Cara Jumper Aki Mobil Tanpa Kabel

Cara Jumper Aki Mobil Tanpa Kabel

Cara jumper aki mobil tanpa kabel – Mungkin anda sering mengalami mogok mobil, saat aki mobil Anda tekor tentunya itu akan sangat menyebalkan kan, apalagi kalau mogoknya pas di tengah jalan. Pastinya Anda akan sangat bingung dan pikirannya juga kacao, akusatu.com punya cara untuk membuat mobil yang mogok karna aki tekor agar dapat jalan lagi. Yaitu  dengan men jumper aki mobil Anda dengan mobil yang ada di sekitar Anda, usahakan Anda meminta bantuan dengan sesopan mungkin ya! Agar mereka mau membantu Anda. Nah jika Anda sudah mendapatkan aki yang seger, kuat, fresh, siap kerja, maka langkah untuk “jumpernya” adalah sebagai berikut.

Cara Jumper Aki Mobil Tanpa Kabel

  1. Yang paling simpel ialah, melepas aki mobil Anda, kemudian ganti dengan aki baru gak perlu menggunakan kabel jumper. Jika ada mobil yang sejenis dengan mobil Anda, dan mau pinjamin akinya, maka jangan Anda matikan mesin mobilnya, mesin harus tetap on, kemudian lepaslah terminal dan aki mobil yang lain, lalu pindahkan ke mobil Anda. Awas dia punya kabel, jadi jangan sentuh body mobil, karena nanti bisa kongslet.
  2. Setelah itu coba Anda hubungkan untuk terminal aki fresh ke mobil Anda, yang mana pada umumnya terminal merah positif, sedangkan yang hitam ke negatif. Jangan terbalik ya, nanti bisa kongslet. Jika Anda sudah mahir, maka Anda cukup tempelkan terminal, dengan menekan kuat dengan tangan, lalu coba Anda suruh orang lain untuk stater mobil Anda.
  3. Dan jika mobil Anda sudah menyala, maka silahkan Anda lepas terminal aki yang baru. Hati-hati jangan sampai kabel tersebut, menyentuh body mobil karena bisa terjadi kongslet. Walau aki dilepas, mobil Anda akan tetap hidup karena elektrisitas disuplai oleh alternator. Setelah itu Anda kembalikan aki yang Anda pinlam tadi ke mobil pemiliknya, dan pasang lagi.
  4. Jika sudah, silahkan Anda pasang aki yang lama kemobil Anda, dan kencangkan terminal, selama mesin hidup aki mobil Anda akan dicas oleh Alternator. Jangan sampai mobil Anda mati mesin, biarkan mobil Anda hidup hingga selama 15 menit atau sampai setengah jam, guna mengecas aki mobil Anda.
  5. Tapi jika Anda yakin kalau aki mobil Anda memang sudah soak, maka segeralah menuju tukang aki, kemudian gantilah dengan aki baru. Namun jika Anda yakin bahwa aki Anda hanya tekor karena kurang cas, maka setelah 15 menit pengecasan, silahkan Anda lihat indikator aki, apakah muncul tanda aki telah tercas.
  6. Jika aki muncul indikator telah tercas, maka Anda bisa test kondisi aki mobil Anda. Cobalah untuk mencari tempat yang menurun, berhentilah, lalu matikan mesin mobil Anda. Jika aki sudah tercas maka saat distater mesin mobil Anda akan hidup, dan jika ternyata mesin mobil Anda tidak hidup, maka meluncurlah di turunan tersebut, lalu masukkan gigi 2 dan ‘underbone”. Jika tidak hidup juga, phone a friend kembali, kemudian ulangi mulai dari point 1 dan jangan coba-coba lagi itu poin 6. Segeralah ke tukang Aki mobil, dan ganti aki aki mobil Anda. Cukup sekali Anda nyusahin teman.
Viral :   Cat Velg Motor Sendiri? Kenapa Tidak, Ini Tipsnya

Jika mobil Anda matic, maka jangan pernah untuk coba-coba poin 6, karena matic tidak bisa underbone. Segera ke tukang aki mobil, atau jalankan mobil Anda lebih lama hingga 1 jam baru dicoba, itupun syaratnya saat mencoba matikan dan hidupkan mobil, posisi Anda di samping tukang aki, tujuannya ialah agar Anda tidak menyusahkan diri Anda sendiri. Kalo di coba stater gak bisa, maka Anda tinggal minta ganti aki sama tukang aki.

Kesimpulannya: Jika Anda ingin pergi jauh dan Anda sadar kalau aki mobil Anda sudah dalam masa kritis menuju soak, maka sebaiknya ganti dulu akinya agar tidak menyusahkan Anda saat derada dalam perjalanan. Dan ingatlah, jangan sampai Anda lupa mematikan lampu, casan, radio, ac, dan lain-lainnya, sebelum mesin mobil Anda mati. Karena cara ini akan bisa menambah umur aki mobil Anda lebih panjang, dan jangan hidupkan apapun sebelum mesin mobil Anda hidup.

Viral :   Cara Menghilangkan Karat dengan Anti Karat Mobil Buatan Sendiri