Cara Memasang GPS di Mobil

Cara Memasang GPS di Mobil Beserta Harganya

Cara memasang gps di mobil perlu anda ketahui untuk menjaga keamanan kendaraan kesayang anda. GPS sendiri merupakan alat pelacak mobil yang telah ada sejak lama. Sayangnya tidak semua pemilik mobil mengetahuiu terkait cara memasang GPS di mobil yang benar. Apalagi di zaman modern kini pemasangan GPS tracker dinilai sanagt membantu sebab memiliki banyak manfaat.
GPS atau Global Positioining System dan tracker artinya sebagai pelacak. Maka jika digabungkan GPS tracker mempunyai maknansebagai alat pelacak kendaraan yang berbasis dengan lokasi. Kendaraan bermotor baik sepeda motor ataupun mobil yang dipasangkan GPS bisa diketahui dengan mudah lokasi keberadaannya secara detail. Tentu sebagai pemilik kendaraan anda pernah mendengar kasus pencurian mobil, nah dengan GPS tracker inilah yang bisa membantu melacak keberadaan mobil bila sewaktu-waktu mengalami tindak kejahatan.

Cara Memasang GPS di Mobil

Untuk pemasangan GPS pada mobil secara mandiri di rumah, maka pastikan anda sudah memahami jalur kelistrikan pada mobil. Pasalnya salah satu cara pasang GPS tracker pada mobil adalah dengan menyambungkan kabel on atau off yang terdapat di aki. Oleh sebab itu anda juga diwajibkan membaca diagram kelistrika jika ingin memasangnya sendiri di rumah sebagai panduan.

  • Periksa komponen GPS

Pada saat anda membeli GPS di online shop, pastikan dahulu untuk kelengkapan komponen GPS yang tersedia di dalam kardus dan jangan lupa untuk membaca petunjuk pemasangan dengan teliti dan cermat. Umumnya komponen-komponen GPS terdiri dari kabel minus, kabel plus, baut-baut dan juga sekring. Jika sudah lengkap, anda bisa langsung mulai memasangnya.

  • Pasang jalur kelistrikan

Langkah pertama cara memasang GPS di mobil ialah dengan menyiapkan dua kabel berwarna merah (kabel plus) dan hitam (kabel minus). Usahakan kabel plus sudah tersambung dengan sekring yang tujuannya untuk mengantisipasi korsleting. Kedua kabel tersebut (kabel plus dan kabel minus) idealnya disambungkan ke aki sebagai sumber listrik. Bagi anda yang sudah terbiasa, pemasanagan ini hanya menguras waktu 45 menit hingga 1 jam saja.

Viral :   Cara Melatih Feeling Mengemudi Mobil

Mengutip dari carmudi, Presiden Direktur GPS Super Spring, Arianto Furyadi mengatakan bahwa GPS itu mengambil tenaga dari aki lalu ACC, jika ACC nya menyala alat maka akan mendapatkan arus untuk mendeteksi engine on-offnya, kemudian ke pompa bensi yang fungsinya bila kabel pada pompa bensin disabotase maka GPS pun akan mengirim notifikasi / sebuah pemberitahuan ke server.

Setelah menyambung, selanjutnya posisikan GPS pada tempat yang sekiranya tidak mudah terdeteksi, seperti di plafon, bawah jok, di balik dasbor atau bahkan di dekat aki. Ingat, perangkat GPS ini biasanya tidak boleh terkena air, maka anda tidak boleh meletakkannya di bawah mobil sebab rawan terkena air sehingga mudah rusak. Selain untuk melacak keberadaan kendaraan anda, GPS juga mampu mematikan mesin dari jarak jauh. Sehingga secara tidak langsung kendaraan tidak akan bisa di starter dengan cara apapun sebab pompa bensin tidak mengirimkan bahan bakar ke mesin.

  • Pastikan server berfungsi

Seperti yang kita ketahui bersama, setiap GPS mempunyai server nya masing-masing, maka pastikan bahwa server dari GPS anda benar-benar berfungsi secara normal. Jika server sudah menyala, maka settings GPS yang telah terpasang pada mobil anda dan jangan lupa untuk install sistem yang telah ada di alat tersebut seperti batas gerak, memory card. Sadap suara, status mesin serta fitur mematikan mesin dari jarak jauh. Pada umumnya fitur GPS yang memberikan keakuratan lokasi masih memakai SIM card, jadi jangan sampai lupa untuk memeriksa pulsa pada SIM card tersebut agar GPS bisa aktif.

Viral :   Cara Mengganti Kabel Rem Tangan Mobil agar Tidak Celaka

Kisaran Harga GPS Mobil

Apabila anda telah yakin untuk memasang GPS di mobil, anda juga perlu mengatahui berapa kisaran harga GPS mobil. Apalagi kini surah banyak toko-toko baik online maupun offline yang menyediakan GPS untuk mobil dengan harga yang bervariasi yakni muli dari Rp 300.000 hingga Rp 2.000.000 sesuai dengan merk dan juga kelengkapan fitur-fiturnya. Akan tetapi kami sarankan untuk membeli GPS yang herganya sedikit mahal sebab mengingat pepatah mengatakan “ada harga ada rupa”.

Demikianlah ulasan terkait cara memasang GPS di mobil beserta harganya dan semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda 🙂