Cara Melacak Mobil Menggunakan Android

Cara Melacak Mobil Menggunakan Android

Cara melacak mobil menggunakan android – Pada zaman yang serba canggih seperti saat ini, rasanya kita dapat melakukan banyak hal dengan bantuan teknologi. Salah satunya ialah melacak keberadaan mobil menggunakan android, dan caranya pun cukup mudah untuk dilakukan. Yang mana Anda hanya perlu menggunakan aplikasi Google Maps, dan perangkat GPS pada mobil. Dengan begitu Anda bisa mengetahui riwayat perjalanan yang dilalui mobil tersebut, mengetahui posisi mobil secara real time, hingga mengetahui keberadaan mobil yang sedang hilang. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang Cara melacak mobil menggunakan android.

Cara Melacak Mobil Menggunakan Android

  • Unduhlah Aplikasi Google Maps

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah memastikan aplikasi Google Maps sudah tersedia di Android Anda. Kalau belum ada maka unduhlah aplikasinya di Play Store.

  • Sambungkan Perangkat GPS Pada Android

Jika aplikasi Google Maps sudah terpasang di android Anda, maka Anda hanya perlu melakukan registrasi dengan memasukkan username dan password. Kalau Anda memiliki akun Gmail, biasanya Google Maps akan otomatis mendeteksi akun Anda. Setelah Anda berhasil masuk ke aplikasi, maka selanjutnya Anda harus menyambungkan perangkat GPS yang ada pada mobil dengan Google Maps. Aktifkan mode pencari pada Google Maps agar perangkat GPS Anda dapat terdeteksi. Jika sudah terdeteksi, silahkan Anda tambahkan perangkat GPS dan pilih jenis mobil pada akun Google Maps Anda. Tambahkan juga nama pada perangkat GPS Anda agar semakin mudah dikenali.

  • Share Lokasi Kendaraan Dan Durasi Lamanya Berbagi Lokasi

Apabila proses penyambungan akun sukses, maka Anda akan langsung mendapatkan notifikasi dan gambaran posisi mobil pada sistem peta. Untuk memudahkan cara melacak mobil dengan Google Maps, maka Anda juga bisa mengatur tampilan Google Maps menjadi format 2 dimensi atau peta satelit yang lebih detail. Untuk melacak posisi mobil, Anda cukup klik ikon lingkaran kecil yang berwarna biru di sebelah kanan. Dengan begitu, posisi perangkat GPS Anda bisa segera diketahui secara real time. Anda juga bisa menentukan berapa lama durasi pembagian lokasi akan berlangsung.

  • Atur Detail Pelacakan

Selain bisa mengatur durasi pembagian lokasi, Anda juga bisa mengatur fitur pelacakan lainnya, seperti riwayat perjalanan, jarak yang telah ditempuh, hingga lokasi yang telah Anda lalui. Dan caranyapun cukup mudah, tanpa alat pelacak mobil, Anda sudah bisa mengetahui posisi mobil secara real time dan akurat selama android Anda terhubung ke jaringan internet.

Viral :   Cara Cek Pajak Jatim Kendaraan Termudah dan Manfaatnya

Mengapa Pelacakan Mobil Penting Untuk Dilakukan?

Mungkin banyak yang masih bertanya-tanya, tentang mengapa pelacak mobil sangat penting untuk dilakukan dengan memasang GPS dan menyambungkannya ke Google Maps. Memasang pelacak mobil sangat penting untuk dilakukan, karena ini semua hanya demi keamanan dan kenyamanan Anda dalam berkendara. Berikut ini manfaat dari memasang pelacak mobil :

  • Bisa Mengetahui Keberadaan Mobil Yang Hilang

Dengan menyambungkan GPS mobil dengan Google Maps yang ditanam di android, maka Anda dapat dengan mudah mengetahui lokasi kendaraan Anda dimana, termasuk jika Anda ingin melacak mobil yang hilang karena pencurian. Lewat GPS buat mobil yang telah tersambung dengan Google Maps, maka Anda dapat melihat posisi mobil yang hilang sehingga memudahkan Anda saat melapor kepada pihak kepolisian dan menelusuri jejaknya.

  • Dapat Memantau Histori Perjalanan

Untuk Anda sebagai pemilik kendaraan juga bisa mengetahui ke mana saja mobil Anda melaju dengan adanya sambungan GPS dengan Google Maps. Misalnya saja, ketika mobil Anda dibawa keluarga atau kerabat, Anda dapat memantau riwayat perjalanan yang mereka lalui dengan sangat mudah. Sehingga hati pun jadi lebih tenang karena dapat mengetahui keberadaan mereka di jalan secara real time. Jika sesuatu terjadi kepada pengendara mobil dan mereka tak bisa dihubungi, maka Anda bisa mengetahui titik keberadaan mereka dengan mudah dan segera meminta bantuan kepada pihak yang berwenang.

Viral :   Cara Pakai Dongkrak Mobil Mudah Tanpa Kesulitan