Cara Melacak Mobil dengan Plat Nomor
Cara Melacak Mobil dengan Plat Nomor

Cara Melacak Mobil dengan Plat Nomor

Cara melacak mobil dengan plat nomor mudah dan praktis patut anda coba. Pasalnya plat nomor kendaraan sendiri merupakan penyimpan data dan informasi mobil termasuk didalamnya terdapat kode wilayah, masa berlaku kendaraan, nomor registrasi serta fungsi kendaraan. Plat nomor tentu sangat penting guna mengidentifikasikan kepemilikan mobil, contohnya seperti ketika ingin membeli mobil atau kendaraan bekas, anda dapat melacak mobil dengan plat nomor kendaraan nya untuk mencari informasi terkait kendaraan tersebut.

Tak hanya itu, cara melacak mobil dengan plat nomor ini juga untuk memastikan apakah kendaraan yang akan anda beli itu berasal dari barang curian ataupun kendaraan bodong, mengidentifikasikan kasus kecelakaan, tabrak lari serta tindak kejahatan lainnya yang menggunakan kendaraan tersebut. Dari sini kita bisa mengerti pentingnya plat nomor kendaraan, maka dari itu yuk simak ulasannya di bawah ini!

Cara Melacak Mobil dengan Plat Nomor

  • Melalui Website SAMSAT

Plat nomor kendaraan adalah identitas yang tersambung dengan administrasi negara, sehingga hanya dengan plat nomor anda dapat mengetahui informasi tentang data kepemilikan hingga nomor mesin yang terdaftqr didalamnya. Seperti contohnya jika ada kasus kecelakaan, tabrak lari. Aupun tindak kejahatan lainnya dan pelaku kabur dengan kendaraan nya. Maka anda bisa membantu identifikasi kendaraan yang dipakai pelaku tadi dengan menyebutkan plat nomor kendaraan atau mengecek langsung di website SAMSAT. Berikut daftar halaman website SAMSAT dari beberapa daerah di Indonesia yang bisa anda telusuri.

Viral :   Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Membersihkan Karet Wiper Mobil

Jawa Barat https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/

Jawa Tengah https://bapenda.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan

Jawa Timur https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/

Sumatera Utara https://bpprd.sumutprov.go.id/e-samsat/pages/index.php?temp=menu3

Sumatera Barat https://dpkd.sumbarprov.go.id/info-pkb.html

Sumatera Selatan http://bapenda.sumselprov.go.id/

Lampung http://pkb.bapenda.lampungprov.go.id/pkb/

Aceh https://esamsat.acehprov.go.id/

Riau https://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/

Kalimantan Timur http://simpator.kaltimprov.go.id/cari.php

Kalimantan Barat https://bapenda.kalbarprov.go.id/web/berkamu

Kalimantan Tengah https://e-samsat.id/kalimantan-tengah/palangka-raya/

Kalimantan Selatan https://e-samsat.id/kalimantan-selatan/banjarmasin/

  • Gunakan Aplikasi SAMSAT Nasional

Berikutnya cara melacak mobil dengan plat nomor juga bisa anda lakukan dengan secara online menggunakan aplikasi SAMSAT Nasional atau aplikasi SIGNAL (SAMSAT Digital Nasional). Pada aplikasi ini anda tidak hanya bisa melacak mobil dengan plat nomor kendaraannya namun juga bisa hingga membayar pajak tahunan secara aman cepat serta mudah. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Masukkan data yang diminta dalam formulir online, diantaranya seperi NIK, alamat email,  omor Hp, kata sandi serta konfirmasi kata sandi.

2. Lalu masukkan foro e-KTP

3. Kemudian verifikasi wajah dengan berfoto selfie

Viral :   Harga Mobil Toyota Rush serta Spesifikasi Lengkapnya

4. Selanjutnya masukkan kode OTP yang telah anda terima

5. Jika sudah anda akan di minta untuk untuk verifikasi ulang dengan mengklik link yang dikirimkan oleh aplikasi SIGNAL melalui email yang terdaftar.

Dengan menggunakan aplikasi SIGNAL ini lebih memudahkan anda sebab anda tak perlu repot-repot untuk menghafal website SAMSAT daerah yang anda ingin tuju. Cukup menggunakan satu aplikasi saja, anda sudah bisa melacak mobil dengan plat nomoe kendaraan nya dengan mudah praktis dan juga cepat.

  • Melalui SMS

SMS juga bisa menjadi alternatif bagi anda untuk melacak plat nomor kendaraan jika koneksi internet tidak memadai. Caranya dengan layanan SMS dari masing-masing daerah, akan tetapi tidak semua daerah menyediakan layanan ini. Berikut daerah yang memiliki layanan SMS beserta formatnya:

1. DKI Jakarta

Ketik: METRO Nopol
Kirim ke: 1717
Contoh: METRO B6666TRI

2. Jawa Barat

Ketik: poldajbr Nopol
Kirim ke: 3977
Contoh: poldajbr F6666IK

3. Jawa Tengah

Ketik: JATENG Nopol
Kirim ke: 9600
Contoh: JATENG H6666AF

4. Jawa Timur

Ketik: JATIM Nopol
Kirim ke: 7070
Contoh: JATIM L6666AD

Ingat, kirimkan data berdasarkan format diatas untuk mendapatkan data yang dibutuhkan.