4 Hal Pemicu Mobil Terbakar Tiba-Tiba yang Harus Diketahui

4 Hal Pemicu Mobil Terbakar Tiba-Tiba yang Harus Diketahui – Mobil membutuhkan perawatan rutin agar performanya optimal. Selain itu, perawatan juga penting untuk menghindari mobil terbakar tiba-tiba. Beberapa kali terjadi kasus mobil tiba-tiba terbakar saat dikendarai. Pemicu terjadinya hal tersebut adalah pemilik yang kurang teliti dengan komponen mobil. Untuk itu, hal-hal yang dapat memicu mobil terbakar tiba-tiba berikut ini perlu diketahui agar bisa dicegah.

4 Hal Pemicu Mobil Terbakar Tiba-Tiba yang Harus Diketahui

  • Modifikasi yang Berlebihan

Saat akan memodifikasi kendaraan, cobalah untuk mempertimbangkan apa saja spare part yang dipakai. Modifikasi biasanya menyangkut tiga hal, yaitu mesin (misalnya penggantian sistem knalpot), frame (misalnya penggantian roda-roda) dan sistem elektrik (misalnya penambahan lampu).

Saat memodifikasi mobil, pastikan modifikasi dilakukan oleh modifikator yang ahli dan menggunakan spare part yang sudah teruji. Belakangan ini, marak modifikasi sistem kelistrikan. Hal ini terjadi karena tersedia banyak bahan modifikasi, seperti lampu LED, yang dijual dengan harga murah.

Selain itu, modifikasi yang dikerjakan oleh sebarang orang yang tidak paham akan pengetahuan kelistrikan otomotif dapat mengakibatkan timbulnya korsleting. Tidak hanya itu, kecerobohan dalam memodifikasi mobil juga bahkan dapat memicu kecelakaan dan mengakibatkan mobil terbakar.

  • Bahan Bakar yang Bocor

Bahan bakar yang bocor akan terkena percikan api dari sistem pembakaran. Percikan api ini yang kemudian dapat menyebabkan mobil terbakar saat sedang dikendarai. Hal ini sering menjadi dugaan utama penyebab sebuah kendaraan terbakar tiba-tiba.

Viral :   Cara Membasmi Kecoa Di Dalam Mobil

Kebocoran bahan bakar ini terjadi karena disebabkan tutup tangki bahan bakar tidak tertutup dengan baik. Bisa juga karena ada selang bahan bakar yang bocor sehingga menetes dan terkena percikan dari sistem pengapian.

Selain itu, saat melakukan perawatan berkala, pastikan kondisi selang bahan bakar dalam kondisi yang baik. Pemeriksaan ini harus dilakukan oleh mekanik yang kompeten.  Mekanik ahli saat melakukan pemeriksaan akan melakukan penggantian spare part tertentu.

Di dalam tutup bahan bakar, terdapat karet perapat dan sistem pernapasan atau lubang kecil di tutup tangki. Karet dan lubang ini harus terpasang dengan baik dan jauh dari benda lain. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kendala selama berkendara.

  • Oli yang Bocor

Selain bensin, pemicu mobil terbakar tiba-tiba juga bisa disebabkan oli yang bocor. Untuk itu, lakukan pengecekan kondisi seluruh bagian mobil saat akan memakainya. Pengecekan oli mesin dapat dilihat dari ketinggian oli di batang pemeriksaan oli mesin. Perhatikan juga apakah ada yang bocor atau tidak.

Sebenarnya, fungsi oli adalah sebagai pendingin yang menyebarkan panas mesin. Kekurangan jumlah oli akan menjadikan temperatur mesin naik di atas temperatur normalnya. Jika ada oli yang merembes, ganti komponen tersebut agar tidak membahayakan.

Viral :   Tips Perawatan Kaki Kaki Mobil Paling Mudah Supaya Awet

Kebocoran oli dapat mengakibatkan kerusakan yang parah pada mesin mobil. Ini karena kinerja mobil akan berkurang atau bahkan mogok. Untuk menghindari kebocoran, segera lakukan servis dan ganti oli rutin agar kondisi kendaraan terpantau dan Anda dapat menghindari kerusakan lebih lanjut atau lebih parah.

  • Kondisi Mesin Terlalu Panas

Saat kondisi mobil menyala, akan dihasilkan panas di area mesin dan knalpot. Panas yang dihasilkan akan semakin tinggi saat mobil digunakan dalam waktu lama, misalnya saat Anda melakukan perjalanan jauh keluar kota sehingga mobil dikendarai selama berjam-jam. Panas akan semakin tinggi lagi jika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi.

Faktor eksternal juga dapat memicu terjadinya kecelakaan dan terjadinya kebakaran. Sesuatu yang menempel pada mesin atau knalpot yang panas dapat menghambat pelepasan panas ke udara bebas. Inilah yang menyebabkan bagian yang tertutup  benda asing menjadi lebih panas dan dapat menjadi sumber api yang menyebabkan mobil terbakar.

Dengan mengetahui pemicu mobil terbakar tiba-tiba, diharapkan Anda dapat menghindarinya sehingga kejadian serupa tidak menimpa kendaraan Anda. Jangan lupa untuk melakukan servis mobil secara rutin.