Perubahan Velg Mobil Keren, Pahami Istilah Hingga Jenis Umumnya Dahulu

Sebuah mobil mampu menjadi benda yang berfungsi bagus serta memiliki penampilan secara lengkap tidak lepas dari velg mobil berukuran pas pada rodanya. Bagian ini sangat berpengaruh terhadap keseluruhan tampilan mobil sehingga banyak pemilik yang melakukan perubahan dengan bawaan pabriknya.

Velg yang sudah dimodifikasi ini biasanya dipilih karena banyak hal termasuk ingin meningkatkan nilai unik kendaraan sendiri menggunakan ukuran berbeda atau yang masih seukuran. Sehingga dalam proses perubahan ini, sang pemilik setidaknya harus sedikit paham mengenai velg sesuai tipe mobil yang dimiliki.

Anda seharusnya memahami bagaimana proses mengganti diameter jika ingin memperbesar ukuran velgnya. Bagian roda memang sangat vital pada sebuah mobil karena menyangkut keselamatan pengemudi serta kenyamanan pengguna juga.

Jika Anda salah atau keliru memilih ukuran, maka bukan hanya tampilan mobil yang kelihatan aneh, namun bahaya yang malah mengintai. Untuk setidaknya tahu menentukan penggantian velg mobil, Anda harus paham istilah hingga tahu komponen dari hal ini.

Istilah dan Bagian Velg yang Perlu Dipahami

Dengan modal pemahaman istilah dan bagian velg mobil maka selanjutnya Anda bisa menentukan dengan baik produk apa yang akan dipasang di roda mobil tersebut. Beberapa bagian dalam sebuah velg yang wajib bagi pemula tahu meliputi rim marking, center bore, bolt patern, pitch circle diameter, dan offset.

Jika Anda ingin tahu ukuran diameter velg, maka istilah rim marking yang harus diketahui. Umumnya menggunakan semacam kode, misalnya 15x7J ET 38 yang tercetak dan ini bisa didefinisikan sebagai ukuran 15 inchi serta lebar 7 inchi.

Viral :   Biaya Tol Jakarta Bandung Terbaru 2021, Caritahu Sebelum Berpergian

Kalau istilah center bore diartikan sebagai lubang baut pada bagian tengah velg. Tujuan untuk menjamin posisi velg tidak bergeser sehingga secara presisi tetap dipusat. Sementara bolt patern merupakan jarak antar center bore sebagai penjamin posisi baut terkunci dengan baik dan tetap.

Istilah selanjutnya ialah Pitch Circle Diameter (PCD), diartikan sebagai ukuran diameter lubang baut yang berada pada pusat velg. Tepatnya terletak disebelah bolt yang umumnya menggunakan ukuran milimeter. Dan yang terakhir yakni offset, merupakan istilah paling tenar bagi kalangan awam. Ini biasanya menyangkut ukuran lebar atau diameter velg, termasuk untuk bagian dalam hingga luar velg secara keseluruhan.

Jika Anda merasa penampilan mobil kurang cetar, maka mengubah velg bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Perubahan sedikit pada velg mobil, maka penampakannya akan lebih fresh dan baru sehingga memang tidak jarang orang melakukan pergantian. Selain tahu istilah umum dari velg tadi, Anda juga sebaiknya tahu juga beberapa jenis velg yang paling sesuai pasaran dan aman digunakan pada roda mobil kesayangan.

Jenis Velg Paling Umum Bagi Modifikator

Perlu diketahui bahwa dalam proses pemilihan jenis velg mobil, Anda harus ekstra perhatian. Artinya jangan sampi perubahan velg malah membuat mobil jadi kurang menarik kelihatannya. Akan sangat lucu jika malah velg baru, namun kenyamanan hingga gaya mobil tidak lebih baik.

Secara umum, kini jenis velg yang bisa Anda temukan dipasaran biasanya ada tiga jenis. Ketiga velg ini ialah cating, forged, dan flow. Dengan proses pembuatan yang berbeda antar jenis ini, tentu hasil akhirnya juga berbeda antar produk. Disinilah Anda perlu juga paham sedikit masing-masing kelebihan atau kekurangan antar jenis sebelum membeli.

Viral :   Sebelum Beli, Ketahui Tips Memilih Kaca Film Vkool

Velg mobil jenis forged dibuat dari material padat seperti alumunium dengan proses pembuatan yang kompleks. Bentuk velg didesain menjadi padat sehingga hasilnya sangat kuat serta lebih awet untuk roda mobil kesayangan Anda. Untuk tarif jualnya, jenis ini biasanya dibandrol lebih mahal karena memang mutu yang diberikan juga tinggi.

Sementara jenis velg flow forming menjalankan beberapa tahapan produksi menggunakan mesin. Jenis ini adalah inovasi dari jenis velg casting dengan mengubah bagian tepinya. Hasilnya ialah produk velg yang lebih padat dan kuat. Dengan adanya proses akhir pembentukan pinggirannya maka bentuk velg lebih bulat membuat roda akan lebih nyaman dan sempurna.

Dan yang terakhir ialah velg jenis casting dengan proses pembuatan menggunakan mesin cetakan. Dengan cetakan yang sudah tersedia maka hasilnya tiap produk biasanya lebih sempurna. Tersedia dengan banyak bentuk hingga warna membuat jenis casting cukup laris dipasaran.

Dari ketiga jenis yang sering dijual dipasaran, velg ini memang hadir dengan berbagai kelebihan masing-masing sesuai jenis mobil juga. Selain dijual dengan harga beragam dan bersahabat, jenis velg mobil ini dibuat sesuai kondisi jalanan Nusantara sehingga semakin menarik untuk dicoba.