Cara Memasang Relay Klakson Mobil

Cara Memasang Relay Klakson Mobil

Cara memasang relay klakson mobil bisa anda lakukan ddengan beberapa langkah. Namun apakah anda tahu fungsi dari relay klakson? Sebelum kita mengetahui cara memasang relay klakson, alangkah baiknya kita perlu juga tahu apa saja fungsi dari relay klakson. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Fungsi Relay Klakson Mobil

Klakson mobil merupakan saah satu fitur mobil yang wajib ada dan selalu dibutuhkan setiap kali digunakan yaitu untuk memberikan bunyi penenada. Pada pihak lain pada saat anda sedang berkendara. Bisa juga sebagai tanda bahaya, memberi tanda bahwa ada kehadiran mobil anda disana hingga meminta pengendara lain lebih cepat berkendaranya. Relay berfungsi sebagai saklar penghubung sekaligus pemutus beban arus yang besar. Adanya relay pada kendaraan membuat kabel saklar tidak membutuhkan ukuran yang besar, sehingga ukuran kecil pun sudah mencukupi. Keberadaan relay juga bisa membantu anda ketika mengatasi penyebab klaksin mobil yang mati. Nah jadi sekarang bagaimana si cara memang relay klakson mobil?

Viral :   Perbedaan Antara Knalpot Cha Yang Asli Dan Palsu

Cara Memasang Relay Klakson Mobil

Untuk mempermudah mempermudah proses pemasangan anda harus mempersipakan terlebih dahulu beberapa alat yang diperlukan, diantaranya seperi socket relay, terminal konektor relay, fuse box, ring terminal 10 mm, kabel serabut tebal dengan diameter 5 mm, serta terminal konektor berdasarkan beban arus mobil anda.

Perlu diketahui bahwa dala sistem kelistrikan relay klakson terdapat tegangan negatif dan tegangan positif. Dimana tegangan negatif biasanya mempunyai dua kabel, sementara tegangan positif memiliki satu kabel pada bagian saklar kontrol & satunya pada bagian ground.

  • Pemasangan di sistem tegangan negatif

Pada pemasangan sistem tegangan yang negatif ini, kaki relay nomor 30 di pasag menuju bagian positif aki. Kabel yangg dipakai juga harus tebal dan langsung dari aki. Lalu, kaki relay nomor 87 dipasangkan ke positif klakson. Ukuran kabelnya pun bisa yang sedang samapi yang tebal. Selanjutnya, kaki relay nomor 85 dipasang ke salah satu kabel klakson. Kaki relay nomor 87 sambungkan ke salah satu kabel klakson serta kabel dari kaki 85 & 86 bisa anda pilih sesuka hati.

  • Pemasangan di sistem tegangan positif

Cara memasang relay klakson mobil pada tahapan selanjutnya adalah pemasangan di sistem tegangan positif yang sebenarnya sama saja seperti pemasangan tegangan negatif yaitu di mulai dari kaki relay nomor 30 ke positif aki. Lalu kaki nomor 87 ke positif klakso dan yang terakhir kaki nomor 85 dan 87 di sambungkan ke salah satu kabel klakson. Yang perlu anda ketahui, pemasangan kaki relay bisa saja berbeda-beda sesuai merk relay ayng anda beli. Dan jangan lupa untuk memperhatikan nomor kaki relay sebelum memasangnya di sistem teganagn negatif dan positif supaya tidak salah.

Viral :   Cara Buat Kwitansi Jual Beli Mobil yang Benar

Manfaat pemasangan relay

Pemasangan relay klakson mobil sangat bermanfaat seperti bunyi fitur menjadi lebih lantng & keras. Sehaingga pengendara dapat lebih cepat mengatahui jika ada anda di jalan / kehadiran anda dijalan. Hal ini tentu sangat berguna ketika dalam keadaan genting. Manfaat lainnya saklar mobil anda menjadi jauh lebih awet dari sebelumnya serta masalah-masalah lain bisa terminimalisir.

Semoga informasi terkait cara memasang relay klakson mobil bisa bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba 🙂