Cara cek gps mobil lewat hp
Cara Cek GPS Mobil Lewat HP

Cara Cek GPS Mobil Lewat HP Yang Akurat dan Cepat

Cara cek GPS mobil lewat HP bisa anda lakukan dengan bantuan beberapa aplikasi. Apalagi kini mobil keluaran terbaru telah dibekali beberapa fitur canggih salah satunya sistem GPS. Dimana sistem yang satu ini sangat penting untuk keamanan kendaraan anda, karena bisa melacak dimana keberadaan mobil anda bila sewaktu-waktu hilang. Selain itu sistem GPS juga sangat berguna bila kendaraan anda memiliki jasa rental mobil, sehingga anda dapat memberikan keamanan untuk kendaraan tersebut.

Sistem GPS

Sebelum kita akan mempelajari bagaiman cara cek GPS kendaraan melalui Hp. Alangkah baiknya kita memahami apa sebenarnya sistem GPS itu sendiri. GPS atau Global Private Security merupakan teknologi terbaru yang bisa membantu para penggunanya untuk melacak sesuatu, termasuk kendaraan. Apalagi kini dengan bantuan Hp yang semakin canggih membuat semua menjadi lebih mudah. Teknologi GPS juga bisa disebut sebagai satelit penerima sinyal dari pemancar GPS tersebut yang selanjutnya receiver akan menerima data. Alhasil, hanya dengan melihat saja, teknologi GPS ini bisa menentukan lokasi, kecepatan, bahkan aktivitas lainnya seperti membuka atau menutup pintu mobil.

Cara Cek GPS Mobil Lewat HP

  • Cek GPS Mobil dengan aplikasi Google Map

Ternyata aplikasi Google Map bukan hanya berguna sebagai penunjuk arah jalan saat berkendara, tetapi juga bisa untuk melacak kendaraan. Caranya pun terbilang cukup mudah yaitu denga langkah-langkah berikut ini:

Viral :   Begini Cara Mudah Memilih Kaca Film Mobil Berkualitas

1. Sambungkan GPS di Hp

Masuk ke aplikasi Google Map dan hubungkan perangkat GPS ke Aplikasi tersebut. Jika sudah, anda bisa mengaktifkan mode searching / pencarian agar Google Map dapat mendeteksi perangkat anda. Tambahkan alat GPS lalu klik pilih jenis kendaraan di akun anda. Selain itu, anda juga bisa memberi nama ke perangkat GPS anda agar lebih mudah dikenali.

2. Share lokasi kendaraan anda

Jika perangkat GPS sudah disambungkan dengan Google Map, nantinya anda akan menerima pemberitahuan yang langsung ditampilkan pada sistem. Sehingga ketika anda membuka Aplikasi Google Map, anda sudah bisa menemukan titik lokasi dimana keberadaan kesayangan anda. Bila anda ingin cek GPS mobil, klik ikon lingkaran warna biru yang ada di samping kanan dan lokasi GPS pun akan segera muncul. Lokasi GPS tersebut juga bisa anda share secara otomatis ke pengguna lalin yang juga menggunakan aplikasi Google Map.

3. Detail pelacakan

Fitur canggih lainnya dalam cara cek GPS mobil melalui Hp di google Map adalah memungkin anda untuk melakukan pengaturan detail ini yaitu durasi waktu share lokasi. Durasi waktu ini akan membantu anda dalam menentukan seberapa lama durasi proses share lokasi real time / online. Akan tetapi sebelum menggunakan fitur ini, pastikan  GPS di Hp anda telah aktif terlebih dahulu.

  • Cek GPS mobil melalui Aplikasi ID Track
Viral :   Cara Cek Nomor Plat Mobil Mudah dan Cepat

Cara cek GPS mobil juga bisa anda lakukan dengan aplikasi ID Track, dimana ini merupakan platform tracking  milik Lokal yang memiliki banyak kelebihan, diantaranya seperti anda akan mendapatkan informasi ataupun data 5 hingga 10 detik secara real time, aplikasii google map juga bisa terkoneksi secara langsung melalui live trafic, dan anda juga bisa melihat. Historis perjalanan serta penunjuk arah. Adapun langkahnya sebagai berikut:

1. Kunjungi situs Idtrack server GPS

2. Lakukan registrasi akun atau masuk menggunakan akun google anda.

3. Selanjutnya lakukan verifikasi perizinan untuk bisa mengakses sistem ID track.

4. Jika sudah, install aplikasi ID Track pada GooglePlay Store

5. Kemudian buka aplikasi tersebut. Pada halaman awal, klik opsi real time tracking dan masukkan informasi mobil anda.

6. Lalu tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.

7. Jika sudah selanjutnya, klik ‘navigate’ dan ikuti instruksinya.