Cara Melacak Keberadaan Mobil Tanpa GPS
Cara Melacak Keberadaan Mobil Tanpa GPS

Cara Melacak Keberadaan Mobil Tanpa GPS

Cara melacak keberadaan mobil tanpa GPS perlu anda ketahui untuk berjaga-jaga. Mengingat kehilangan mobil merupakan sebuah musibah yang tentu tidak diinginkan oleh setiap pemilik mobil. Akan tetapi jika sudah terlanjur terjadi, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Sebenarnya cara melacak keberadaan mobil yang paling efektif adalah dengan menggunakan bantuan GPS.

Meskipun demikian, anda tak perlu khawatir jika kendaraan anda tidak memiliki fitur GPS. Sebab kali ini wartaoto akan memberikan tips cara melacak keberadaan mobil tanpa GPS yang bisa anda usahakan. Yuk simak ulasan ini hingga selesai!

Cara Melacak Keberadaan Mobil Tanpa GPS

Seperti yang kita ketahui bersama tidak semua mobil terpasang GPS tracker. Oleh sebab itu cara yang kami jelaskan dibawah ini bisa anda lakukan untuk melacak keberadaamn mobil anda atau bahkan keberadaan mobil rentalan yang dibawa kabur oleh penyewa.

  • Gunakan Radio Transmitter

Radio merupakan salah satu teknologi yang dipakai kepolisian di sekitar tahun 60-an untuk melacak keberadaan mobil yang hilang. Tidak seperti GPS, kebanyakan mobil saat ini sudah terpasang radio dari pabrikannya dan hingga kini teknologi ini masih tetap dapat digunakan sebagai alternatif untuk melacak mobil. Untuk pelacakannya, anda tak bisa hanya menggunakan radio bawaan yang telah terpasang pada mobil, tetapi anda harus menggunakan transmitter / pemancar sinyal pada mobil untuk bisa melacaknya. Sehingga anda perlu menghubungkan pemancar radio ke mobil agar sinyalnya dapat dilacak. Walapun begitu, cara ini tak bisa melacak dimana lokasi yang tepat seperti GPS. Pasanya cara ini hanya bisa memberi informasi dari mana asal sinyal radio berasal.

  • Lacak Dengan Plat Nomor

Cara melacak keberadaan mobil tanpa GPS adalah dengan memanfaatkan plat nomor kendaraan. Plat nomor sendri memiliki banyak informasi penting dan bisa juga untuk melacak kendaraan yang hilang. Pihak kepolisian bisa melacak plat nomor mobil yang hilang dicuri melalui cctv atau melalui badan intelijen. Selain untuk melacak keberadaan kendaraan, plat nomor mobil juga dapat digunakan untuk mengindentifikasi identitas korban kecelakaan dan biasanya melalui website SAMSAT. Jika anda warga Jakarta, anda bisa cek ranmor DKI pada situs https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/

Viral :   Jangan Salah Pilih, Ini Tips Sewa Bus Pariwisata

Setelah kita mengetahui cara melacak keberadaan mobil tanpa GPS, sebaiknya anda juga harus paham tips untuk mengantisipasi kehilangan mobil atau kendaraan bermotor lainnya, diantaranya seperti

Tips Mengantisipasi Mobil Hilang

  • Paasang GPS tracker pada Mobil

untuk mendapatkan perangkat GPS tracker sekarang cukup mudah karena sudah banyak tersedia di marketplace baik online maupun offline. Beberapa teknologi GPS tracker yang lebih modern kini bisa digunkan untuk menyadap suara bahkan bisa mematikan mesin secara otomatis.

  • Gunakan Fitur Smartphone

Jika anda mempunyai smartphone yang mungkin jarang digunakan, anda bisa memanfaatkannya sebagai pengganti GPS dengan menyalakan GPS nya. Maka jika sewaktu-waktu mobil anda hilang dicuri, anda bisa melacak keberadaan mobil anda dengan melacak smartphone yang anda letakkan di dalam mobil tadi.

Viral :   Tips Memilih Merk Dempul Mobil yang Bagus