Cara Menghilangkan Embun pada Reflektor Lampu Mobil

Cara Menghilangkan Embun pada Reflektor Lampu Mobil – Embun yang ada di reflektor lampu mobil akan membuat pancaran cahaya menjadi sedikit terhalang. Sumber cahaya yang terkena embun, apalagi dalam intensitas tinggi, sorotan cahayanya tidak maksimal. Hal ini tentu cukup berbahaya mengingat lampu merupakan kebutuhan vital dalam berkendara. Baik pada siang maupun malam hari, pengendara tetap memerlukan sorot lampu sebagai bagian dari keselamatan.

Air yang masuk ke dalam reflektor mobil disebabkan oleh proses kondensasi yang berlangsung. Proses tersebut sebenarnya alami dan dapat terbentuk akibat adanya kelembapan dan perbedaan suhu. Selain karena faktor alami, air dapat masuk pada saat dilakukan penggantian bolam lampu maupun ketika seal karet bolam pecah. Untuk mengatasi reflektor lampu mobil yang berembun, berikut ini beberapa tips penanganannya.

Cara Menghilangkan Embun pada Reflektor Lampu Mobil

Untuk menghilangkan embun di bagian reflektor lampu mobil, Anda dapat menggunakan beberapa macam langkah. Pada prinsipnya, cara kerja untuk menghilangkan embun pada reflektor adalah dengan menguapkan embun, kemudian membersihkannya dengan kain. Ini dia ulasan selengkapnya.

  • Menggunakan Udara Bertekanan

Udara bertekanan ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan embun pada reflektor mobil. Untuk menggunakan cara yang satu ini, Anda harus menyemprotkan udara ke dalam lampu. Anda dapat menyemprotkan udara melalui lubang bola lampu utama. Dalam melakukan proses penyemprotan ini, Anda tidak perlu melepas semua bola lampu.

Viral :   Pengaplikasian Peninggi Shock Belakang

Meskipun terbilang aman, sebaiknya dalam menggunakan cara ini, Anda harus memperhatikan tekanan udaranya. Jika tekanan udaranya berlebihan, cara ini justru akan merusak kaca lampu. Kehati-hatian harus ekstra dilakukan agar nantinya Anda bisa mendapati reflektor lampu yang kembali berfungsi seperti sedia kala.

  • Menggunakan Panas Lampu

Panas yang dihasilkan oleh lampu juga bisa dimanfaatkan karena akan berguna sebagai penguap embun. Untuk melakukannya, pertama-tama, Anda harus melepaskan lebih dahulu bola lampu sign. Ini berguna sebagai lubang untuk tempat keluarnya air. Kemudian, nyalakan mesin serta lampu utama mobil dan tunggu selama beberapa menit.

Cara yang satu ini memerlukan waktu yang lebih lama dibanding cara pertama. Selain itu, panas lampu untuk mencairkan embun juga hanya efektif digunakan apabila kondisi air embun di bagian reflektor lampu masih sedikit. Jika sudah mulai banyak, sebaiknya cari cara lain yang lebih efektif.

  • Menggunakan Kain dan Kayu

Anda bisa menggunakan tongkat dari kayu tumpul untuk membersihkan embun pada bagian relfektor. Caranya, lepaskan semua bola lampu, kemudian letakkan kain lap di bagian ujung kayu tumpul tersebut. Arahkan ujung kayu untuk mengelap semua embun. Cara yang satu ini terbilang aman serta mudah. Anda dapat melakukannya di rumah tanpa perlu pergi membawa mobil ke bengkel.

  • Melepaskan Kaca Lampu

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling sulit, yaitu melepas bagian mika lampu. Mengapa cara ini cukup sulit? Anda harus memisahkan bagian kaca lampu dengan reflektor itu sendiri. Pemisahan kedua komponen tersebut dilakukan di retrofit lampu kepala.

Viral :   Bebas Antrean, Begini Cara Beli Tiket Bus secara Online

Pada umumnya, dalam melakukan perbaikan ini, teknisi akan menggunakan hair dryer guna melepas bagian seal kaca. Pemanasan dengan menggunakan pengering rambut ini akan memisahkan kedua komponen tersebut secara lebih mudah. Setelah berhasil dilepas, kemudian lap menggunakan kain bersih.

Cara yang satu ini dilakukan apabila keretakan pada sambungan antar kaca terjadi. Ketika akan menyambungkannya kembali, jangan lupa untuk menyematkan sealant agar bagian tersebut tidak mengalami kebocoran lagi.

Itu dia beberapa cara untuk membersihkan embun pada reflektor lampu mobil. Agar tidak sering terjadi lagi, sebaiknya segera ganti bola lampu yang pecah agar tidak berpotensi kemasukan air atau udara dingin. Pastikan pula untuk tidak melepas bola lampu di tempat yang kelembapannya tinggi.