Cara Bersihkan Jok Mobil yang Kotor
Cara Bersihkan Jok Mobil yang Kotor

Cara Bersihkan Jok Mobil yang Kotor

Bagaimana Cara bersihkan jok mobil yang kotor? Apakah Anda memperhatikan perawatan jok mobil? Apakah cara membersihkan jok mobil anda sudah benar? Jok mobil merupakan salah satu perangkat dari kabin mobil yang memegang peranan sangat penting. Fungsi dari Jok mobil ialah untuk memberikan kenyamanan baik bagi penumpang maupun pengemudi, sehingga perawatannya harus diperhatikan pada jok, bukan hanya saat mencuci mobil.

Cara Bersihkan Jok Mobil dengan Mudah

Sebenarnya merawat jok mobil adalah hal yang terbilang mudah, namun butuh jadwal rutin yang harus anda lakukan secara disiplin. Membersihkan jok mobil bisa dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali sesuai dengan tingkat pemakaian kendaraaan anda.
Semakin sering mobil dikendarai apalagi dengan banyak penumpang, maka harus lebih sering pula dibersihkan. Maka tunggu saat mencuci mobil saja baru membersihkan jok. Untuk cara bersihkan jok mobil pun cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah yaitu seperti:
1. Siapkan alat pembersih
Anda harus siapkan alat pembersih yaitu vakum cleaner dan kain lap. Selain itu, anda juga perlu menyiakan bahan pembersih berupa cairan / abrasif.
2. Bersihkan kotoran dan debu
Yang pertama adalah menggunakan penyedot debu untuk menghilangkan debu dan kotoran kering dari bagian atas sprei. Selain pada bagian jok, anda juga dapat memakai penyedot debu untuk mengangkat debu pada bagian kabin lainnya.
3. Bersihkan dengan Larutan Pembersih
Selanjutnya bersihkan jok dengan larutan pembersih dengan kain dengan cara menyeka seluruh lembar hingga bersih.

Viral :   Tips Membeli Mobil Matic Bekas yang Bagus

Cara Bersihkan Jok Mobil Bahan kulit

Jika jok mobil anda terbuat dari bahan kulit, berarti anda memerlukan perhatian lebih dalam perawatannya karena membutuhkan deterjen khusus untuk membersohkan bahan kulit. Adapun caranya tak jauh beda ketika anda membersihkan  jaket / tas yang terbuat dari kulit. Pertam-tama, bersihkan dengan vakum. Lalu usapkan deterjen khusus tadi ke semua bagian jok mobil anda, lalu keringkan menggunakan kain halus. Tahap Terakhir anda bisa memakai bahan polesan kulit agar jok mobil anda tampak lebih kinclong. Manfaat dari bahan poles kulit ini tak hanya kinclong, namun juga membuat permukaan      Jadi licin, sehingga debu / kotoran tak mudah menempel.

Tips Praktis Membersihkan Jok Mobil

Selain Cara Bersihkan Jok Mobil yang Kotor, anda perlu mengetahui tips praktis bersihkan jok mobil pada kabin untuk memudahkan anda nantinya. Sebab membersihkan jok mobil harus dilakukan dengan prosedur yang benar. Dibawah ini wartaoto akan berbagi beberapa tips praktis mudah untuk menjaga jok mobil anda tetap bersih.

  • Ketahui jenis pelapisnya

    Sebelum membersihkan, Anda perlu tahu bahan apa yang akan digunakan. Ini karena semua bahan memerlukan larutan pembersih yang berbeda-beda pula. Apalagi ketika tensinya kotor. Terdapat berbagai jenis pelapis jok mobil mahal yang membutuhkan lebih sedikit perawatan. Jangan mencuci jok kulit dengan minyak kayu putih atau cairan yang dapat diwarnai. Sementara Jenis jok pelapis vinyl mudah dibersihkan asalkan tidak kasar. Namun, bahan ini harus ditangani dengan cukup hati-hati.
    Dan, ada juga jenis bahan kain, yaitu kain beludru / kain tenun yang harus dibersihkan satu per satu dan tidak dalam keadaan terpasang.

  • Bersihkan Noda Tinta

    Jok mobil sewaktu-waktu bisa kotor terkenda noda termasuk noda tinta. Noda tinta ini hanya bisa dihilangkan pada jenis vinyl saja, Sementara jenis kulit tidak dapat dibersihkan. Adapun Tipsnya adalah dengan menggunakan cairan alkohol.
    Yaitu dengan menggosok kotoran dengan lembut sampai cairannya hilang. Jika Anda tidak memiliki cairan alkohol, Anda dapat menggantinya dengan hand sanitizer.

  • Bersihkan Noda Minyak

    Selain noda tinta, jok bisa saja terkena minyak yang membuat warna jok akan terlihat berbeda. Jika dibiarkan dalam waktu lama, noda minyak dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Untuk mengatasi hal ini anda bisa memakai aseton dengan cara menggosokannya secara perlahan pada bagian yang terkena noda minyak tadi. Jika jok mobil anda berbahan kulit, maka perlu kehati-hatian menggunakannya sebab noda minyak pada bahan kulit agak sedikit sulit dihilangkan.

Demikianlah informasi tentang Cara Bersihkan Jok Mobil yang Kotor mudah dan praktis sebab bisa anda lakukan sendiri di rumah. Semoga ulasan ini bermanfaat 🙂

Viral :   Ketahui Cara Membersihkan Interior Mobil yang Tepat