Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil
Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil

Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil

Cara mematikan lampu ABS pada mobil sering kali dibutuhkan oleh sebagian orang. Pasalnya perkembangan teknologi pada dunia otomotof kini membawa dampak yang positif dari segi fitur keselamatan. Sehingga hampir semua mobil sudah dibekali fitur rem ABS atau Anti-lock Brake System. Jika mobil sudah memiliki rem ABS akan terdapat lampu khusus pada bagian panel indikator. Namun ternyata ada masalah yang bisa muncul saat lampu ABS menyala. Jaddi bagaimana cara mematikan lamou ABS di mobil?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa teknologi ABS sendiri sangat berguna untuk menjaga sistem pengereman suapaya tidak terkunci pada saat anda mengerem secara mendadak. Tentu ketika ban mobil anda terkunci maka mobil dapat kehilangan kendali dan bahaya ini akan terhindar berkat adanya rem ABS. Pada saat rem ABS bekerja maka lampu khusus yang ada di panel indikator ABS akan menyala terus menerus, maka bisa saja terdapat masalah lainnya.

Daftar Isi

Penyebab lampu ABS menyala terus menerus

  • Berkurang atau rendahnya minyak rem mobil
  • Terdapat masalah pada unit kontrol
  • Pengecekan di bagian bohlam standar
  • Terjadi masalah pada Speed sensor
  • Ada masalah pada kabel yang ada di dalam sistem mesin
  • Kerusakan atau kegagalan dalam pemompaan
  • Terdapat kerusakan di bagian solenoid

Jika dilihat dari beberapa penyebab diatas, maka biasanya lampu indikator menyala saat sistem ini bekerja. Bila sudah menyala secara terus menerus padahal anda tidak sedang menginjak pedal rem atau bahkan saat mobil anda baru dinyalakan tetapi masih terus menyala, ini berarti memang terjadi masalah lain.

Cara mematikan lampu ABS pada mobi

  • Periksa sensor lampu ABS

Tahapan pertama dalam cara mematikan lampu ABS di mobil adalah melakukan pengecekan di bagian sensor lampu  ABS yang letaknya di bagian roda dari kendaraan bermotor. Anda bisa mengecek kabelnya yang berdekatan dengan roda depan yaitu apakah kabel itu mempunyai permukaan yang rusak / tidak?. Pasalnya kerja sensor juga mendeteksi saat brake pads sudah mulai tipis yang akhirnya permukaan minyak rem akan turun secara otomatis. Hal inilah yang menyebabkan lampu ABS menjadi menyala terus menerus.

  • Bersihkan Throttle Body

Cara kedua yang bisa anda coba ialah membersihkan throttle body. Caranya anda bisa membuka selang saluran udara yang menuju ke bagian mesin mobil. Kemudian berikan semprotan pembersih khusus mobil yang umumnya dijual di toko-toko onderdil mobil. Dampak pertama yang sering terjadi setelah menyemprotkan semprotan pembersih ialah mensin menjadi batuk-batuk. Namun anda tak perlu khawatir, sebab hal ini tidak akan berlangsung lama. Bila mesin mobil anda sudah normal, maka aliran udara yang ada dalam throttle body menjadi bersih.

  • Periksa ke bengkel resmi

Jika kedua cara diatas belum menyembuhkan masalah anda sehingga lampu ABS masih tetap menyala terus menerus maka cara terkahir yang bisa anda lakukan ialah membawa mobil anda untuk periksa langsung ke bengkel resmi kepercayaan anda.

Viral :   Gunakan Kaca Film Mobil Pada Persentase Kegelapan Aman

Semoga ulasan diatas tentang cara mematikan lampu ABS pada mobil bisa membantu dan bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba 🙂