Ini Dia Tips Aman Menyetir untuk Pemula yang Baru Belajar

Menyetir mobil memang membutuhkan keahlian tersendiri. Pengendara harus bisa menyelaraskan antara gas dan rem serta bagaimana mengatur laju kendaraan. Tentu saja bagi yang sudah terbiasa, menyetir adalah hal yang mudah. Lantas, bagaimana dengan para pemula yang baru belajar? Tentu saja diperlukan mental yang kuat agar bisa tetap tangguh di jalanan.

Meskipun tergolong pemula, Anda pun tetap bisa berkendara tanpa khawatir berlebihan. Yang terpenting adalah yakin dan tidak gugup. Jika sudah memiliki bekal demikian, laju kendaraan roda empat ini pun bisa Anda kuasai. Berikut ini tips selengkapnya agar tetap aman menyetir bagi Anda yang masih pemula.

Tips Menyetir untuk Pemula

Tidak bisa dimungkiri, menyetir bagi para pemula memang menyenangkan sekaligus menegangkan. Apalagi jika tiba-tiba ada kendaraan yang menyalip serta berpapasan dengan truk atau kendaraan besar. Apa yang harus dilakukan? Simak ulasan tips menyetir mobil pemula  secara lebih lanjut berikut ini.

Kenali Mobil Lebih Dalam

Hadirkan rasa nyaman dengan mengenali mobil lebih dalam. Perlahan-lahan, pahami sejumlah fungsi serta komponen yang ada di kendaraan roda empat ini. Misalnya saja persneling. Anda harus tahu bagaimana mengatur persneling saat berada di tanjakan, turunan, dan lain sebagainya.

Viral :   Ukuran Garasi yang Ideal Berdasarkan Dimensi Mobil Avanza

Cari Posisi Nyaman

Cari posisi duduk yang akan membuat Anda bisa jelas melihat sekitar. Posisi duduk yang pas berada di setengah ketinggian kaca depan. Selain itu, posisikan juga lutut agar tidak terlalu merentang sehingga pedal, rem, dan gas bisa terkontrol secara mudah.

Duduklah tegak dan jangan membungkuk. Posisi ini tergolong nyaman, terutama bagi pemula yang belajar mengendarai. Jika Anda sudah merasakan posisi yang tepat, tentu saja laju kendaraan akan lebih mudah terkontrol.

Abaikan Hal yang Tidak Penting

Saat berada di depan kemudi, konsentrasi merupakan hal penting untuk dijaga. Sebaiknya, abaikan hal-hal yang mengganggu konsentrasi. Anda memerlukan perhatian ekstra selama memegang kendali. Misalnya saja ketika terjadi kemacetan, pandangan harus tetap berada di depan agar tetap fokus dan responsif.

Selain itu, jangan sampai Anda berada di bawah kendali minuman keras ketika menyetir. Untuk pemula, suara kencang dan bercakap-cakap terlalu intens juga bisa mengacaukan konsentrasi.

Pegang Setir secara Tepat

Memegang setir secara tepat sangatlah penting. Anda bisa mengontrol mobil secara optimal apabila bisa memegang setir dengan benar. Menurut riset, posisi tangan harus berada di arah jam 9 untuk tangan kiri. Sedangkan tangan kanan di arah jam 3. Posisi ini merupakan yang terbaik untuk memegang kemudi.

Viral :   Cara Melihat PCD Velg Mobil

Jangan Lupa Lampu Sign

Lampu sign merupakan penanda bagi orang lain untuk melihat ke mana Anda mengarahkan kendaraan. Jangan lupa untuk menyalakan lampu tanda tersebut jika ingin belok, menambah kecepatan, menyalip, dan manuver lain. Meskipun terlihat sepele, lampu tersebut sangat berguna untuk menjaga keselamatan selama di jalanan.

Perhatikan Kecepatan

Baik bagi pemula maupun yang sudah pro, kecepatan berkendara adalah hal penting yang harus selalu diperhatikan. Jangan mengendarai dengan kecepatan tinggi, terlebih jika baru belajar menyetir. Tetap fokus dan gunakan laju standar.

Patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Seiring berjalannya waktu, Anda akan lebih peka dalam berkendara dan mengatur lajunya. Memperhatikan bagaimana kecepatan laju mobil juga berguna untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama di mobil.

Bagaimana, sudah siap untuk menyetir? Jangan takut karena jika orang lain bisa dengan mudah berkendara, tentu saja Anda juga bisa melakukan hal yang serupa. Yang terpenting setelah anda tahu cara menyetir untuk pemula, tetap patuhi peraturan lalu lintas dan pastikan Anda sudah memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Kata Pencariantips buat pemula dalam menyetir