Cara Mengatasi Fan Belt Mobil Bunyi
Cara Mengatasi Fan Belt Mobil Bunyi

Cara Mengatasi Fan Belt Mobil Bunyi

Fan Belt mobil anda tiba – tiba berbunyi? Kali ini anda tak perlu khawatir lagi, sebab wartaoto.com sudah merangkum Cara Mengatasi Fan Belt Mobil Bunyi yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Dalam beberpa kasus mesin kendaraan mengeluarkan bunyi decitan ketika baru dinyalakan, dimana kondisi ini biasa terjadi pada mobil – mobi yang sudah dipakai dalam kurun waktu tahunan. Asal bunyi atau suara decitan ini bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor, diantara nya berasal dari fan belt.

Apa Itu Fan Belt

Fan Belt sendiri merupakan karet kipas yang memiliki fungsi penting pada mesin mobil. Tali kipas yang terbuat dari imitasi karet serta naja ini berperan untuk menngerakkan serta menghubungkan perangkat yang ada dalam mobil ketika mesin dihidupkan mulai dari water pump, power steering, alternator serta kompresor AC. Akan tetapi bila fungsi Fan Belt tidak bekerja optimal, akibatnya kinerja sistem lain juga akan terganggu. Salah satu gelaja fan belt menurun kinerjanya ialah dengan munculnya bunyi decitan mirip seperti sura tikus atau biasa disebut belt dressing. Jika kondisi seperti ini anda alami, lalu bagaimana Cara Mengatasi Fan Belt Mobil Bunyi tersebut? Yuk temukan jawabnya di bawah ini!

Penyebab Fan Belt Mobil Berbunyi

Secara umum. Terdapat beberapa penyebab timbul nya suara maupun bunyi decitan pada fan belt mobil. Pertama; bunyi decitan fan belt bisa jadi penanda bahwa tali kipas sudah getas atau sudah rapuh. Sebab fan belt berfungsi menggerakkan berbagai perangkat dalam mobil, akan tetapi jika elastisitas karet pada fan belt menurun atau getas maka ketika berputar & bertemu pulley akan menimbulkan bunyi.

Viral :   Cara Mendapatkan Mobil Bekas Murah Berkualitas

Kedua; fan belt berbunyi bila tali kipas tahan panas ini mengering, sebab fan belt yang kering akan membuat karet pada fan belt menjadi tidak dapat memutar dengan sempurna dan akibatnya mengeluarkan suara decitan.

Ketiga; Penyebab fan belt mobil berbunyi decitan juga bisa dipicu karena adanya masalah pada pulley, misanya seoerti kotoran yang menempel di pulley, kotor, terciprat air atau bahkan kering. Kondisi inilah yang memjadikan kinerj apulley  cukup berat serta membuat karet fan belt tidak bisa menggerakkan pulley dengan maksimal sehingga pada akhirnya menimbulkan  bunyi decitan.

Cara Mengatasi Fan Belt Mobil Bunyi Decitan

Setelah kita memahami penyebab fan belt mobil yang bunyi, maka kita perlu tau juga langkah untuk mengatasinya. Sebelum anda repot – repot  memutuskan ke bangkel untuk memperbaikinya atau bahkan mengganti perangkat fan belt ini, alangkah baiknya anda atasi dengan cara berikut:

  • Bersihkan perangkat Fan Belt & Pulley

Langkah yang paling pertama untuk Mengatasi Fan Belt Mobil Bunyi ialah dengan membersihkan fan belt beserta pulley. Sebab kotoran yang menempel pada perangkat ini bisa jadi penyebab muncul nya suara decitan. Ketika membersihkannya, anda perlu melepaskan terlebih dahulu semua pulley yang terhubung dengan tali  kipas untuk memastikannya betul – betul bersih.

  • Semprot air sabun

Cara selanjutnya adalah dengan menyemprotkan cairan air & sabun. Langkah ini bisa anda lakukan untuk mengurangi bunyi decitan pada fan belt, akan tetapi solusi yang satu ini hanya bersifat sementara saja sebelum anda memperbaiki atau mengganti perangkat fan belt mobil anda.

  • Beri pelumas pada Fan Belt

Untuk mengurangi bunyi decitan pada fan belt anda bisa lumuri dengan pelumas pada fan belt / pulley. Karena salah satu  faktor penyebab fan belt berbunyi decitan itu karena tali kipas yang kering. Pelumas akan membuat kerja putaran fan belt menjadi lebih lancar. Dan perlu diingat, jangan terlalu banyak memberi pelumas karena jika terlalu banyak bisa menyebabkan selip dan membuat fan belt mobil anda semakin berbunyi keras.

  • Semprotkan cairan pembersih khusus

Selain menggunakan air sabun atau dengan lumuran eplumas, anda juga dapa menyemprotkan  cairan khusus belt dressing yang kini sudah banyak tersedia di pasaran. Cairan ini diyakini ebih aman digunakan pada fan belt dan juga bisa meredam bunyi decitan sementara waktu.

  • Setelah kembali fan belt

Elastisitas / kurang ketegangan pada fan belt bisa membuatnya mengeluarkan bunyi decitan. Maka dari itu, anda perlu menyetel ulang fan belt mobil anda jika dirasa kendor.

  • Bawa ke bengkel

bial berbagai cara diatas belum mengatasi masalah anda dan bunyi decitan dari fan belt masih terus erngiang – ngiang bahkan semakin bising. Maka solusinya segera lakukan perawatan ke bangkel mobil keprcayaan anda karena ini bisa menjadi tanda bahwa terdapat masalah yang serius dibagian fan belt.

Viral :   Cara Menghidupkan Motor Hilang Kompresi

Untuk menghindari fan belt mobil berbunyi tentu anda harus melakukan cek rutin pada perangkat fan belt dan melakukan service mobil secara berkala. Demikianlah informasi terkait. Cara Mengatasi Fan Belt Mobil Bunyi dari wartaoto. Semoga bermnfaat 🙂