Cara Balancing Ban Mobil
Cara Balancing Ban Mobil

Cara Balancing Ban Mobil Beserta Biayanya

Ban merupakan salah satu komponen utama pada setiap kendaraan sehingga Cara balancing ban mobil menjadi panduan penting yang harus anda ketahui. Hal ini karena ban berperan sebagai penopang berat pada kendaraan secara keseluruhan sehingga sangat memerlukan keseimbangan. Maka tidak heran jika balancing & spooring menjadi bagian dalam service mobil secara berkala. Lalu bagimana Cara Balancing Ban Mobil? Berapa biayanya?

Cara Balancing Ban Mobil

Salah satu cara balancing pada ban mobil bisa menggunakan alat Sheel Balancer. Maka tentunya langkah pertama yang mesti dilakukan adalah menyiapkan peratannya seperti mesin balance roda / wheel balancer, alat ukur, timbel, amplas, timah atau pemberat untuk keseimbangan. Jika alat – alat tersebut sudah siap, selanjutnya ikuti cara berikut ini:

  • Kendorkan mur

Cara Balancing Ban Mobil yang pertama dengan mengendurkan mur dengan kunci roda ataupun ring. Lalu gunakan. Jack stand untuk mendongkrak. Mobil anda supaya memudahkan proses melepas ban. Setelah ban mobil terlepas, singkirkan mur yang masih menempel dari ban yang mau di balancing.

  • Bersihkan pelek

Selanjutnya, pastikan tekanan ban mobil sudah sesuai dengan standaar, karena jika tekanan udara tidak sesuai standar / berlebih maka dapt membahayakan pengemudi bahkan berakibat fatal. Maka anda harus mencari tau dahulu berapa tekanan standar untuk ban mobil anda.

Viral :   Mau Beli Mobil Bekas, Tidak Hanya Pertimbangan Harga Mobil Bekas, Ini Acuan Lainnya

Jika sudah, kemudian bersihkan pelek atau pembobot dan balancer yang ada dari kotoran.

  • Pasang wheel balancer

Pasang alat untuk mendeteksi keseimbangan roda (wheel balancer). Wheel balancer sendiri berisi poros untuk menempatkan serta memutar roda lalu papan display untuk menunjukkan bagian ban yang tak seimbang, pengukur pelek dan penyeimbang yang nempel padan pelek ban. Pasang ban yang akan dibalancing pada mesin wheel balancer. Dan ingat, jangan lupa pasang kembali mur sekuat mungkin dengan menggunakan kunci ring.

  • Cara memakai wheel balancer

Jika ban sudah terpasang dengan sempurna pada mesin wheel balancer, sekarang tentukan tipe penyetelan dengan timbol selector. Atur angka di papan wheel balancer dengan cara tarik tuas mesin ke roda. Untuk yang paling kiri menunjukkan jarak mesin dengan roda, yang paling kanan menunjukkan diameter pelek, dan yang tengah untuk menunjukkan lebar pelek.

apabila angka tak sesuai dengan pengukuran, maka angka tersebut bida dirubah dengan menekan tombol a+ Atau juga bisa dengan tekan a-. Jika sudah tekan sesuai petunjuk, selanjutnya tutup penutup roda dan biarkan berputar sampai berhenti sendiri. Akan tetapi sebelum memasang roda, putar roda dahulu hingga anfka menunjukkan satu garis lurus.

Viral :   Waspadai, Inilah Penyebab Busi Motor Cepat Mati

Nah angka yang menunjukkan satu garis lurus ini adalah penanda bahwa tekanan ban pada mobil anda berarti sudah tepat dengan standar balancing ban.

  • Pasang pembobot balancer

Terakhir, Cara balancing ban mobil selanjutnya ketika keseimbangan ban telah terdeteksi, ambil pembobot balancer sesuai dengan angka yang tertera di mesin. Bila sudah terpasang, tutup ban mobil anda dan tekan kembali tombol start pada mesin. Jika wheel balancer menunjukkan hasil seimbang itu artinya proses balancing di mobil anda telah selesai dan anda tinggal memasang kembali ban mobil anda seperti sediakala.

Biaya balancing ban mobil

Untuk melakukan balancing ban mobil harga dimulai dari Rp 10 ribu hingga 30 ribu perbannya. Akan tetapi, biaya disini bervariasi tergantung pada bengkel maupun tempat service sampai proses perawatannya, maka wajara saja terdapat selisih harga.

Setelah kita mengetahui bagaiman Cara Balancing Ban Mobil Beserta Biayanya. Anda juga perlu mengerti apa sebenarnya manfaat dari balancing ban ini, diantaranya untuk:

Fungsi dan Manfaat Balancing Ban Mobil

– meningkatkan kenyamanan berkendara

– menghemat pemakaian bahan bakar kendaraan

– menghindari keausab yang tak merata di ban mobil

– meningkatkan kestabilan ketika berkedara

– membantu menjaga keawetan kaki – kai mobil (onderstel)

– membuat kemudi mobil lebih stabil