Cara Memperbaiki Switch Dinamo Starter Mobil
Switch Dinamo Starter

Cara Memperbaiki Switch Dinamo Starter Mobil

Cara Memperbaiki Switch dinamo Starter Mobil ada beberapa yang harus anda lakukan. Apalagi komponen ini cukup penting dalam sebuh mobil karena dapat membantu efisiensi ketika menyalakan mobil. Switch starter pada mobil tentu memiliki komponen pendukung kinerjanya, salah satunya dinamo starter. Bila dinamo starter pada mobil mulai lemah maka akibatnya mobil akan sulit untuk dinyalakan. Nah sebelum kita menginjak ke Cara Memperbaiki Switch Dinamo Starter Mobil, setidaknya kita perlu mengetahui apa saja penyebab dari rusaknya switch starter pada mobil anda. Mari simak sampai habis ulasan dibawah ini.

Ciri – ciri Switch Starter Mobil rusak

  • Timbul bunyi mendesing dan gemeretak

Adanya bunyi gemeretak ini kaitannya dengan antar gigi pada gear pinion dengan gigi yang ada pada ring gear mesin. Nah jika 2 gear pada dinamo starter aus atau bahkan rusak, maka akan timbul suara mendesing / gemeretak. Jika suara ini terdengar semakin keras berarti kerusakan ayng terjadi pun semakin parah

  • Mesin sulit distarter dalam kondisi panas

Ciri lain yang merupakan tanda bahwa Switch Dinamo Starter Mobil rusak atau sedang bermasalah yaitu mesin menjadi snagat sulit distarter ketika kondisi mobil baru selesai digunakan atau masih dalam kondisi panas. Sementara, saat kendaraan mobil dibiarkan terparkir dalam jangka waktu yang cukup lama atau mesin dingin, maka mesin menjadi lebih mudah untuk distarter dan tidak menunjukkan gejala apapun. Nah berarti pada mobil tersebut terdapat resistenasi kumparan yang jumlahnya semakin besar. Ketika panas mesin terkena bagian body solenoid, alhasil nilai tahanan yang berasa di kumparan akan semakin membesar pula. Dan hal ini akan berpengaruh juga pada arus listrik yang tertahan & tidak bisa mengalir dengan sempurana ke kumparan.

  • Aki soak

Selanjutnya ciri Switch Dinamo Starter Mobil yang rusak bisa dilihat dari aki yang sudah soak atau mulai melemah. Karena jika aki sudah soak akan berdampak pada sistem starter mobil yang juga ikut pelambat. Kondisi ini bisa anda tandai ketika menyalakan mobil maka akan muncul suara starter yang putus – putus atau tidak normal. Untuk itu silahkan cek bagian aki, karena bisa jadi sambungan akinya kotor atau korslet dan habis.

Viral :   Cara Merawat Kaca Mobil Agar Terhindar dari Jamur dan Baret

Selanjutnya setelah memahami ciri – ciri dari fungsi Switch Dinamo Starter Mobil yang telah menurun atau bahkan rusak, kita perlu segera melakukan tindakan yang tepat agar kerusakan tidak merajalela serta merambat ke bagian komponen lainnya. Permasalahan pada bagian Switch Dinamo Starter Mobil seringkali membuat mobil mogok mendadak bahkan sampai mati total. Dibawah ini sederet cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki kerusakan pada Switch Dinamo Starter Mobil.

Cara Memperbaiki Switch Dinamo Starter Mobil

  • Cek bagian soket otomatis psa dinamo strater

– Periksa bagian kleman kabel aki yang terdapat pada terminal positif & negatif

– Pastikan berbagai bagian komponen mobil bisa jadi ada baut yang kurang kuat atau longgar

Viral :   Inilah Bukti Sewa Bus Bali Sudah Dipercaya dan Aman

– Bila tak ditemukan baut yang longgar / kotor, maka berarti kondisi aki mobil anda sedang kurang baik dan memerlukan penangan dari makanik bengkel

– Memperbaiki dinamo starter juga bisa dengan menjumper aki dengan cara mendorongnya dan solusi ini hanya bisa dipakai pada mobil gigi dan tidak berlaku untuk mobil matic.

Pada poin pertama ini hanya bisa dilakukan pada mobil gigi bukan pada mobil matic. Hal ini dikarenakan sifat matic sangatlah berbeda dengan mobil yang bermesin diesel.

  • Cek kabel aki

– Pastikan pada bagian setrum mobil, apakah kabel aki berkerja sebagaimana mestinya dan apakah ada yang bagian yang longgar. Jika sudah anda pstikan aman semua namun permasalahan nya belum teratasi maka serahkan ke bengkel.

– Pastikan segera lakukan tindakan bijak saat terjadi masalah pada dinamo starter dan jangan membiarkannya terlalu lama karena dapat merembet ke bagian lainnya.

– Terakir, pemeriksaaan pada kabel aki harus dilakukan secara rtuin. Pasalnya kabel aki pada mobil ini punya pengaruh yang sangat besar terhadap permasalahan sebuah mobil. Maka disini diperlukan ketelitian yang cukup tinggi dalam melakukan pemeriksaan kabel.

Demikianlah ulasan lengkap dari wartaoto.com tentang Cara Memperbaiki Switch Dinamo Starter Mobil. Semoga pembahasan di atas bisa menjadi referensi terbaik untuk anda 🙂