3 Tips Memilih Lampu Sorot Mobil Off-road

Keberadaan lampu pada kendaraan bukan hanya membuat tampilan luar mobil jadi  menarik, tetapi juga sangat penting bagi keselamatan. Banyak pengguna mobil yang mengeluhkan lampu kendaraannya kurang terang, apalagi ketika harus berkendara di tengah hujan lebat atau kabut tebal. Hal ini tentu saja berbahaya, apalagi bagi para pengendara off-road. Untuk itu, simak tips memilih lampu sorot mobil off-road berikut ini.

3 Cara Memilih Lampu Sorot Mobil Off Road yang Harus Diperhatikan

Lampu sorot mobil awalnya memang dipakai sebagai aksesoris untuk kebutuhan off-road. Namun, lampu ini akan menjadi sumber cahaya terbaik ketika melintas di tengah hutan. Hal ini disebabkan di hutan terkadang tidak ada cahaya sedikit pun karena tertutup pepohonan yang rapat atau karena kabut tebal. Karena itu, penting bagi Anda untuk tahu cara memilih lampu sorot mobil off-road.

  1. Pahami Jenis Lampu Sorot Mobil Super Terang

Bohlam pada lampu sorot awalnya menggunakan jenis halogen. Jenis tersebut dipilih karena dianggap yang paling maksimal pancaran cahaya yang dihasilkannya. Kini, banyak yang mengandalkan bohlam jenis LED atau HPLED (High-Power LED). Hal ini karena jenis lampu LED sorot mobil sangat beragam.

Ada beberapa alasan yang membuat lampu sorot dari LED lebih dipilih ketimbang lampu halogen. Satu buah lampu LED memiliki pancaran cukup terang dengan daya listrik yang kecil. Bahkan, beberapa buah lampu LED yang digabung akan sanggup memberikan cahaya jauh lebih baik dari lampu halogen. Pilihan lampu LED kekuatan terbaru sangat beragam pilihan warnanya, yaitu  putih, kuning, biru, dan lainnya.

Viral :   Cara Membaca Ukuran Velg Mobil Mudah & Akurat

Lampu tembak mobil juga dibedakan berdasarkan sifat pancaran cahaya yang dihasilkannya. Ada bermacam-macam tipe lampu, yaitu spot, flood, dan tipe pencil beam. Ketiga tipe tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Dari segi bentuknya, lampu sorot mobil off-road model halogen ataupun LED ditawarkan dalam bentuk bulat dan persegi. Untuk pemilihan bentuk ini, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera atau kebutuhan. Semakin besar ukuran lampu sorot, pancaran cahaya yang dihasilkan akan makin terang pula.

  1. Perhatikan Penempatan Lampu Sorot

Penggunaan lampu sorot pada mobil off-road sangat dibutuhkan saat melakukan kegiatan di medan yang gelap. Selain untuk kegunaan tersebut, keberadaan lampu juga membuat mobil off-road lebih menarik.

Saat akan memasang lampu sorot, perlu diperhatikan posisi lampu tersebut, jangan sampai malah membahayakan orang lain. Ada beberapa posisi penempatan lampu mobil yang bisa dipilih.

Pertama, lampu bisa di pasang di bumper depan. Pilihan ini paling sering dilakukan oleh pemilik mobil. Saat memasangnya, pastikan arah pancaran cahaya lampu sudah diatur agar sejajar dengan lampu utama.

Kedua, lampu dipasang di atap depan mobil atau di atas kaca depan. Dengan memasang di atap depan, pencahayaan lampu bisa maksimal. Perlu diperhatikan agar cahaya lampu jangan sampai mengenai bagian kap depan karena bisa membahayakan pengemudi. Jadi, harus dipastikan jatuhnya cahaya tidak terlalu ke arah bawah.

Viral :   Sebelum Memilih Bus Primajasa, Ketahui Fasilitasnya Berikut Ini

Ketiga, lampu juga bisa dipasangkan pada pilar A dan ini adalah posisi terbaik. Karena lampu di posisi ini akan membantu pengemudi mengetahui objek lain dari arah depan saat berkendara pada malam hari. Lampu ini juga sangat membantu ketika kabut tebal turun.

  1. Harga Lampu Sorot Mobil Terbaik

Mengenai harga, lampu sorot mobil off-road ditawarkan dengan harga sangat bervariasi sesuai kualitasnya. Jika menginginkan lampu sorot yang terbaik, tentu ada harga lebih yang harus dibayar.

Lampu sorot universal dengan 8 lampu LED yang pancaran cahayanya tidak terlalu terang harganya ada di kisaran Rp200.000. Untuk lampu yang berkualitas dan siap dipakai untuk off-road dibanderol dengan harga mulai dari Rp2 juta hingga Rp6 juta. Memang, ini harga yang cukup tinggi untuk sebuah lampu mobil, tetapi kualitasnya tidak perlu diraguakan.

Tiga hal di atas sangat penting untuk diketahui saat hendak memilih lampu sorot mobil off-road yang bisa dipertimbangkan saat Anda akan membeli lampu mobil baru. Selain menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan mobil off-road yang akan dipasangi lampu, tentu Anda juga perlu menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.