Cara Merawat Suspensi
Cara Merawat Suspensi Sepeda Motor Agar Tetap Awet

Cara Merawat Suspensi Sepeda Motor Agar Tetap Awet

Cara Merawat Suspensi Sepeda Motor Agar Tetap Awet bisa menjadi solusi terbaik untuk anda. Apalagi di zaman sekarang yang apa – apa serba naik. Perawtan suspensi sepeda motor perlu anda lakukan untuk menjaganya tetap awet. Suspensi atau shockbreaker merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan bermotor yang memilki fungsi utama yakni untuk meredam berbagai getaran yang berasal dari permukaan jalan. Tentu komponen ini sangat berkaitan erat dengan kenyamanan ketika berkendara.

jika suspensi rusak atau bermasalah maka akan ada beberapa efek yang akan mengganggu, misalnya seperti akselerasi berkurang, handling motor menjadi tidak enak,, atau bahkan bisa membahayakan keselamatan. MEngutip dari laman oto.com, Menurut Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha, biasnya pemiliki motor sering kali mengabaikan kondisi suspsensi karena memiliki asumsi bahwa suspensi adalah komponen yang jarang rusak, padahal suspensi pun harus dirawat secara rutin juga. “Suspensi punya peran penting supaya motor tida menerima terlalu besar beban akiabt guncangan yang terjadi” kata Muslian. Mengingat betapa pentingnya fungsi dari suspensi pada sepeda motor, Muslian juga memberikan tips Cara Merawat Suspensi Sepeda Motor Agar Tetap Awet yang bisa menunjang aktifitas keseharian anda. Yuk Simak Sampai tuntas ya!

Viral :   Melihat Harga Mobil Honda Mobilio dengan Fasilitas Terbaik

Daftar Isi

Cara Merawat Suspensi Sepeda Motor Agar Tetap Awet

  • Jaga Kebersihan Suspensi

Cara Merawat Suspensi Sepeda Motor Agar Tetap Awet yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan komponen suspensi itu sendiri. Jika kotoran pada suspensi tak segera dibersihkan dan dibiarkan berlarut – larut makan dapat membuat lecet inner tube / batang suspensi. Akibatnya suspensi bisa bocor dan kinerjanya menurun. Untuk itu anda harus mencuci sepeda motor secara rutin dan bersihkan bagian suspensi dengan teliti. Bila terkena hujan, maka pastikan anda segera mencuci motor dengan air bersih terutama dibagian suspensi. Sebab sifat korosi air hujan dapat merusak suspensi /shockbreaker secara perlahan.

  • Hindari jalan yang rusak

Cara Merawat Suspensi selanjutnya ialah hindari jalan yang rusak. Meski fungsi utama suspensi ini sebagai peredam getaran, namun juika anda sering meintasi jalan yang bergelombang maka bisa beresiko mengurangi umur suspensi. Apalagi jika anda melewati jalan. Berlubag dengan kecepatan tinggi, ini dapat menyebabkan suspensi bocor karena mendapat goncangan yang keras tanpa jeda.

  • Jangan membawa beban yang terlalu berat

Pada setiap kendaraan memiliki batas maksimal beban yang diangkutnya sesuai buku petunjuk. Jika dipaksakan membawa beban berlebih maka akan mengganggu performa kendaraan itu sendiri, terutama dibagian suspensinya. Sebab suspenpsi akan bekerja ekstra diluar kemampuannya.

  • Ganti oli suspensi dengan rutin

Berikutnya Cara Merawat Suspensi Yang tak kalah penting ialah dengan mengganti oli ataupun pelumas dalam suspensi sepeda motor secara rutin. Untuk penggantiannya sendiri biasanya setiap 15.000 hingga 20.000 km atau setara dengan pemakaian  hingga 2 tahun. Akan tetapi jika sering membawa beban berat atau sering melewati lintasan jalan yang tidak rata, maka sangat dianjurkan untuk mengganti oli suspensi lebih cepat.

  • Jangan pakai assesories & memodifikasi suspensi

Terakhir, jika anda ingin memilki suspensi yang awet, maka hindari pemasangan assesories atau anting pada suspensi. Pemasangan anting ini justru membuat bagian belakang kendaraan tampak lebih tinggi, akibatnya akan membuat suspensi tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Viral :   Cara Memilih Subwoofer Mobil Yang Bagus

Demikianlah informasi terkait Cara Merawat Suspensi Sepeda Motor Agar Tetap Awet yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat 🙂