Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Buram

Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Buram

Cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram sebenarnya tidaklah sulit. Jika kaca lampu mobil yang sudah lama tidak dibersihkan dengan optimal maka akan menjadi buram. Fokus pencahayaannya pun sudah pasti berkurang dan efeknya kurang baik untuk Anda ketika berkendara pada malam hari ini. Fungsi lampu pada mobil sangat penting untuk berkendara, apalagi pada malam hari dan saat hujan, karena sangat berperan untuk berkomunikasi. Maka dari itu kami akan menjelaskan tentang cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram berikut ini.

Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Buram

Lampu mobil yang buram dan juga kusam, akan menjadi sebuah masalah besar jika tidak Anda tangani dengan cepat. Selain merugikan diri sendiri, pengendara lain juga bisa terkena imbasnya. Oleh sebab itu di bawah ini kami jelaskan tentang beberapa cara agar lampu mobil bisa kembali ke kondisi semula dan menghasilkan cahaya yang dibutuhkan.

  • Siapkan Peralatan Yang Dibutuhkan

Siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu seperti kain microfiber, sabun cuci mobil, air hangat, minyak tanah, amplas 1500 dan 2000, serta compound atau pasta gigi. Semua peralatan tersebut sangat dibutuhkan untuk membersihkan kaca lampu mobil Anda agar tidak buram.

  • Awali Dengan Cuci Lampu Mobil

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ialah mencuci kaca lampu mobil seperti biasa. Gunakan sabun cuci mobil agar kotoran yang menempel pada kaca lampu mobil Anda bisa terangkat dengan mudah. Setelah itu, keringkan kaca lampu mobil Anda dengan kanebo sehingga proses selanjutnya yang akan dilakukan menjadi lebih maksimal.

  • Mulai Meracik Ramuan Pembersih Lampu Mobil

Nah sekarang Anda harus mulai meracik cairan pembersih lampu mobil khusus. Silahkan Anda campurkan sabun cuci mobil dengan minyak tanah berdasarkan rasio perbandingan 60:40 ataupun 70:30. Jika sudah diracik dengan sempurna, maka mulailah mengamplas kaca lampu mobil Anda dengan amplas 2000 sambil dicelupkan ke dalam racikan tersebut. Jika memang kaca lampu mobil Anda sudah terlihat tidak terlalu buram lagi, maka gunakanlah amplas 1000. Akan tetapi sebaliknya, jika masih terlalu buram, maka tetap gunakan amplas 2000 hingga Anda merasa kalau kaca lampu mobil Anda sudah cukup bersih. Setelah itu Anda bisa mengerikan lampu mobil dengan lap hingga benar-benar kering.

  • Gunakan Compound

Oleskanlah compound (jika tidak ada, maka gunakan pasta gigi) secara merata ke seluruh permukaan kaca lampu mobil Anda. Tapi kalau memang ingin hasil yang lebih maksimal, maka sebaiknya Anda gunakan compound. Karena dengan sifatnya yang bisa mengikis akan menutupi baret atau lecet pada kaca lampu mobil Anda. Sehingga hasil pembersihan kaca lampu mobil menjadi lebih sempurna lagi.

  • Bisa Memanfaatkan Amplas 1500

Jika Anda memiliki amplas 1500 dan melihat masih ada goresan atau baret halus pada kaca lampu mobil Anda, maka gunakan saja untuk mengamplas. Jangan lupa basahkan dengan racikan yang telah Anda buat sebelumnya agar lebih mudah dalam proses mengamplas, sekaligus tidak menggores kembali kaca lampu mobil Anda. Gosoklah secara perlahan.

  • Hasil Maksimal Dengan Pasta Gigi

Jika memang Anda rasa masih belum ada perubahan di kaca lampu mobil Anda, maka  Anda bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkan kaca lampu mobil Anda. Oleskanlah pasta gigi di bagian kaca lampu yang buram, kemudian langsung saja Anda gosokkan dengan lap microfiber. Jika sudah merasa cukup, maka silahkan Anda bilas dengan air bersih lalu keringkan.

  • Pola Menggosok Kaca Lampu Mobil

Selama proses perawatan, seluruh proses penggosokan harus benar dan sesuai dengan pola yang kami anjurkan. Dalam penggunaan compound ataupun pasta gigi, Anda harus menggosoknya secara perlahan searah jarum jam atau secara berlawanan. Selain itu Anda jangan terlalu menekan saat menggosok karena lapisan kaca lampu mobil bisa menipis.

Viral :   Ini Dia Tips Aman Menyetir untuk Pemula yang Baru Belajar

Itulah tadi beberapa cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram. Anda bisa mengikutinya dengan mudah dan mempraktikkannya sendiri di rumah. Jika ternyata ada masalah perihal lampu mobil yang lebih besar dan sulit untuk Anda bereskan sendiri, maka Anda jangan ragu untuk datang ke tukang servis, untuk melakukan perawatan berkala.