Cara Melepas Aki Mobil Injeksi
Cara Melepas Aki Mobil Injeksi

Cara Melepas Aki Mobil Injeksi Yang Benar

Cara melepas aki mobil injeksi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara melepas aki pada umumnya. Akan tetapi ada beberapa perbedaan dalam teknik maupun cara melepas aki pada mobil injekasi. Ini karena mobil injeksi dilengkapi dengan mesin injekasi yang mempunyai sistem teknologi berbeda. Hampir semua mobil keluaran terbaru kini memang telah dibekali dengan teknologi injeksi. Jadi kiranya penting bagi anda untuk lebih mengerti bagaimana cara melepas aki mobil injeksi atau mobil matic. Mari simak ulasan nya berikut ini!

Cara Melepas Aki Mobil Injeksi

  • Nyalakan mesin mobil

Cara melepas aki mobil injeksi dengan aki pada mobil umumnya memiliki sedikit perbedaan, termasuk ketika anda akan melepas aki di mobil injeksi maka pastikan mesin tetap dalam keadaan menyala. Ini dilakukan agar ECU pada mobil injeksi tidak ter-reset atau agar untuk memastikan bahwa mesin bisa menyala dalam kondisi normal saat di starter.

  • Lakukan jumper jika dirasa perlu

Ketika melepas aki pada mobil injeksi anda diharuskan untuk tetap menyalakan mesin kendaraan. Bila kondisi aki sudah cukup lemah, maka anda harus men jumper aki mobil yang lama dengan yang baru. Hal ini untuk menjaga supaya daya tidak menurun  ketika proses penggantian aki atau anda juga dapat menggunakan battery charger. Adapun caranya anda bisa memasangkan kabel battery charger pada ujung kabel kepala aki.

  • Lepas kabel kutub negatif

Tahapan selanjutnya adalah melepas kabel pada bagian kutub negatif yang berwarna biru dengan tanda minus (-). Ingat pastikan anda teliti ketika melakukannya dan jangan sampai keliru. Caranya anda hanya pelu membuka kabel, baut, serta klem dengan enggunakan kunci pas.

  • Lepas kabel kutup positif

Apabila kabel dibagian kutub negatif sudah terlepas, kini anda perlu melepas kabel pada bagian kutub  positif yang biasanya berwarna merah dengan tanda plus (+). Caranya sama seperti pada kutub negatif dan lakukan secara perlahan.

  • Lepas bracket aki

Pada beberapa mobil, umumnya terdapat bracket yang menghubungkan aki dengan rangka mobil. Anda bisa melepas bracket terlebih dahulu dengan kunci pas nomor 10 atau 12 sebelum anda mengangkat aki dari tempatnya.

  • Angkat aki dengan perlahan

Berikutnya jika bracket sudah terlepas, anda kini tinggal mengangkat aku. Angkat aki secara perlahan dan dengan gerakan tegak lurus. Hal ini bertujuan untuk menghindari tumpahnya air aki atau tekena tangan ataupun terkena komponen mesin lainnya.

Viral :   Cara Melegalkan Mobil Bodong

Jangan sampai kesalahan sepele yang anda abaikan saat melepas aki ternyata justru membuat kerusakan pada mobil kesayangan anda dan akhirnya anda harus mengeluarkan dana yang lebih besar. Jika anda ragu, untuk lebih amannya kami menyaranakan untuk melepas maupun memasang aki sebaiknya dilakukan oleh pihak bengkel. Itulah tadi informasi tentang cara melepas aki mobil injeksi. Semoga bermanfaat ya 🙂