cara memasang idle up ac mobil
cara memasang idle up ac mobil

Cara Memasang Idle Up AC Mobil Dengan Benar

Cara memasang idle up ac mobil mungkin masih jarang yang diketahui. Bagi anda yang memiliki mobil Toyota apakah sudah pernah dengar tentang cara memasang idle up? Mengingat cara memasang idle up atau menyetting idle up pada mobil injeksi sangat penting untuk diketahui. Hal ini karena sistemnya yang semakin canggih sehingga mobil injeksi juga punya potensi risiko permasalahan rpm bila mobil tidak dirawat dengan benar. Misalnya langsamnya tidak stabil, rpm idling akan naik turun, rpm idling terlalu tinggi bahkan sampai mesin tiba-tiba mati pada saat mobil melaju denan pelan. Untuk itu sebaiknya kita perlu mengerti bagaimana cara memasang atau mengatur idle up AC pada mobil injeksi.

Idle Up AC

Sebelum kita mengetahhui Cara memasang idle up ac mobil, sebaiknya kita perlu memahami apa sebenarnya pengertian dari idle up itu sendiri. Idle atau langsam merupakan kondisi yang menunjukkan bahwa putaran rpm mesin berada pada kondisi stationer. Artinya putaran rpm mesin sedang berada pada kecepatan rendah yang konstan dan selalu sama. Dengan idle yang stabil, anda tak perlu lagi terus menerus menginjak pedal gas untuk mempertahankan mesin supaya tetap menyala serta berputar selama berkendara. Dalam mobil injeksi biasanya kondisi idle sudah diatur secara otomatis oleh komputer mesin sehingga tidak ada lagi baut penyetel idle up AC seperti yang ada pada mobil-mobil zaman dulu. Meski demikian, masih ada saja masalah yang terjadi.

Viral :   Cara Cek Pajak Jatim Kendaraan Termudah dan Manfaatnya

Cara Memasang / Setting Idle Up AC Mobil

Jika idle p AC mobil ternyata bermasalah, maka anda bisa mengecek pada bagian idle speed adjusting screw / sekrup penyetel putaran idle yang terletak pada throttle body. Sekrup ini berguna mengatur bukaan lubang idle port untuk menentukan besaran putaran rpm pada mesin ketika kondisi idle.

  • Putar idle speed adjusting screw ke kiri

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah memutar sekrup penyetel putaran idle ke kiri untuk mengendorkan yang bertujuan supaya aliran udara semakin banyak sehingga dapat menaikkan rpm idling mesin.

  • Putar idle speed adjusting screw ke kanan

Selanjutnya putar sekrup tersebut putaran idle atau idle speed adjusting screw (ISAS) ke kanan untuk mengecilkan aliran udara yang mengalir di lubang idle. Akibatnya volume udara akan menurun serta rpm mobil injeksi pun ikut menurun.

  • Atur rpm idling mesin

Tahapan ketiga, anda perlu mengatur rpm idling mesin kepada posisi normal dahulu sesuai standar rpm pada mobil injeksi dan umumnya berada pada 750 rpm hingga 850 rpm. Jika sudah, coba berikan beban mesin seperti menyalakan AC atau lampu headlamp mobil anda. Bila ternyata rpm mesin drop atau bahkan mati maka pitar ISAS ke arah kiri sebesar seperempat putaran. Kemudian coba lagi beri beban seperti tadi dan jika belum berhasil, ulamgi lagi memutar ISAS serta nyalakan AC atau lampu headlamp hingga rpm mesin tidak mati dan menyala dengan stabil. Hati-hati dalam melakukan inni, jangan sampai terlalu tinggi sehingga membuat mesin boros maka perhatikan juga nilai rpm nya ketika tanpa beban.

Viral :   Tips Memilih Speaker Mobil Bagus dan Berkualitas

Demikianlah Cara Memasang Idle Up AC Mobil Dengan Benar yang bisa anda coba sendiri di rumah. Semoga informasi diatas bermanfaat 🙂