Cara Melepas ACCU Mobil
Cara Melepas ACCU Mobil

Cara Melepas ACCU Mobil yang Benar dan Cepat

cara melepas accu mobil tentu tidak boleh asal-asalan. Jika ternyata langkahnya sakah bisa menyebabkan korsleting, maka hal ini harus diperhatikan. Sebenarnya cara melepas accu atau aki pada mobil terbilang mudah untuk dilakukan. Sebab anda tak perlu repot-repot harus datang ke bengkel.

Bila accu mobil anda bermasalah atau bahkan mobil anda mogok, maka anda perlu menggantinya sendiri di rumah atau menggunakan jasa panggilan montir. Anda juga akan perlu melepaskan aki/accu saat menyimpan kendaraan anda dalam jangka waktu yang lama. Jadi bagaimana cara melepas accu mobil? Mari simak selengkapnya berikut ini!

Cara Melepas ACCU Mobil

  • Lakukan dengan hati-hati

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melepas aki dengan perlahan dan hati-hati karena aki sendiri adalah komponen yang menyalaurkan arus listrik. Jika caranya salah bisa menyebabkan korsleting.

  • Siapkan alat yang dibutuhkan

Anda juga harus menyiapkan peralatan untuk melepas accu (aki) pada mobil, seperti tang, kumci inggris, obeng minus, kunci pas yang ukurannya cocok untuk baut-baut aki, serta perkakaks lain yang sekiranya dibutuhkan.

  • Pastikan posisi kunci kontak OFF

Selanjutnya untuk menghindari korsleting, anda harus mematikan dulu mesin kendaraan anda serta memastikan kunci kotak dalam posisi OFF. Terkadang terjadi throttle reset di beberapa mobil saat pelepasan atau pemasangan aki.

  • Lepaskan bagian kutup negatif

Pada aki terdapat kabel aki positif dan kabel negatif serta komponen lain seperti baut dan klem. Pada saat anda melepas aki, anda harus fokus pada bagian kutup negatif dahulu yang biasanya berwarna hitam dengan tanda (-) minus. Sehingga kabel maupun baut dan klem di yang ada di kutup negatif harus dilepaskan dahulu agar terhindar terjadinya hubungan arus pendek. Perlu diingat, korsleting yang terjadi bisa membuat aki bermasalah dab membahayakan diri anda.

  • Lepaskan bagian kutup positif

Cara melepas accu mobil selanjutnya setelah bagian kutup negatif sudah terlepas, maka anda perlu melepaskan bagian kutup positif yang biasanya berwarna merah dengan tanda (+) plus. Caranya sama seperti anda melepas bagian kutup negatif yakni melepaskan kabel, klem serta bautnya terlebih dahulu.

Viral :   Syarat dan Cara Bayar Pajak Motor Online, Lebih Praktis

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa tidak melepaskan bagian kutup positif terlebih dahulu saja? Kutup positif yang tersentuh dengan bahan logam seperti kunci pas, kunci inggris bisa menimbulkan hubungan arus pendek / setrum. Sehingga ketika kutup positif sudah terlepas, usahakan anda tidak menyentuh bodi mobil, dikhawatirkan masih terdapat sisa listrik yang mengganggu.

  • Lepas bracket aki

Didalam aki juga terdapat bracket yang terhubung dengan rangka mobil. Maka sebelum anda melepaskan aki, anda juga harus melepas bracket di bodi aki dengan menggunakan kunci pas no. 10 atau no. 12.

  • Angkat aki dengan perlahan & tegak lurus

Cara melepas accu mobil pada tahapan terakhir adalah mengangkat accu (aki) dari rangka kendaraan anda. Jika seluruh kabel, klem, serta baut pada kedua kutup aki sudah terlepas, maka anda bisa mulai mengangkat aki. Usahakan untuk mengangkat aki dengan perlahan & posisi tegak lurus untuk menghindari cairan aki tumpah. Dimana cairan ini sendiri mempunyai konsentrasi asam sulfat yang cukup pekat, sehingga jika terkena tangan / bodi mobil bisa membuat iritasi serta korosi.

Viral :   Cara Memancing Aki Mobil Yang Tekor

Melepas aki mobil merupakan langkah aman untuk menjaga supaya kondisi aki tetap prima meskipun kendaraan tidak digunakan dalam waktu yang lama. Baterai pada aki akan tetap tersimpan dan anda bisa memasangnya lagi saat mobil ingin digunakan. Demikianlah informasi singakt terkait Cara melepas accu mobil