak oli yang menempel pada mesin mobil, memang sangat mengganggu karena tidak hanya membuat mesin menjadi kotor, tetapi juga bisa menurunkan performa mobil. Oli mobil yang bermasalah juga sangat berpotensi membahayakan keselamatan Anda. Jadi sebaiknya Anda jangan lupa untuk selalu membawa mobil Anda ke bengkel tepercaya agar bisa mendapatkan perawatan yang lebih berkala.

Viral :   Tips Memilih Diesel Air untuk Irigasi yang Tepat