Cara Cek Busi Mobil Yang Mati
Cara Cek Busi Mobil Yang Mati Serta Gejala Kerusakannya

Cara Cek Busi Mobil Yang Mati Serta Gejala Kerusakannya

Cara cek busi mobil yang mati ataukah tidak ini penting untuk diketahui. Mengingat busi adalah salah satu perangkat vital pada kendaraan bermotor. Jika terjadi masalah pada busi, maka kinerja mesin pun akan ikut terganggu, bahkan kendaraan akan kehilangan tenaga dalam kondisi tertentu.

Ketika anda tahu bagaimana Cara cek busi mobil tentu ini akan sangat memudahkan anda. Sehingga masalah yang terjadi pada busi mobil anda bisa teratasi. Namun jika anda belum tau bagaimana cara memeriksa busi mobil yang mati, anda bisa menyimak ulasan dibawah ini.

Cara Cek Busi Mobil Yang Mati

Komponen busi menjadi elemen pokok yang sangat mempengaruhi menyala atau tidaknya mesin kendaraan anda. Untuk mekanisme pengeccekan kondisi busi mobil, berikut caranya:

  • Buka kap mesin
  • Nyalakan mesin kendaraan anda. Bila perlu naikkan rpm / setel gas
  • Cabut satu demi satu kabel busi. Ingat, hati-hati jika terdapat kebocoran kabel busi karena bisa memicu tersetrum. Sehingga untuk mengantisipasinya anda bisa memakai sarung tangan.
  • Perhatikan ketika mencabut kabel busi. Jika kabel busi dalam keadaan normal, maka rpm mesin bisa berubah. Sementara jika kondisi busi mobil anda bermasalah maka tidak ada efek pada rpm. Walapun terkadang ada perubahan, tapi hanya sedikit (sangat sedikit).
  • Coba bandingkan busi yang sudah anda cabut dengan usi lainnya dengan tujuan untuk mengetes apakah busi tersebut normal.
  • Bila busi tersebut ternyata mati, coba bersihkan dahulu atau menggantinya dengan busi lainnya yang normal. Sebaiknya mengganti busi dengan busi yang normal dan tidak harus baru.
  • jika sudah melakukan pergantian busi tetapi hasilnya tetap sama yaitu mesin kendaraan anda tidak mau menyala. Maka segera ganti kabel busi yang normal.
Viral :   5 Aksesoris Mobil Penting yang Wajib Kamu Miliki

Gejala Busi Mobil Bermasalah

  • Selain cara cek busi mobil mati, anda juga perlu tahu jika busi mobil anda berwarna usang / kecokelatan yang berarti bahwa busi tersebut sudah mendeati masa kadaluarsa, sehingga anda harus bersiap-siap untuk menggantinya.
  • Busi mulai berwarna kekuning-kuningan atau kemerah-merahan yang bertanda bahwa terdapat hawa panas yang berlebihan pada mesin atau ini juga bisa dikarenakan oleh pendingin mesin yang bermasalah.
  • Gosong / kerak pada busi mobil anda bertanda bahwa ada kesalahan di bagian pengaturan bahan bakar. Maka solusinya anda perlu mengecek peranti kelistrikan beserta aliran bensin.
  • Bila ternyata busi mobil anda meleleh ini mengindikasikan kondisi elektroda yang gosong / meleleh karena kebocoran mesin atau karena adanya masalah kompresi yang membuat sebagian oli ikut terbakar pada mesin.
  • Terdapat kerak pada kepala busi, ini menunjukkan penyetelan bahan bakar yang buruk sehingga akibatnyaterjadi kebocoran di bagian sill klep. Dan akhirnya busi akan kemasukan oli tersebut.
  • Adakalanya busi dalam kondisi basah karena sisa-sisa pelumas ang menempel di kepala busi & elektroda. Untuk itu, periksalah timing pengapian / ritme dan perbaiki juga bahan bakarnya.
Viral :   Cara Membasmi Kecoa Di Dalam Mobil

Demikianlah Cara Cek Busi Mobil Yang Mati beserta gejala busi bermasalah dan solusinya. Jika kerusakan pada busi mobil anda terlanjur parah, amak sebaikanya segera bawa ke bengkel kepercayaana anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda 🙂