Cara Melihat PCD Velg Mobil

Cara Melihat PCD Velg Mobil

Cara melihat PCD velg mobil akan kami jelaskan dengan sejelas-jelasnya di artikel kali ini. Yang mana velg mobil memiliki ukuran beragam yang juga harus disesuaikan dengan jenis kendaraan serta kebutuhkan modifikasi. Adapun salah satu aspek pengukurannya mengacu pada pitch circle diameter (PCD) ataupun sering disebut juga sebagai bolt circle. PCD dapat merepresentasikan jarak antara roda dengan baut. Setiap merek mobil, pastinya memiliki ukuran PCD velg yang berbeda-beda.

Mengenal PCD pada velg mobil

Sebelum kami membahas tentang cara melihat PCD velg pada mobil, kami akan jelaskan terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan pitch circle diameter. Jadi, PCD ini merupakan ukuran diameter untuk lubang baut pada velgnya saling berseberangan. Sebenarnya, PCD sendiri merupakan diameter lingkaran imajiner yang melewati titik tengah setiap baut roda mobil. Dan Anda tidak akan bisa melihatnya secara langsung, jadi Anda harus menarik lurus terlebihdahulu titik dari baut ke arah luar ban mobil.

Tidak hanya ukuran diameter saja, akan tetapi PCD juga memiliki lubang baut yang ada di setiap velg mobil. Jadi, ketika Anda membaca PCD velg mobil, maka ada angka yang mengindikasikan jumlah baut serta angka lain yang menunjukkan diameter antara bautnya. Oleh sebab itu, Anda jangan sampai salah dan Anda harus bisa memahami betul cara melihat PCD roda mobil. Nah berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara melihat PCD velg mobil.

Viral :   Daftar Harga Mobil Toyota Tipe SUV Terbaru

Cara Melihat PCD Velg Mobil

PCD velg mobil ini biasa ditulis dengan angka 5×100, 5×105, 4×114,3 dan lain sebagainya. Dan cara melihat PCD velg mobil sebenarnya sangnat mudah sekali, Anda tinggal memperhatikan angka awal yang muncul sebelum tanda kali (x). Yang mana angka tersebut mengindikasikan jumlah baut yang dimiliki oleh velg. Jadi, kalau misalnya tertulis angka 5×100 maka itu artinya velg tersebut memiliki 5 baut.  Ini merupakan sebuah informasi penting untuk Anda yang ingin mengganti velg mobil.

Mungkin Anda penasaran dengan arti deret angka yang muncul setelah tanda kali (x). Angka yang ada setelah tanda kali menunjukkan diameter ataupun ukuran antar baut. Jadi, kalau tertulis angka 100, maka itu artinya ukuran antar baut velg tersebut ialah 100 mm. Adapun contoh lainnya, jika PCD velg mobil tertulis angka 4×114,3 maka itu artinya velg tersebut memiliki 4 baut dengan jarak antara satu dengan yang lain ialah 114,3 mm. Adapun beberapa ukuran PCD velg yang biasa dipakai untuk mobil-mobil di Indonesia ialah:

  1. PCD 3X100
  2. PCD 3X112
  3. PCD 4X98
  4. PCD 4X100
  5. PCD 4X108
  6. PCD 4X114,3 (Toyota Avanza)
  7. PCD 5X100
  8. PCD 5X105
  9. PCD 5X108
  10. PCD 5X110
  11. PCD 5X112
  12. PCD 5X114,3 (Toyota Alphard, dan Toyota Innova)
  13. PCD 5×120
  14. PCD 5X127
  15. PCD 5X130
  16. PCD 5X139,7
  17. PCD 5X150
  18. PCD 5X165,1
  19. PCD 6X 114,3
  20. PCD 6X130
  21. PCD 6X139,7
Viral :   Tips Perawatan Mobil Matic Agar Selalu Prima

Teknik Dalam Menghitung PCD Velg Mobil

Selain sudah mendapatkan informasi soal PCD dari buku panduan pengguna kendaraan bermotor, namun cara melihat PCD velg motor juga bisa Anda lakukan dengan mengukurnya sendiri. Caranyapun sangat mudah, Anda hanya butuh penggaris atau alat meter ukur. Hitunglah terlebih dahulu jumlah baut yang ada di velg mobil Anda. Jika ternyata jumlahnya genap seperti 4, 6, dan 8, maka Anda hanya perlu mengukur jarak antara titik tengah lingkaran baut atau lubang velg yang mana letaknya berseberangan langsung. Akan tetapi, jikalau jumlah velg mobil Anda berjumlah 5, maka Anda hitunglah dengan mengukur jarak yang diambil dari ujung luar salah satu baut ke titik tengah terjauh di seberangnya.

Dan jika Anda sudah mendapatkan informasi ukuran seperti 4×114,3 maka arti dari angka 4 ialah jumlah baut dan 114,3 yang merupakan ukuran diameter antar baut. Tapi jika Anda masih belum tahu berapa ukuran PCD, maka Anda bisa hitung sendiri dengan cara yang sudah dijelaskan di atas tadi. Oh ya, jika Anda ingin mengganti velg mobil, maka Anda jangan asal menggantinya, ya! Anda harus pastikan kala Anda sudah menggunakan velg asli keluaran Toyota dengan proses penggantian yang ditangani langsung di bengkel resmi kepercayaan anda.