Cara Cek Ban Mobil Kadaluarsa
Cara Cek Ban Mobil Kadaluarsa

Cara Cek Ban Mobil Kadaluarsa. Penting!

Apakah anda tahu berapa usia ban mobil anda? Tahukan anda bahwa ban mobil anda juga memiliki masa pakai. Cara cek ban mobil kadaluarsa sangat penting untuk anda ketahui. Jika anda sebagai pemilik mobil, jangan sampai sepelekan ketika tanggal kadaluarsanya supaya nanti anda tidak kecewa setelahnya. Oleh karenanya, anda harus mengetahui Cara cek ban mobil kadaluarsa dengan benar untuk mencegah hal-hal yang tidak disangka.

Cara Cek Ban Mobil Kadaluarsa

Kode Produksi

Untuk mengecek Ban mobil kadaluarsa bisa dilihat dari kode produksi yang terletak pada setiap ban. Kode produksi digunakan untuk patokan dalam menentukan masa kadaluarsa pada ban dan biasanya tertera di bagian dinding ban. Contohnya jika anda melihat kadaluarsa ban mobil dengan kode produksi 3019. Artinya:

  • Dua digit pertama dari empat angkat pada kode tersebut. Merupakan tanda minggu ke berapa ban mobil di produksi (sesuai pada contoh diatas minggu ke-30). Ini berarti jika anda menghitung dari awal tahun, minggu ke 30 adalah minggu pertama pada bulan Juli.
  • Dua digit angka terakhir merupakan tahun produksi, seperti pada contoh “19” berarti ban tersebut dibuat di tahun 2019. Maka maksdunya ban mobil tersebut akan kadaluarsa pada mingge ke-3331 di tahun 2024 mendatang.
Viral :   Cara Deteksi Kampas Rem Motor Sebelum Bunyi

Perlu anda ketahui Ban sendiri adalah salah satu perangkat penting yang perannya cukup vital dalam sebuah kendaraan bermotor. Ini karena ban kendaraan merupakan satu-satunya komponen yang langsung bersentuhan pada permukaan jalan. Mengetahui Cara cek ban mobil kadaluarsa sangat penting sebab usia ban akan selalu bertambah. Semakin tua usia ban mobil anda, maka akan sangat berpengaruh pada performa kendaraan anda.

Cek kondisi Fisik pada Ban

Tak hanya melihat kode produksi untuk cek ban mobil kadaluarsa, namun anda juga perlu mempertimbangkan kondisi fisik ban. Meskipun ban kendaraan belum digunakan setelah diproduksi, tentu usianya juga akan bertambah terus. Terdapat beberapa keadaan fisik pada ban yang menandakan ban tersebut sudah masuk  masa kadaluarsa, seperti misalnya kondisi ban sudah getas serta kelenturannya berkurang. Atau bahkan kondisi ban sudah terdapat retak-retak kecil. Nah dari sinilah pentingnya anda teliti dalam memilih ban mobil serta ketahui masa kadaluarsanya sehingga mendapat ban yang nyaman serta  keselamtan berkendara terjamin.

Tidak ada Aturan Baku

Ban mobil memang mempunyai masa pakai tertentu demi menunjang keselamatan dalam berkendara. Akan tetapi kode produksi yang tertera di setiap ban bukan berarti ban tersebut sudah tak layak pakai. Maka dari sini kita tahu bahwa tidak ada aturan baku pada pemakaian ban kendaraan baru.  Sehingga bila produksi ban minggu ke-4 tahun 2014, maka bukan berarti pada bulan februari tahuhhn 2019 ban mobil tersebut sudah tidak bisa anda gunakan lagi. Walalupun masa garansi ban kendaraan telah habis, anda dapat mengecek kondisi fisik ban tersebut secara lengsung apakah masih bisa tetap digunakan atau tidak? Selama kondisi fisiknya masih baik dan layak pakai maka ban tersebut masih bisa digunakan.

Viral :   Simak 5 Tips Mencegah Agar Motor Tidak Turun Mesin

Tips Perawatan Ban Mobil

Supaya performa mobil anda tetap prima anda perlu melakukan serangkaian perawatan secara berkala, termasuk merawatan ban mobil anda. Dimana kondisi ban mobil sangat mempengaruhi akselerasi berkendara. Jangan sampai terjadi kecelakaan lalu lintas sebab ternyata ban mobil sudah gundul. Maka lakukan tips berikut ini:

– Rutin memeriksa tekanan ban mobil

– Cek permukaan ban dengan teliti

– Ganti ban dengan jenis yang sesuai bila sudah masanya

– Rutin melakukan rotasi ban mobil

Demikianlah ulasan Cara Cek Ban Mobil Kadaluarsa yang penting untuk dipraktekkan. Semoga bermanfaat 🙂