Cara Melihat Tahun Pembuatan Ban Mobil Dunlop

Cara Melihat Tahun Pembuatan Ban Mobil Dunlop

Cara melihat tahun pembuatan ban mobil dunlop sangat sering sekali dipertanyakan oleh banyak orang, karena tahun produksi kerap jadi pertimbangan masyarakat dalam memilih ban pengganti. Banyak mitos beredar seputar ban yang populer yaitu tahun produksi menentukan kualitas dan performa ban terhadap kendaraan. Jadi kalau ban mobil terlalu lama disimpan dan telah melewati tanggal produksi artinya tak layak pakai, dan yang lebih parahnya lagi, dapat memicu kecelakaan. Sedangkan faktanya, tanggal dan tahun produksi tidak ada kaitannya dengan kualitas ban. Apabila, ban diproduksi di tahun 2020, maka tetap masih aman dipakai, selagi ban mobil tidak mengalami kerusakan permukaan. Namun, bagi Anda yang tertarik mengetahui kapan ban diproduksi, maka perhatikanlah cara melihat tahun pembuatan ban mobil dunlop berikut ini.

Cara Melihat Tahun Pembuatan Ban Mobil Dunlop

  • Perhatikan 4 Angka Di Sisi Ban 

Kode produksi ban mobil dunlop terletak di bagian sidewallnya ataupun di bagian sisinya. Jadi, langkah utama yang perlu Anda lakuka untuk membaca tahun produksi ialah memeriksa bagian dinding ban. Yang mana 4 digit angka menunjukan minggu dan tahun ban mobil dunlop dibuat bukan menunjukan masa kedaluwarsa. Akan tetapi sebagian orang, menganggap kalau angka tersebut menunjukan jangka waktu kelayakan ban dipakai. Sehingga, banyak yang memilih tanggal yang lebih lama agar ban kendaraan lebih awet. Kode produksi 4 digit, juga sering dipakai untuk menentukan masa garansi. Jadi ketika Anda membeli di tahun 2020, maka pabrikan ban mobil dunlop akan memberikan garansi 2 tahun jika ban mengalami kendala.

  • Digit Pertama Menunjukan Minggu Pembuatan

Setiap ban mobil pasti memiliki banyak angka yang tercantum di bagian sisi dindingnya. Ada yang menunjukan tahun produksi, dan adapula yang bertujuan untuk memberikan informasi pada pemilik mobil saat penggantian ban. Dan untuk mengetahui kode produksi, maka fokuskan melihat 4 digit angka, yang mana 2 angka pertama memuat informasi minggu. Contohnya tertera 2120, 2 digit pertama merupakan keterangan minggu ke berapa ban dibuat, yang mana artinya ban dibuat di minggu ke 21. Jadi, angka terdepannya bukanlah tanggal ya.

  • Bagian Akhir Mengindikasikan Tahun Produksi

2 angka terakhir itu menunjukan tahun produksinya. Jika pada bagian ban tercetak angka 20, 19 ataupun angka 12, maka artinya ban mulai dibuat di tahun 2020, 2019, dan 2012. Jadi jika Anda membeli di tahun 2021 sedangkan kodenya 1219, maka ban mobil dunlop dibuat di minggu ke 12 tahun 2019 lalu. Artinya, ban mobil dunlop sudah berusia 3 tahun.

  • Periksa Kondisi Ban

Salah satu trik mengetahui usia ban layak pakai ataupun tidak ialah dengan memeriksa permukaan ban secara menyeluruh. Yang mana tujuannya, untuk melihat adakah bagian yang mulai rusak ataupun robek. Umumnya, jika ban mobil dalam sudah terlihat dan muncul benjolan, maka itu bisa jadi tanda agar Anda segera menggantinya dengan yang baru.

Viral :   Mengenal Fungsi Tune up Pada Mobil dan Tutorial Lengkapnya

Kelebihan Dari Ban Mobil Dunlop 

  • Harga Terjangkau

Selain kualitas, harga juga turut menjadi alasan konsumen untuk membeli ban atau tidak. Jadi, dengan hadirnya berbagai merek di tanah air, dapat menjadi alternatif bagi Anda dalam memilih ban sesuai budget. Dunlop hadir sebagai solusi untuk Anda yang ingin mendapatkan pengalaman berkendara yang nyaman dan aman dengan biaya terjangkau. Umumnya, ban mobil dunlop dibanderol dengan harga Rp400 ribuan.

  • Mampu Meredam Suara Dari Luar

Ban memang berperan untuk meredam suara dari luar. Akan tetapi, di beberapa merek kemampuan meredamnya kurang maksimal. Sehingga mengakibatkan penumpang dan pengemudi tidak dapat menikmati perjalanan dengan nyaman. Dengan menggunakan teknologi noise shield, maka deru kendaraan lain bisa diredam sampai 50 persen tanpa mengurangi performanya.

  • Daya Cengkram Kuat

Berkendara di jalanan dengan keadaan cuaca yang menantang, tentu akan meningkatkan kekhawatiran, seperti takut tergelincir dan kesulitan saat berbelok ataupun menyalip. Tetapi Anda perlu khawatir untuk masalah itu, jika Anda memakai ban Dunlop, karena permukaan ban Dunlop memiliki daya cengram kuat yang menurunkan risiko kegagalan bermanuver. Inovasi yang disematkan di dalam ban Dunlop, memungkinkan ban untuk dapat melewati medan menantang. Selain itu, usia ban mobil Dunlop ini juga cenderung lama dan juga awet.

  • Jenis Ban Bervariasi

Dunlop kini semakin gencar menghadirkan jenis ban yang sesuai dengan karakteristik mobil. Tentunya, ini merupakan solusi terbaik bagi pemilik kendaraan, dalam memberikan ban pada mobil. Dengan kehadiran dari variasi ban yang sesuai kebutuhan, maka akan sangat memudahkan pemilik kendaraan dalam memilih yang paling cocok. Adapun jenis ban Dunlop terdiri dari SP Sport LM704 dan Enasave EC300 plus.

  • Dirancang Dengan Compound Dual Silica

Ban yang menggunakan dual silica compound ini memiliki keunggulan, dapat meningkatkan pengereman dan akselerasi. Bahkan daya tahan ban mobil Dunlop, juga akan lebih tinggi di kondisi panas dan dingin. Di samping itu, adapula teknologi Runonflat yang artinya ban mobil Dunlop masih dapat dipakai meskipun sudah kempes. Sehingga dalam kondisi darurat, Anda bisa menepi untuk menemukan bengkel terdekat Tanpa, khawatir sedikitpun kalau akan meledak.

Viral :   Tips Mengemudi Mobil Offroad Mudah Bagi Pemula