Cara Bayar Pajak Mobil di Indomaret
Cara Bayar Pajak Mobil di Indomaret

Cara Bayar Pajak Mobil atau Motor di Indomaret dan Alfamart

Cara bayar pajak mobil di indomaret ataupun bayar pajak kendaraan bermotor lainnya kini sudah dipermudah dengan melalui indomaret. Pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat wajib melakukan pembayaran pajak di setiap tahunnya. Untuk pajak kendaraan sendiri dikenakan lewat biaya yang telah tercantum dalam STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Hingga saat ini, pemerintah terus bersinergi. Untuk memudahkan masyarakat diantara dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor ini. Bayar pajak mobil atau motor juga bsa anda lakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Samolnas dengan syarat mini market yang dituju sudah memilki layanan e-Samsat / Payment Point Online Bank (PPOB). Lantas bagaimana Cara bayar pajak secara online atau bayar pajak kendaraan bermotor mobil atau motor di indomaret & alfamart? Yuk simak tuntas dibawah ini!

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Indomaret

Indomaret sudah menyediakan monitor tersendiri untuk pelayanan bayar pakaj kendaraan. Jika anda ingin melakukan bayar bajak di Indomaret jangan lupa membawa. STNK asli mobil ataupun motor beserta KTP pemilik.

  • Datang ke Indomaret dan tanyakan layanan bayar pajak kendaraan kepada kasir.
  • Kemudian petugas kasir akan menanyakan data identitas seperti nomor KTP, nomor polisi kendaraan, nomor mesin, hingga nomor HP wajib pajak.
  • Jika sudah, maka di monitor akan menampilkan berapa biaya pajak yang harus di bayarkan.
  • Anda akan menerima SMS electronic Registration & Identification dari pihak POLRI. Jika pesan itu anda klik maka akan muncul gambar bukti pelunasan kewajiban pembayaran pajak beserta barcode (QR code) yang bisa anda gunakan memverifikasi pengesahan dengan menscan barcode (QRcode) apabila ada petugas razia.
  • Simpan bukti pembayaran tersebut untuk pengesahan STNK ke Polsek / Polres terdekat.
Viral :   Kelebihan serta Kekurangan Mitsubishi Outlander Sport

Barcode pada bukti pelunasan kewajiban pembayaran pajak tersebut adalah tanda bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor & bukri pengesahanSTNK yang valid dan sah. Sehingga dengan barcode (QRcode) ini anda tak perlu repot – repot ke Samsat lagi untuk mencetak TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran Pajak). Karena dalam Cara pembayar pajak mobil/motor di indomaret anda akan mendapatkan e-TBPKP yang bisa disimpan di HP ataupun dicetak sendiri.

Mengutip dari alfamart.co.id, anda juga bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan mengunjungi alfamart terdekat dan menunjukkan nomor kendaraan di STNK kepada petugas kasir. Lalu kasir akan memproses pembayaran anda sesuai biaya dengan tagihan yang ditentukan.

Viral :   Toko Knalpot Terlengkap Di Jakarta

Cara bayar pajak secara online

  • Buka atau unduh aplikasi Samolnas di GooglePlayStore
  • Klik mulai dan pendaftaran
  • lalu isi darta diri sesuai permintaan seperti nomor polisi, NIK, serta 5 digit nomor terakhir rangka kendaraan dan klik ‘lanjutkan’
  • Jika data yang anda masukkan sudah benar, maka akan mucul data lengkap mengenai kendaraan anda serta biaya yang harus dibayarkan.
  • lalu muncul kode bauar yang berlaku dalam kurun waktu 2 jam
  • pembayaran sapat anda lakukan lewat bank / channel pembayaran lainnya dengan biaya Rp 5000
  • selanjutnya anda akan mendapat e-TBPKP sera e-Pengesahan STNK yang berlku hingga 30 hari
  • Anda dapat menerima TBPKP/SKPD dan stiker pengesahan STNK yang dikirimkan Samsat lewat jasa ekspedisi menuju alamat anda yang tertera di STNK.

Demikianlah terkait Cara bayar pajak secara online a dan Cara bayar pajak kendaraan bermotor mobil atau motor di indomaret & alfamart. Semoga uulasan diatas bermanfaat untuk anda 🙂