Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit Mudah & Cepat

Cara klaim asuransi mobil kredit cukup beragam dan berbeda-beda sesuai dengan jenis asuransi yang diguankan sebab setiap perusahaan mempunyai prosedur masing-masing. Namun anda tak perlu khawatir lagi sekarang, sebab wartaoto sudah menyiapkan Cara klaim asuransi mobil kredit berdasarkan beberapa perusahaan asuransi besar yang umumnya banyak diguanakan oleh masyarakat luas.

Cara klaim asuransi mobil kredit kemungkinan sedang dicari-cari atau dibutuhkan oleh mereka yang sedang mengalami kejadian buruk pada kendaraannya baik kecelakaan ataubahkan kehilangan. Pada kondisi seperti ini asuransi mobil tentu akan sangat bermanfaat sehingga biaya premi yang selama ini sudah terbayarkan menjadi tidak percuma.

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

Jika asuransi yang anda gunakan ternyata tidak ada dibawah ini, namun kemungkinan besar tahapannya tidak jauh beda, sehingga pada saat mengalami kejadian buruk pada kendaraan yang dikredit alangkah baiknya segera mungkin laporkan pada pihak asuransi.

Asuransi Garda Oto

  • Laporkan kejadian / kerusakan segera mungkin. Di tahap ini pastikan untuk mendokumentasi kondisi mobil dalam bentuk foto.
  • Lampirkan surat-surat yang diperlukan diantaranya STNK, SIM, polis asuransi serta surat keterangan dari pihak kepolisian terutama ketika mobil dalam kondisi kerusakan lebih dari 70%.
  • Kunjungi kantor cabang terdekat. Pada langkah ini anda akan diarahkan untuk mengisi laporan lewat aplikasi Garda Mobile Otocare dahulu untuk mendapatkan antrian khusus.
  • Pantau prosesnya melalui aplikasi. Disana petugas akan melakukan survei kondisi mobil tersebut.
  • Apabila semua proses berjalan lancar maka mobil akan segera bisa diperbaiki.
Viral :   Cara Membersihkan Kerak Oli Pada Mesin Mobil

Asuransi Adira

  • Untuk melaporkan klaim and abisa langsung datang ke kantor atau dengan menghubungi Adira Care (1500 4546) dan maksimal 5 hari kerja setelah kejadian.
  • Sertakan dokumen atau surat-surat yang diminta dan foto-foto kerusakan kendaraan.
  • Selanjutnya ikuti proses survei serta analisa klaim
  • dan penggantian klaim berdasarkan ketentuan

BCA Finance

BCA Finance sendiri sebenarnya merupakan perusahaan pembiayaan dan bukan asuransi. Namun mereka melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi untuk memberikan perlindungan kepada konsumen kredit mobil tersebut. Adapun prosedurnya yaitu:

  1. Lapor ke BCA Finance dalam 3×24 jam
  2. Lengkapi dokumen atau surat-surat penting seperti STNK asli, Surat Tanda Penerimaan Lapor dari Kepolisian , kunci kontak asli & duplikat, fotocopy SIM pengemudi, KTP tertanggung, formulir klaim, surat keterangan dari markas besar Kepolisian tingkat daerah / provinsi.
  3. Siapkan surat blokir, ini khusus bagi mobil yang hilang. Sementara untuk kecelakaan parsial:

– Lapor dalam 3×24 jam

– Ajukan klaim resmi beserta beberapa dokumen seperti fotocopy SIM, fotocopy STNK, fotocopy KTP tertanggung serta formulir klaim.

– Lampirkan juga dokumen tambahan yaitu Surat Tanda Penerimaan Laporan dari Kepolisian bila mesin mobil didapati rusak berat dan adanya pencurian.

Viral :   Tips Mempersiapkan Mobil untuk Mudik Lebaran

– Surat tuntutan dari pihak ketiga jika ada tuntutan.

Dari 3 perusahaan besar penyedia asuransi diatas memiliki beberapa kesamaan dalam hal prosedur pengajuan klaim asuransi yakni semuanya diawali dengan proses pelaporan, pengumpulan dokumen, survei, serta barulah diputuskan apakah klaim anda di terima ataukah sebaliknya.

Siapkan Biaya Own Risk

Selain Cara klaim asuransi mobil kredit, anda juga perlu menyiapkan biaya own risk. Sehingga anda tak lagi kaget jika nantinya dimintai sejumlah uang pada saat melakukan klaim asuransi disetujui. Biasanya sebesar Rp 300.000 tergantung aturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) serta yang disesuaikan dengan kebijakan dari perusahaan asuransi yang berkaitan. Tujuan dari biaya own risk sendiri adalah untuk mengingatkan kepada pengemudi atau pemilik kendaraan supaya senantiasa berhati-hati dalam berkendara.

Selain itu, biaya own risk juga dapat menjadi pertimbangan apakah kerusakan yang terjadi apakah mesti diklaim ataukah tidak. Apabila kerusakan yang terjadi tergolong ringan dengan estimasi biaya perbaikan lebih kecil dari baiya own risk maka sebaiknya pikirkan lebih matang jika ingin mengajukan klaim. Perlu diketahui asuransi mobil sendiri merupakan perlindungan yang cukup bermanfaat untuk kendaraan anda dan sangat disarankan untuk memilikinya terlebih bagi mereka yang memang memiliki budget lebih.