Cara Mematikan Mesin Mobil Engine Start

Cara Mematikan Mesin Mobil Engine Start

Cara mematikan mesin mobil engine start atau dengan kata lain mematikan mesin mobil tanpa menggunakan kunci ini  perlu anda ketahui apalagi jika anda memiliki mobil tanpa kunci. Pasalnya bagian yang sangat penting dalam sebuah kendaraan bermotor baik mobil ataupun sepeda motor adalah mesinna. Tetapi sering kali kebanyakan orang masih  belum tahu cara mematikan mesin mobil engine start atau tanpa kunci, sehingga bisa berpengaruh pada masa pakai mesin mobil itu sendiri. Padahal sebagai pemilik kendaraan, wajib memperhatikan kondisi mesin mobilnya agar ketika berkendara lebih nyaman.

Jika anda termasuk salah satu yang memiliki mobil tanpa kunci, anda harus mengetahui cara mematikan mesin mobil engine start yang benar demi menjaga perangkat amaupun komponen dalam mobil anda tetap baik dan terhindar dari kerusakan. Lantas bagaiamana cara mematikan mesin mobil engine start tanpa kunci? Dan apa saja yang harus di perhatikan? Mari simak selengkapnya dibawah ini!

Cara Mematikan Mesin Mobil Engine Start

Perlu diketahui bahwa cara mematikan mesin mobil engine start tanpa menggunakan kunci ini hanya bisa diterapkan pada mobil yang memang sudah dibekali tombol start/stop engine. Ketika anda menggunakan fitur ini, maka anda tak perlu lagi repot-repot memasukkan kunci manual mobil ke dalam lubang kunci serta memutar untuk menghidupkan atau ingin mematikan mesin mobil. Berikut ini beberapa langkahnya:

  • Posisi transmisi netral

Pertama-tama yang perlu anda lakukan adalah pastikan mobil anda berhenti dalam posisi transmisi berada di posisi netral (N). Hal ini bertujuan supaya mesin bisa mencapai putaran idling dan menjaga dari beberapa hal yang tidak diinginkan misalnya seperti anda tidak sengaja menginjak pedal gas yang tanpa anda sadari bisa membuat mobil melaju.

  • Rem tangan dalam posisi ON (aktif)

Selanjutnya anda juga harus memposisikan rem tangan dalam keadaan aktif. Bila tipe mobil anda masih memakai tipe rem tangan biasa, anda cukup menarik handle rem tangan saja ke arah posisi atas. Sedangkan jika mobil anda sudah memakai tipe mobil dengan rem elektrik, maka anda harus menekan tombol yang berlogo (P) di bagian dashboard mobil anda. Mengaktifkan rem tangan ini berfungsi sebagai salah satu tindakan keselamatan yang sama halnya anda memposisikan transmisi di posisi netral (N) tadi.

  • Matikan semua komponen eletronik

Beberapa komponen elektronik seperti audio system, AC, dan setiap perangkat multimedia lain yang perlu dimatikan ketika anda hendak mematikan mesin mobil seperti biasanya. Dimana ini bertujuan supaya aki mobil anda tetap terjaga dan juga tidak mudah soak.

  • Pastikan putaran mesin sudah di putaran idling (stasioner)

Cara mematikan mesin mobil engine start pada langkah selanjutnya anda harus memastikan bahwa putaran mesin sudah berada dalam putaran idling/stasioner. Pada posisi ini, mesin kendaraan anda sudah dalam keadaan normal tanpa mempunyai beban dari yang sebelumnya dipakai berjalan dengan kompresi yang cukup tinggi. Anda juga harus memastikan untuk tidak mematikan mesin mobil secara mendadak setelah menginjak pedal gas, sebab ini bisa berpengaruh buruk pada kondisi piston mobil anda yang akhirnya membuat mesin mobil tidak pada putaran idling.

  • Matikan mesin mobil

Apabila putaran mesin sudah mencapai putaran idling, anda sudah boleh mematikan mesin mobil dengan cukup meletakkan remote kunci pada konsol tengah mobil/ di kantong, lalu tekan tombol start/stop engine. Ingat ya, bahwa setiap merk ataupun brand mobil memilki cara yang berbeda-beda untuk mematikan serta menghidupkan mobil menggunakan tombol ini.

Viral :   Inilah Fungsi Carbon Cleaner dan Tips Menggunakannya

Dan yang paling menariknya, bila fitur tombol start/stop engine mengalami kondisi baterai remote kunci yang lemah, anda tetap dapat menggunakannya untuk menghidupkan serta mematikan mesin mobil anda. Caranya pun cukup mudah yakni dengan menempelkan remote start entry yang mempunyai logonya ke tombol start/stop sampai lampu di tombol tersebut menjadi menyala hijau. Jika sudah, lakukan prosedur seperti semula yaitu injak rem dan juga tekan tombol start/stop engine.

Hal-hall yang harus anda perhatikan dalam melakukan cara mematikan mesin mobil engine start diatas ialah; pastikan AC mobil sudah dimatikan, jangan biarkan msin mobil anda pada putaran tinggi, dan juga hindari audio yang sedang menyala. Demikianlah Cara Mematikan Mesin Mobil Engine Start yang bisa anda coba lakukan sendiri. Semoga informasi diatas bermanfaat 🙂

Viral :   Mengenal Fungsi Tune up Pada Mobil dan Tutorial Lengkapnya