Cara Baca Kode Sekring Mobil
Cara Baca Kode Sekring Mobil

Cara Baca Kode Sekring Mobil Dengan Mudah

Tentu tidak ada yang ingin kendaraan kesayangannya mengalami kerusakan bukan? Akan tetapi kalau sudah rusak, terutama di bagian kelistrikan, maka anda harus bisa mencari solusinya dengan mudah, salah satunya anda perlu mengetahui Cara baca kode sekring mobil. Pasalnya masalah kelistrikan memang kerap menjadi perhatian khusus. Apalagi sistem kelistrikan pada kendaraanitu cukup kompleks, sehingga masalah kecil saja bisa jadi pusing.

Ada beberapa masalah kelistrikan yang sering kali terjadi, misalnya sepereti headlamp mati, lampu rem macet, atau perangkat radio yang tidak berfungsi sama sekali. Padahal perangkat maupun komponen – kompone tadi sangat penting. Umumnya permasalah ini dikarenakan sekring yang terputus. Jika sudah begini, anda harus segera mengganti sekering yang putus tersebut dengan yang baru. Akan tetapi dalam proses penggantian sekring ini harus dengan hati – hati. dan jangan sampai bukan membereskan sekring yang putus, anda malah salah menggantinya dan akhirnya bisa menimbulkan korslet. Nah, dengan anda mengetahui Cara Baca Kode Sekring pada Mobil, anda bisa dengan mudah mencari tahu apa sebenarnya masalah yang terjadi pada mobil anda.

Kode Sekring

Sekring mobil adalah komponen utama kelistrikan yang berperan untuk mengalirkan daya listrik ke perangkat elektronik pada mobil. Pada sekring terdapat kode – kode tertentu yang menunjukkan besaran daya serta komponen mengalirnya energi listrik. Arti dari kode sekring pun berbeda – beda terganting keberadaannya, misalnya di bagian ruang mesin & bagian kabin. Mengingat sistem kelistrikan pada mobil yang cukup kompleks, maka Cara Baca Kode Sekring Mobil Perlu dipelajari oleh pengemudi.

Viral :   Tips Membeli Air Wiper Mobil Yang bagus dan Rekomendasi Merek Air Wiper Mobil Terbaik

Cara Baca Kode Sekring

  • Power; kode sekring untuk komponen power window yaitu tegangan yang dimiliki komponen ini 30 Ampere.
  • (HTR SUB); kode sekring yang terdapat di sistem injeksi bakar sequential multisport dan beberapa sirkuit terkait ialah sistem conditioner. dibagian ini memiliki tegangan 7.5 Ampere.
  • IG1/BACK; kode ini menunjukkan sistem kelistrikan pada piranti mobil, seperti flasher darurat, sistem starting, lampu mundur, meter, serta sistem air conditoner yang memiliki tegangan listrik rata – rat 7.5 Ampere.
  • ECU IG1; merupakan kode sekering yang ada pada beberapa komponen dalam mobil. Misanya pada SRS airbag system, anti-lock brake system, serta electric power steering dengan tegangan listrik di masing – masing komponen tersebut sebesar 7.5 A.
  • (DEF); kode sekring ini terpadang di defogger kaca belakang dan memiliki tegangan arus listrik mencapai 20 Ampere.
  • (D/L); kode serking (D/L) terdapat pada sistem power door lock / sistem penguncian pintu mobil yang mempunyai tegangan arus listik 15 Ampere
  • HAZARD; adalah kode sekring yang ada di lampu sein / lampu tanda belok di abgaian kemudi mobil dengan tegangan listrik 10 Ampere
  • (CIG); kode ini terdapat di power outlet (cigarette lighter) dengan tegangan arus listrik 15 Ampere
  • ACC; adalah kode sekring yang terletak di beberapa komponen seperti sistem audio, shift lock control system & sistem kaca spion luar. Adapun tegangan listrik di masing – masing bagian tersebut sebesar 10 Ampere
  • ST; kode sekring ini juga terpasang di beberapa komponen seprti sistem injeksi bahan bakar multisport /sequel multisport & di starter. Tegangan arusnya sekitar 7.5 Ampere.
  • (FR-FOG RH); kode ini terpadang pada bagian fog lamp / lampu kabut sebelah kanan dengan tegangan listriknya 7.5 Ampere
  • (FR-FOG LH); sedangkan kode ini terpadang pada bagian fog lamp / lampu kabut sebelah kiri dengan tegangan listriknya 7.5 Ampere.
  • E/G; ini terdapat dibagian sistem injeksi bahan bakar, kipas pendingin elektrik serta pompa bahan bakar dengan tegangan arus listrik 10 Ampere
  • ECU IG2; kode sekring ini terletak pada meter, sistem kontrol shift lock serta transmisi otomatis yang bertegangan arus listrik 10 Ampere.
  • (A/C NO.2); kode ini terpasang di bagain sistem air conditioner / AC mobil dengan tegangan arusnya 10 Ampere
  • FR WIP; adalah kode sekring pada wiper & washer kaca bagian depan dan tegangan arus listriknya 20 Ampere
  • (RR WIP); ialah kode sekring wiper & washer kaca bagian belakang dan tegangan arus listriknya 15 Ampere.
Viral :   Cara Balik Nama Motor dan Manfaatnya