Cara Mengatasi Temperatur Mobil Naik
Cara Mengatasi Temperatur Mobil Naik

Cara Mengatasi Temperatur Mobil Naik Beserta Penyebabnya

Pernahkah anda mengalami kondisi temperatur mobil naik turun tak menentu? Tentu kondisi ini sangat mengganggu terlebih jika anda belum mengetahui penyebabnya. Temperatur mobil yang naik tidak boleh dibiarkan begitu saja, sebab akan menimbulkan kerusakan di bagian mesin mobil. Nah untuk membantu anda kini kami telah menyiapkan Cara mengatasi temperatur mobil naik beserta penyebabnya, dimana biasanya ini dikarenakan usia kendaraan yang sudah tua, akan tetapi bukan berarti kendaraan baru tidak akan mengalaminya. Tanpa berlama – lama, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab Temperatur Mobil Naik

Sebelum kita mengetahui bagaimana Cara Mengatasi Temperatur Mobil Naik, kita perlu ketahui dahulu penyebabnya suapaya tidak salah dalam penanganannya. Adapun cara mengetahui penyebabnya anda harus mengecek beberapa perangkat / komponen penting seperti:

  • Oli

Penyebab temperatur mobil menjadi naik bisa berasal dari penggunaan oli. Seperti fungsi yaitu sebagai pelumas yang menjaga mesin agar senantiasa berjalan mulus tanpa gangguan. Oli juga mempunyai peran sebagai pendingin & penyekat dalam ruang mesin. Apabila anda salah dalam memilih oli ataupun oli yang anda pakai kualitasnya kurang baik, maka ini bisa jadi penyebab temperatur mobil naik secara drastis.

  • Radiator mobil

Radiator sendiri merupakan perangkat yang berfungsi untuk mendinginkan temperatur air dalam mesin supaya mesin bisa bekerja normal. Panas yang berasal dari mesin akan diserap oleh radiator coolant yang bersirkulasi melalui water jacket pada silinder & kepala silinder. Kemudian selanjutnya cairan panas ini akan didorong ke radiator untuk didinginkan serta dialirkan kembali ke semua mesin. Mengingat pentingnya fungsi radiator disini, maka jika kinerjanya terganggu bisa membuat temperatur mobil anda menjadi naik, misalnya selangnya bocor, berkerak atau bahkan macet yang akhirnya membuat sirkulasi pendinginan terhambat.

  • Air radiator

Penyebab temperatur mobil naik drastis juga bisa karena pemilihan air radiator yang kurang tepat. Maka pastikan air radiator yang anda gunakan memang sesuai dengan standar yang dianjurkan oleh pabrikan kendaraan mobil anda.

  • Radiator bocor

Temperatur mobil anda bisa jadi naik karena perangkat radiator yang bocor. Secara umum radiator yang bobor ini karena korosi di kisi – kisi radiator. Maka dari itu, jangan lupa cek bagian ini ya.

  • V-Belt / tali kipas

Tali kipas (V-Belt) punya perang penting dalam menjaga keadaan. Temperatur mobil. Bila kinerja. Tali kipas ini tidak maksimal, maka suhu panas mobil akan susah di hindari. Maka coba cek bagian ini, apakah sop silindernya bengkok, apakah pistonnya macet, atau apakah bantalan mesin & silindernya terdapat cacat.

Viral :   Mengenal Lebih Dekat Sarung Jok Mobil Secara Mendetail

Cara Mengatasi Temperatur Mobil Naik

  • Berhentikan kendaraan serta matikan mesin sejenak
  • Buka kap mobil anda
  • Jangan buka tutup radiator
  • Cek tabungan air cadangan radiator

Jika anda menemukan beberapa kerusakan pada komponen mesin mobil anda, sebaiknya segera ganti komponen yang rusak tadi. Namun jika dirasa kerusakannya parah, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan bengkel terdekat. Dan yang perlu diingat, jangan pernah remehkan temperattur mobil yang naik tak wajar. Sampai disini dulu ya, semoga informasi ini bermanfaat ­čÖé