Cara Cek Koil Mobil Injeksi
Cara Cek Koil Mobil Injeksi

Cara Cek Koil Mobil Injeksi

Cara cek koil mobil injeksi harus anda ketahui karena pengecekan kondisi mobil misalnya seperti koil perlu dilakukan secara rutin. Tak terkecuali ketika anda berada di rumah. Bagian perangkat mobil yang tentu perlu dicek ialah mesin. Dimana penggunaan mesin injeksi kini semakin banyak di pasaran dan mungkin saja anda adalah salah satunya pemilik mobildengan tipe injeksi. Maka dari itu, setiap komponen maupun perangkat kendaraan harus di cek dengan saksama termasuk koil. Lantas bagaimana sebenarnya Cara mengecek koil mobil injeksi? Mari simak terus ulasan ini hingga akhir!

Cara Cek Koil pada Mobil Injeksi

  • Siapkan Alat yang Dibutuhkan

Langkah pertama dalam mengecek koil mobil injeksi, anda. Pertama-tama perlu menyiapkan beberapa peralatan, diantaranya seperti kunci pas, kunci inggris, serta kunci socket. Dari beberapa alat tersebut akan memudahkan anda nantinya dalam melakukan rangkaian langkah dalam pengecekan koil mobil.

  • Sediakan Busi Pengganti

  • Cara cek koil mobil injeksi ini juga berguna untuk mengetahui apakah busi mobil anda mati atau hidup, maka dari itu kita membutuhkan busi pengganti jika ternyata anda melihat gejala busi yang mulai rusak. Apabila memang sudah waktuya ganti busi, maka segera lakukan penggantian. Namun jika kondisi busi masih bagus, maka tak perlu diganti.
  • Minta Bantuan Orang Lain

Dalam melakuakn pengecekan koil mobil injeksi, sebaiknya minta bantuan orang lain karena bisa anda perintahkan  untuk melakukan beberapa hal yang diperlukan nantinya. Sebab  dengan bantuan atau dengan tenaga dua orang, roses pengecekan juga akan lebih lancar dan cepat.

  • Parkir Mobil di Posisi Aman

Tahapan selanjutnya dalam cara cek koil mobil yang tak kalah penting adalah memarkirkan kendaraan anda di posisi maupun tempat yang aman, sehingga proses pengecekan koil pengapian bisa  lebih lancar. Dan jangan lupa untuk memposisikan mobil dalam keadaan netral serta menarik tuas rem tangan. Jika sudah, buka kap mesin mobil anda.

  • Copot Semua Kabel Injekstor

Kemudian cari socket injektor yang terletak di bagian mesin mobil dan lepaskan atau copot semua socket injektor tersebut dan juga relay dari induknya. Tahapan ini berfungsi untuk encegah semburan bahan bakar saat sedang  pengecekan koil busi.

  • Lepaskan Koil Busi

BErikutnya, cari kunci pas nomor 10 atau nomor lain sesuai dengan ukuran baut koil busi pada mobil anda. Lalu lepaskan seluruh  koil dari mobil, namun bagian kabel nya jangan.

  • Pasang Busi Untuk Cek Koil Busi

Langkah berikutnya, pasang busi yang telah disiapkab tadi untuk mengecek kondisi koil busi pada mbil anda. Jadi anda bisa mengetahui apakah. Kondisinya masih baik ataukah sudah waktunya diganti.

  • Nyalakan Mesin Mobil

Tahapan terakhir dari cara cek koil monil injeksin ini adalah anda bisa meminta orang lain untuk membantu menyalakan mesin mobil. Kemudian tempelkan ujung busi mobil yang sudah tersambung dengan koil ke. Perangkat mesin yang terbuat dari besi. Apabila hasil dari penempelan itu mengeluarkan percikan apim berarti kondisi koil mobil anda masih bagus. Akan tetapi jika sebaliknya, tidak menimbulkan percikan api itu artinya kondisi koil anda sudah menurn dan wajib diganti.

Viral :   Cara Mengatasi Kampas Kopling Mobil Habis

Demikianlah Cara cek koil mobil injeksi yang mudah dan bisa anda lakukan di rumah. Namun jika anda ragu-ragu atau tidak yakin melakukannya sendiri, maka sebaiknya bawa ke bengkel kepercayaan anda untuk mendapatkan solusinya. Semoga informasi ini bermanfaat ya 🙂