Cara mengatasi kampas kopling mobil habis
Cara mengatasi kampas kopling mobil habis

Cara Mengatasi Kampas Kopling Mobil Habis

Cara mengatasi kampas kopling mobil habis sebetulnya belum ada, karena komponen kamps kopling memang harus rutin diganti. Apalagi kopling pada kendaraan merupkan salah satu komponen inti dengan transmisi manual, diamna fungsi utamanya adalah untuk perpindahan transmisi menjadi halus. Kampas kopling memang tak boleh di anggap remeh atau bahakn dilupakan perawatannya, karena bisa berdampak besar ketika anda mengendarai mobil nantinya. Sama halnya seperti perangkat maupun kokmponen otomotif lainna, seiring berjalannya waktu dan lamanya penggunaan, tentu akan berpengaruh pada penurunan kinerja komponen itu sendiri. Kinerja kampas kopling pun sangat berhubungan erta dengan gesekan serta tekanan yang bisa membuat kampas mobil habis / membuat performanya menurun. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? Mari simak selengkapnya dibawah ini!

Cara Mengatasi Kampas Kopling Mobil Habis

Seperti yang dijelaskan diatas, dimana untuk mengatasi kampas kopling yang habis pada sebuah mobil sebenarnya adalah satu – satunya dengan menggantinya. Karena memang komponen yang satu ini perlu. Diganti secara berkala. Maka dari itu, kami disini akan membantu anda untuk mengganti kampas kopling sendiri agar lebih ramah dikantong. Caranya sebagai berikut:

  • Pertama untuk mengatasi kampas kopling mobil habis, anda perlu menyiapkan alat – alat yang dibutuhkan
  • Pastikan untuk melumuri grease terlebih dahulu yang ada di poros transmisi & realease bearing.
  • Kemudian pasang kampas kopling beserta. Rumah koplingnya yang baru di bagian roda gaya. Untuk pemasangannya sendiridapat dilakukan menggunakan batas pelumas untuk memudahkan anda ketika memasang poros transmisi.
  • Jika sudah terpasang. Selanjutnya anda bisa memasang baut pengikat pada rumah kopling dengan memakai kunci sok (12 mm) dengan merata. Dan jangan lupa kencangkan semua bautnya.
  • Lalu pasangkan bak transmisi dengan meletakkan bak transmisi dahulu kemudian pompa dongkrak sampai ketinggian anatara transmisi & rumah kopling berada pada posisi yang sama rata. Berikutnya dorong bak transmisi tersebut hingga maju sampai posos transmisi dapat masuk ke poros kopling.
  • Langkah selanjutnya, pasang baut pengikat pada bak transmisi menggunakan kunci berukuran 14 mm dengan cara menyilang & merata. Kemudian barulah copot jack stand yang dipakai untuk menahan mesin.
  • Jika sudah, lalu pasangkan penyangga pada bak transmisi dengan cara mengikatnya dengan 4 baut pengikat menggunakan kunci ring yang berukuran 17 mm.
  • Selanjutnya pasang kemabli poros propeller dengan memasukkan proros. Dengan cara dimulai dari depan hingga amsuk ke bak transmisi pada bagian output. Kemudian pasangkan kembali poros propeller tadi yang ada di bagain belakang memakai. 4 buah mur & 1 buah pengikat.
  • Jika sudah, sekarng pasang kembali olor kopling yang ada di garpu pembebas. Lalu pasangkan juga pegas pembalik dengan menggunakan obeng berbentuk (-) dan menggunakan tang.
  • Kemudian pasang kembali motor starter dengan 2 baut pengikat lalu hubungkan kembali kabel aki yang bersimbol (-). Kemudian lepaskan dongkrak dan selesai.
  • Untuk tahapan terakhir dalam mengatasi kampas kopling mobil yang habis. Anda harus menguji dahulu dengan menggunakannya dijalan raya. Jika memang tidak terjadi masalah, berarti memang sudah tuntas.
Viral :   Pengaplikasian Peninggi Shock Belakang

Demikianlah tips terkait mengatasi kampas kopling mobil habis dari wartaoto. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂