Cara Cas Aki Mobil Yang Benar
Cara Cas Aki Mobil Yang Benar

Cara Cas Aki Mobil Yang Benar Dan Gampang

Cara cas aki mobil yang benar harus anda ketahui sebagai pemilik kendaran bermotor. Mengingat pentingnya fungsi aki pada komponen mobil yang sangat diperlukan ketika mobil distarter sampai bisa menyala. Cara cas aki mobil pun bisa anda lakukan sendiri di rumah tanpa repot-repot ke bengkel.

Selain oli & bensin, listrik juga termasuk pengisi daya mesin mobil yang dibantu oleh aki supay a mobil bisa bergerak. Lampu sinyal, alarm mobil, head unit, dan lainnya ini semua bisa bekerja sebagaimana mestinya berkat aki sebagai sumber listriknya. Bukan hanya itu, aki pada kendaraan juga berperan sebagai penstabil tegangan listrik. Sampai disini tentu anda sudah tau kan seberapa pentingnya perawatan aki salah satunya Cara cas aki mobil yang benar. Lalu bagaimana Cara cas aki mobil yang baik dan benar? Yuk simak infonya dibawah ini!

Cara Cas Aki Mobil Yang Benar

Umumnya orang karena kesibukan kerja atau rutinitas lainnya hingga lupa mengecek kondisi aki mobilnya. Tiba-tiba mobil sudah tidak bisa dijalankan karena akinya kosong. Jika ini terjadi, anda tak perlu khawatir karena anda. Bisa mengecas aki kendaraan anda di rumah tanpa membawanya ke bengkel. Walaupun terlihat sepele, Cara cas aki mobil harus dilakukan dengan benar supaya usia aki anda lebih awet. Hal penting yang perlu anda siapkan sebelum mn]engecas aki adalah menyiapkan charger aki yang cocok dengan tipe aki miliki anda. Dan untuk kemanan, anda juga harus pastikan bahwa tangan anda dalam keadaan kering sehingga terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

  • Copot Aki dari Mobil

Aki yang mau dicas harus dalam kondisi terlepas dari mobil. Ingat, copot secara perlahan dengan hati-hati. Jika mobil anda mempunyai sistem ECU maka harus direset terlebih dahulu. Cara mencopot atau melepaskan aki yaitu dengan mencabut kabel aki positif hitam dahulu, lalu cabut kabel yang berwarna merah. Jika sudahm, tempatkan aki tersebut di tempat yang kering lalu bersihkan aki dengan kain lap & baking soda.

  • Cek ketinggian air aki

Selanjutnya, periksa ketinggian air aki dengan cara buku tutup ventilasinya. Jika. Volume air aki. Kurang, maka tambahkan air aki sampai sisa ⅓ dari batas atas ketinggian air. Ingat, jangan isi airnya hingga penuh, sebab elemen dalam aki dapat mengenmbang ketika dicas. Buka tutup ventilasi air aki tersebut supay a ledakan karena gas yang bertekanan bisa diminimalisir.

  • Pasang kabel charger

Selanjutnya Cara cas aki mobil adalah dengan memasangkan kabel charger aki dengan berurutan. Pastikan charger tersebut tidak terhubung dahulu dengan listrik (stop kontak). Pakailah sarung tangan untuk menghindari tersetrum. Untuk cara pasang kabelnya, sambungkan kabel negatif (warna hitam) pada port aki hitam, lalu kebel positif (warna merah) pada port aki yang merah. Jika sudah, sambungkan ke stop kontak untuk menghidupkan alat charger. Pada charger mobil biasanya terdapat 3 saklar diantaranya adalah saklar pengatur tegangan, saklar arus pengisian dan saklar untuk pengaturan waktu pengisian. Maka atur juga saklar pada charger agar mendapatkan posisi yang pas.

  • Tunggu sampai aki terisi penuh

Pada jenis charger aki keluaran terbaru biasanya sudah dibekali lampu indkator atau alarm sebagai tanda jika aki sudah terisi penuh. Waktu pengisian aki sampai penuh pun sangat beragam sesuai kapasitas yang dimiliki aki tersebut. Akan tetapi pada umumnya, pengisian aki kurang lebih memakan waktu 3 sampai 12 jam. Jika aki sudah penuh maka charger aki akan mati secara otomatis. Selanjutnya, pasang kembali aku mobil anda dan pastikan kabel yang terpasang dengan benar supaya mobil bisa menyala kembali.

Viral :   Cara Connect Bluetooth ke Mobil & Penyebab Bluetooth Tidak Connect

Perlu anda ketahui, sebenarnya cas aki mobil tidak dianjurkan melakukannya sendiri tanpa bimbingan dari. Pihak bengkel kendaraan anda. Maka dari itu, kami menyarankan, sebaiknya kunjungi bengkel kepercayaan anda untuk pengecekan aki atau pengecasan aki sekaligus pemeriksaan komponen kelistrikan secara keseluruhan. Demikianlah ulasan singkat kami tentang Cara cas aki mobil yang benar. Semoga bermanfaat 🙂