Cara Melepas Aki Mobil Yang Benar​​​​​​
Cara Melepas Aki Mobil Yang Benar​​​​​​

Cara Melepas Aki Mobil Yang Benar

Cara melepas aki mobil yang benar – Peran dari aki mobil sangatlah penting untuk sistem kerja mobil. Ketika aki mobil milik AutoFamily tidak dapat bekerja dengan baik, maka sudah pasti ada beberapa sistem yang sulit untuk menyala. Seperti sistem starter, sistem pengapian, dan beberapa bagian lainnya dari mobil. Jika bagian-bagian dari sistem tersebut sudah rusak, maka sebaiknya segera Anda ganti dengan yang baru. Untuk mengganti aki mobil, sebaiknya jangan Anda lepas dengan sembarangan. Karena jika Anda main melepas saja, pasti akan ada masalah baru yang timbul. Pastinya Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi, bukan? Maka dari itu, sebaiknya Anda ikuti cara – cara melepas aki mobil yang benar di bawah ini. Berikut penjelasan selengkapnnya tentang cara melepas aki mobil yang benar.

Cara Melepas Aki Mobil Yang Benar​​​​​​

  • Lakukanlah Secara Hati-Hati

Aki merupakan sebuah komponen mobil yang berguna untuk menyalurkan daya listrik ke berbagai bagian. Jadi sudah pasti jika proses melepaskan aki tidak dilakukan secara hati-hati, maka Anda bisa mendapatkan masalah baru lainnya. Sistem kelistrikan mobil bisa saja rusak dan akhirnya akan menyebabkan bahaya lain untuk keselamatan Anda beserta kendaraan Anda. Jadi untuk melepaskan aki mobil Anda harus lakukan dengan hati-hati.

  • Fokus Kepada Bagian Kutub Negatif

Selayaknya sebuah komponen untuk memberikan daya listrik, aki mobil memiliki kutub negatif dan juga positif. Untuk langkah awal, sebaiknya Anda fokus terlebih dahulu kepada bagian kutub negatif aki mobil. Anda bisa memulai dengan melepaskan kabel, baut, dan juga klem pada bagian kutub negatif tersebut. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa harus kutub negatif terlebih dahulu? Tentu saja, agar tidak ada hubungan arus pendek atau korsleting listrik yang berbahaya untuk aki mobil dan juga sistem mesin mobil Anda.

  • Mulai Lepaskan Bagian Kutub Positif

Jika Anda sudah selesai melepaskan seluruh bagian kutub negatif, sekarang saatnya berpindah ke kutub positif. Anda tinggal melepaskannya saja dengan sangat mudah. Selain itu Anda juga harus pastikan kalau semua kabel dan klem telah terlepas dengan sempurna, dan jangan sampai ada yang masih terhubung dengan aki mobil Anda.

  • Angkat Aki Secara Perlahan dan Tegak Lurus

Nah ketika seluruh kabel, klem, dan kedua kutub aki tidak ada yang tersambung lagi dengan bagian lainnya, maka Anda sudah bisa mengangkat aki mobil. Dan perlu Anda ingat bahwa proses mengangkat aki mobil harus dilakukan secara perlahan dan dengan posisi yang tegak lurus . Alasan utama harus perlahan dan tegak lurus ialah untuk menghindari cairan di dalam aki tumpah ke luar. Pastinya Anda tidak ingin ada cairan aki yang tumpah dan mengenai tangan atau bahkan bagian lain dari mesin mobil Anda. Selanjutnya Anda tinggal mengganti aki mobil dengan aki yang baru. Tapi jangan sampai salah memilih aki. Jadi dengan perbedaan daya ampere dari aki yang dijual di pasaran, Anda harus mencocokkannya dengan mobil yang Anda miliki. Anda perlu mengetahui berapa kebutuhan daya ampere aki untuk mobil Anda, agar tidak salah beli.

Viral :   Ini Dia Cara Bayar Pajak Kendaraan Melalui E Samsat Jakarta