Cara Cek Keaslian STNK dan BPKB Mobil

Cara Cek Keaslian STNK dan BPKB Mobil

Cara cek keaslian STNK dan BPKB mobil kerap dicari-cari oleh beberapa pemilik kendaraan roda empat. Mengingat dokumen ini sangatlah penting, terlebih bagi anda yang baru membeli kendaraan bekas, karena memang terdapat beberapa hal yang perlu dicek ketika membeli kendaraan bekas. Tak hanya kondisi fisik serta mesin kendaraan saja, kelengkapan dokumen maupun surat-suratnya juga perlu diperhatikan. Jangan sampai palsu atau bahkan tak lengkap. Cara cek keaslian STNK dan BPKB mobil sendiri sebetulnya cukup mudah dengan memperhatikan beberapa hal yang kasat mata untuk mencegah dari penipuan atau ternyata membeli mobil dari hasil curian.

Tentu mempunya kendaraan yang berdokumen palsu seperti BPKB dan STNKnya palsu akan menyulitkan kita sendiri di masa yang akan datang dan juga pengurusannya akan semakin repot & sulit. Untuk mengecek atau memeriksa keaslian STNK serta BPKB mobil bekas terbilang mudah karena pihak Polri telah mengklaim bahwa telah membuat beberapa pengaman terhadap surat-surat tersebut, sehingga tidak mudah dipalsukan dan juga mudah diperiksa. Lantas bagaimana sih cara cek keaslian STNK dan BPKB ini? Mari baca terus ulasan dibawah ini!

Daftar Isi

Cara Cek Keaslian BPKB Mobil

  • Perhatikan sampul BPKB.

Sampul BPKB yang asli terbuat dengan bahan yang lebih mengkilap, sedangkan yang palsu biasanya berwarna buram.

  • Lihat warna hologram.

Untuk BPKB asli, warna hohlogramnya abu-abu dan tidak berubah warnanya ketika diterawang. Sedangkan BPKB yang palsu ketika diterawang warnanya akan berubah menjadi kuning.

  • Cek nomor seri dibawah hologram.

Pada bagian bawah hologram terdapat nomor seri yang dibuat untuk membedakan domisili, sehingga terdapat beberapa kode yang menunjukkan dimana asal Polda dokumen itu diterbitkan. Data ini sangat bersifat rahasia karena tidak dipublikasikan secara luas.

  • Periksa identitas pemilik kendaraan.

Pada PBKB yang palsu biasannya yang dirubah hanyalah data kendaraannya saja. Sedangkan data pemilik kendaraan tidak. Dibagian identitas kendaraan banyak yang sengaja dihapus lalu diprint ulang dan ini sangat mudah terlihat atau ditandai.

  • Cek lambang Korlantas.

Dibagian lembar buku BPKB hal. 14 ada lambang Korlantas yang bila disinari dengan cahaya ultraviolet akan terlihat dan jika diraba akan terasa kasar. Sedangkan BPKB yang palsu di lembar tersebut kertas akan terasa rata.

Viral :   Tips Merawat Tameng Knalpot Agar Tidak Mudah Berkarat

Cara Cek Keaslian STNK Mobil

  • Cek stiker hologram.

Lihat disisii kanan atas STNK yang terdapat hologram halus. Cek hologram tersebut seperi cara mengecek hologram di BPKB

  • Perhatikan lubang-lubang tipis di lembaran STNK.

Pada sisi kanan STNK yang asli terdapat lubang-lubang tipis yang membentuk tulisan STNK. Sedangkan pada STNK yang palsu lubang-lubang yang tipis ini tidak ada.

  • Periksa barcode STNK.

Biasanya pada STNK asli terdapat barcode yang jika discan akan muncul angka ataupu identitas pemilik kendaraan tersebut. Sedangkan di STNK palsu barcode yang tertera ini hanya hiasa dan tidak memiliki  fungsi apapun, anda bisa membuktikannya dengan menscan nya secara langsung.

Demikianlah Cara cek keaslian STNK dan BPKB mobil. Pihak Polri meghimbau bagi para calon pembli kendaraan suapaya tidak menjadi korban penipuan maka disarankan untuk mengecek keaslian STNK dan BPKB di SAmsat atau Dirlantas. Adapun pemeriksaan keaslian STNK maupun BPKB ini tidak dipungut biaya alias gratis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda 🙂