Cara Kerja Compound Mobil

Cara Kerja Compound Mobil dan Fungsinya

Cara kerja compound mobil perlu anda ketahui selain untuk mengatasi goresan ternyata juga bisa untuk menghilangkan jamur dan masih banyak lagi kegunaannya. Compound mobil sendiri merupakan suatu bahan yang sering dipakai untuk melakukan perawatan supaya tampilan kendaraan mobil anda menjadi lebih kinclong, sehingga tak heran jika anda pergi ke tempat pencucian mobil ataupun bengkel perawatan pasti anda akan menemui bahan compound ini. Anda juga dapat membali compound sendiri serta mengampilkasinkannya pada body mobil anda di rumah. Yang perlu anda ketahui jenis compound terdiri dari beberapa macam. Namun sebagian besar bengkel perawatan mobil tidak menyarankan masyarakat awam untuk menggunakan. Compound, sebab tidak banyak yang tahu terkait bagaimana Cara kerja compound mobil yang tepat. Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Compound Mobil

Compound dalam konteks ban adalah campuran berbagai bahan yang digunakan untuk membuat ban. Campuran ini terdiri dari beberapa komponen kunci, termasuk:

1. Karet

  • Natural Rubber (NR): Karet alami yang berasal dari getah pohon karet.
  • Synthetic Rubber (SR): Karet sintetis yang diciptakan dalam laboratorium.

2. Carbon Black

  • Carbon black adalah partikel karbon berukuran mikroskopis yang digunakan untuk meningkatkan ketahanan ban terhadap panas dan aus.

3. Silica

  • Silica digunakan untuk meningkatkan cengkeraman ban pada permukaan jalan basah.

4. Penguat

  • Bahan penguat seperti nilon atau polyester digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan ban.

5. Bahan Kimia Tambahan

  • Bahan kimia tambahan digunakan untuk meningkatkan performa ban dalam berbagai kondisi.

Campuran bahan-bahan ini dibuat dengan hati-hati untuk menciptakan ban yang memiliki karakteristik yang diinginkan, seperti daya cengkram yang baik, ketahanan terhadap panas, usia pakai yang panjang, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Merk Ban Terbaik di Indonesia

Sekarang, mari kita bahas beberapa merk ban terbaik yang tersedia di pasar Indonesia berserta harga-harga mereka. Perlu diingat bahwa harga bisa bervariasi tergantung pada ukuran ban, tipe kendaraan, dan model yang Anda pilih.

1. Michelin

Merk ban asal Prancis ini dikenal secara luas sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Michelin menawarkan berbagai tipe ban, mulai dari ban penumpang hingga ban truk dan SUV. Harga ban Michelin biasanya berada di kisaran harga menengah hingga tinggi, tergantung pada tipe dan ukuran.

2. Bridgestone

Bridgestone adalah salah satu merk ban terkemuka yang banyak dipilih oleh produsen mobil terkenal. Mereka memiliki berbagai tipe ban dengan beragam harga, mulai dari yang terjangkau hingga yang premium.

3. Dunlop

Dunlop adalah merk ban yang cukup populer di Indonesia. Mereka menawarkan berbagai pilihan ban untuk mobil penumpang, SUV, dan truk. Harga ban Dunlop dapat diakses oleh berbagai kalangan.

Viral :   Cara Mencari Mobil Bekas Berkualitas Yang Wajib Diperhatikan!

4. Goodyear

Goodyear adalah salah satu merk ban yang sudah lama ada dan memiliki reputasi yang baik. Mereka menawarkan ban dengan kualitas yang dapat diandalkan dan beragam pilihan harga.

5. Yokohama

Yokohama adalah merk ban Jepang yang juga populer di Indonesia. Mereka dikenal dengan inovasi teknologi ban mereka. Harga ban Yokohama biasanya bersaing di pasaran.

6. Hankook

Hankook adalah merk ban asal Korea Selatan yang semakin dikenal di pasar otomotif global. Mereka menawarkan berbagai tipe ban dengan harga yang bersaing.

7. Toyo Tires

Toyo Tires adalah merk ban yang menawarkan ban dengan kualitas yang baik dan beragam pilihan ukuran. Harga ban Toyo Tires dapat menjadi salah satu pilihan yang ekonomis.

8. Achilles Radial

Achilles Radial adalah merk ban Indonesia yang telah meraih popularitas di dalam dan luar negeri. Mereka menawarkan ban dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang dapat diandalkan.

Harga Ban Terbaik di Indonesia

Harga ban bisa sangat bervariasi tergantung pada ukuran, tipe, dan merk yang Anda pilih. Namun, berikut adalah perkiraan harga rata-rata untuk beberapa merk ban terkemuka di Indonesia:

  • Michelin: Mulai dari Rp 500.000 hingga lebih dari Rp 2.000.000 per ban.
  • Bridgestone: Mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 2.000.000 per ban.
  • Dunlop: Mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 1.500.000 per ban.
  • Goodyear: Mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 1.800.000 per ban.
  • Yokohama: Mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 1.800.000 per ban.
  • Hankook: Mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 1.500.000 per ban.
  • Toyo Tires: Mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 1.500.000 per ban.
  • Achilles Radial: Mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 800.000 per ban.

Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan Anda, termasuk tipe kendaraan dan kondisi jalan yang akan Anda hadapi, saat memilih ban yang tepat. Selalu lakukan pengecekan secara berkala terhadap kondisi ban Anda dan pertimbangkan untuk mengganti ban jika sudah aus atau mengalami kerusakan.

Fungsi Compound Mobil

Compound adalah jenis bahan yang bersifat abrasif yang digunakan untuk memoles. Penggunaan comppound ini bisa menyamarkan baret halus pada body mobil. Tak menutup kemungkinan, baret halus pasti sering terjadi pada body mobil ataupun motor. Beberapa fungsi compound pada mobil sebagai berikut:

  • Mengatasi Lecet

Lecet maupun goresan mobil memang hal yang sulit dihindari. Tapi anda tak perlu khawatir sebab saat munculnya baret ini bisa anda atasi tanpa harus mengecat ulang yaitu dengan menggunakan compound. Sehingga fungsi compound ialah memperbaiki lecet / baret tanpa mengecat ulang.

  • Melicinkan Permukaan Body

Fungsi bahan compound juga dapat membuat permukaan kendaraan anda menjadi lebih licin. Sehingga tak ada baret pada body kendaraan anda, compound tetapi bisa digunakan sebagai pelicin. Dan biasanya compound dipakai setelah melakukan pencucian mobil. Manfaat dari permukaan body mobil yang licin ini bisa membuat warna cat kendaraan anda lebih awet dan tidak mudah tertempel oleh depu.

  • Membersihkan Percikan Aspal

Ketika mobil anda digunakan berkendara, tentu body mobil tidak terelakkan dari percikan aspal. Terutama di bagain samping body yang tidak bisa di bersihkan. Hanya memakai air sabun saja. Jika perikan aspal ini tidak segera di hilangkan maka bisa merusak cat mobil anda. Untuk mengatasi ini, anda bisa menggunakan compound mobil. Bukan hanya membersihkan, bahkan body mobil anda akan terlihat seperti baru lagi.

  • Mengatasi Jamur

Kendaraan bermotor yang jarang dicuci atau kualitas cat yang kurang baik sering kali memicu datangnya jamur. Sementara jamur tersebut tidak bisa dihilangkan hanya dengan air sabun saja. Sehingga disinilah dibutuhkannya bahan compound yang memiliki sifat abrasif yang bisa membersihkan noda membandel bahkan pada sela-sela bagian pintu mobil.

Viral :   Ciri ciri Setelan Klep Tidak Tepat dan Cara Mengatasinya

Cara Menggunakan Compound Mobil

Setelah kita mengetahui beberapa fungsi dari compound mobil. Kita akan beralih ke cara kerja compund sekaligus cara menggunakan compund mobil. Sebelumnya anda harus pastikan dahulu, bahwa mengikuti petunnjuk di bawah ini dengan teliti. Jangan sampai anda kecewa dan akhirnya harus mengeluarkan uang lebih guna memperbaiki cat mobil sebab salah dalam memilih maupun menggunakan compound ini. Yuk simak cara kerja compound mobil berikut ini:

  • Perhatikan Bagian Lecet & Bersihkan Dahulu Dengan Air

Pertama-tama, anda perlu mencari tahu bagian mana yang terkena lecet/baret dan ingat pastikan goresannya tak terlalu dalam. Sebab jika ternyata goresannya dalam atau terlalu parah, maka anda perlu melakukan pengecetan ulang. Selanjutnya, bagian lecet/baret tersebut bersihkan. Tak perlu bersihkan semua bagian mobil, fokuslah pada bagian yang tergores saja. Cara membersihkannya dengan mengusap kain secara perlahan yang sudah dibasahi. Jika sudah, keringkan dengan kain bersih.

  • Poles Permukaan Goresan Dengan Compound Halus

Jika anda masih awam tentang cara kerja Compound. Sebaiknya anda menggunakan compound yang halus saja sehingga tidak bersifat terlalu abrasif. Caranya, ratakan dahulu compound halus dengan jari anda pada bagian yang tergores. Setelah itu, gosok sambil memutar secara perlahan. Lakukan usapan ini terus menerus hingga goresannya hilamg tak terlihat.

  • Bersihkan Dengan Air & Beri Pengilap

Cara Kerja Compund mobil pada tahapan terakhir ini perlu dengan membersihkan residu compund menggunakan air. Jika ternyata goresan belum hilang, maka ulangi kembali compound tersebut. Jika sudah hilang, anda bisa memberikan pengkilap supaya bekas compound & baret/lecet tak terlihat lagi.

Demikianlah ulasan tentang Cara Kerja Compound Mobil dan Fungsinya. Semoga informasi ini bermanfaat nagi anda 🙂