Cara Mengatasi Oli rembes
Cara Mengatasi Oli rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil

Cara Mengatasi Oli rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil

Jika anda sedang mengalami kondisi ini, tak perlu buru – buru ke bengkel. Karena Cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin mobil sebenarnya cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri diruamh dengan menggunakan peraltan seadanya. Apabila anda mencium bau aneh / warna asap yang berasal dari knapot dan berbeda seperti biasanya, itu tandanya kemungkinan terjadi kebocoran oli di mobil anda. Sebelum kita membahas langkah untuk mengatasi oli rembes, alangkah baiknya kita perlu mengrtahui apa saja penyebab oli jadi rembes agar masalah ini tidak terjadi berulang lagi. Diantara penyebab yang sering kali terjadi adalah

– Filter oli yang sudah usang

– Steker pembuangan oli sudah usang

– Gasket yang usang

Tentu keadaan ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa membahayakan ketika mobil tersebut digunakan berkendara. Agar lebih jelasnya, mari simak langkah untuk Mengatasi Oli rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil dibawah ini!

Cara Mengatasi Oli rembes

Jika ngobrol soal oli, mungkin beberapa orang sudah berasumsi untukk membongkar mesin kendaraannya agar mengetahui penyebab kebocorannya. Akan tetapi hal itu terlalu rumit, oelh sebab itu ikuti saja langkah – langkah mudah ini.

  • Cek kondisi baut

Pertama – tama dalam Mengatasi Oli rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil ialah dengan pemeriksaan kondisi baut. Baut yang telah lama dipakai pada kendaraan, bisa saja longgar / kendur yang akhirnya membuat oli menjadi rembes. Maka solusinya, anda tinggal kencangkan kembali baut – baut yang longgar tadi. Dan pastikan baut tidak terpasang miring, karena bila pemasangan baut yang miring ini bisa merusak ulir karter.

  • Cek kondisi ring mobil

Yang kedua, pastikan ring mobil masih terpasang dengan benar. Baut carter oli biasanya mempunyai ring yang bisa mencegah kebocoran / rembes. Maka jika ring rusak / tidak terpasang dengan baik ini bisa jadi penyebab oli mobil anda jadi rembes.

  • Gunakan seal tape

Apabila tidak ada ring di karter oli, anda bisa memakai seal tape sebagai gantina. Seal tape ini juga bisa mencegah kebocoran / oli rembes. Dan caranya sanagt mudah, anda tinggal bungkus semua ulir pada baut menggunakan seal tape. Akan tetapi kami sarankan gunakan cara yang satu ini sebagai alternatif saja ya.

  • Gunakan lem sealer

Cara Mengatasi Oli rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil berikutnya ialah memakai lem sealer. Lem ini bisa mengunci katup di mesin untuk mencegah oli rembes. Caranya anda hanya perlu tempelkan lem pada sambungan mesin agar tidak rawan bocor.

  • Gunakan lem besi

Selain memakai lem sealer, anda juga bisa memakai lem besi. Caranya pun jug asama yakni oleskan lem tersebut di area yang bocor saja. Ingat ya, hati – hati jangan sampai terkena kulit karena sifat lem besi ini sangat lengket sekali.

  • Ganti paking yang rusak / segel yang aus

Ada perangkat maupun komponen pada mobil yang memilki poros dengan sambungan yang berbeda – beda, dimana sambungan itu mempunyai gasket yang mencegah agar olii tidak bocor. Poros yang berputar akan membuat suhu naik drastis, alalu turun ke titik beku, akibatnya gasket bisa rusak & membuat oli rembes. Mungkin pada awalnya tidak banyak, namun lama – kelamaan oli yang rembes bisa semakin banyak.

  • Gunakan sealant oli mesin

Cara Mengatasi Oli rembes juga bisa anda lakukan dengan memakai sealant oli mesin. Sealant sendiri merupakan sejenis cairan untuk menutup kebocoran dari dalam. Tak hanya sebagai penutup, sealant juga bekerja sebagai kondisioner yang bisa mengembalikan segel & paking ke bentuk semula. Walaupun penggunaanya harus dicampur dengan oli mesin, anda tak perlu khawatir karena bahan sealant ini tidak akan merusak kinerja mesin kendaraan anda.

Viral :   Cara Membersihkan Lampu Mobil Dengan Pasta Gigi

Oli berperan sangat penting sebagi eplumas serta pendingin pada mesin kendaraan. Jika oli rembes maka bisa membuat mesin mobil kekuragan oli yang berakitbat gesekan pada mesin akan semakin kuat. Jika gesekan yang kuat ini dibairkan maka bisa memicu suhu yang tinggi drastis dan akhirnya kebakaran. Maka dari itu oli rembes tidak boleh disepelekan dan harus segera ditangani dengan bijak.