Cara Atasi Alarm Mobil yang Error

4 Cara Atasi Alarm Mobil yang Error

Alarm merupakan salah satu cara untuk menjaga keamanan kendaraan. Namun, tidak selamanya alarm selalu dalam kondisi baik. Beberapa hal bisa saja terjadi pada alarm mobil. Kadang, alarm tiba-tiba mengalami eror, misalnya tidak mau merespons remote atau bisa juga ada sensor lain yang menyebabkan alarm berbunyi. Untuk itu. artikel ini akan membahas cara mengatasi alarm mobil yang eror agar Anda tidak panik.

4 Tips Atasi Alarm Mobil yang Error dengan Mudah

Alarm mobil yang mengalami masalah tentu saja ada penyebabnya. Jadi, Anda perlu mengetahui penyebabnya dahulu sebelum bisa mengatasinya. Berikut ini tips memperbaiki alarm mobil lengkap dengan penyebabnya.

  • Mengganti Aki

Alarm kendaraan berfungsi sebagai pemberi peringatan jika terjadi sesuatu pada mobil. Sering kali, aki mobil yang sudah lama digunakan menjadi soak. Aki yang soak ini bisa menjadi penyebab alarm mobil menjadi eror. Alarm yang rusak karena aki soak ditandai dengan suara alarm yang terdengar melemah ketika Anda membuka pintu mulai.

Namun, tenang saja karena aki soak ini bisa diperbaiki dengan mudah. Caranya cukup mengganti aki mobil dengan yang baru. Perlu diingat, pada saat mengganti aki, kondisi mobil harus mati. Lalu, buka kap mesin dan ganti akinya.

  • Memperbaiki Sekring

Cara atasi alarm mobil yang eror bisa dilakukan dengan mengganti sekring mobil. Sekring merupakan komponen kelistrikan yang ada pada mobil yang tugasnya menjaga arus listrik. Jika sekring mengalami kerusakan, otomatis komponen mobil yang berhubungan dengan listrik akan mengalami gangguan, begitu juga dengan alarm mobil.

Viral :   Harga Mobil Yaris Terbaru Semua Tipe dan Spesifikasi

Satu-satunya cara untuk mengatasi sekring yang rusak adalah Anda harus menggantinya dengan sekring yang baru. Cara menggantinya adalah buka panel sekring. Biasanya, panel ini berada di bawah kemudi atau dasbor, tetapi posisi sekring berbeda-beda pada setiap mobil. Untuk itu, cek buku manual untuk mengetahui posisi pastinya.

Selanjutnya lepas sekring yang lama, kemudian ganti dengan yang baru. Alarm mobil akan berbunyi pada saat pintu mobil dibuka paksa, bergeser, atau kaca mobil dipecahkan.

  • Perbaiki Frekuensi Alarm

Cara kerja alarm mobil adalah dengan menggunakan gelombang radio. Jika alarm tiba-tiba berbunyi dan eror, bisa saja hal itu disebabkan mobil diparkir di dekat tempat yang memiliki gelombang radio.

Gelombang audio pada alarm akan terganggu pada saat mobil diparkir di dekat menara pemancar radio atau Base Transceiver Station (BTS) sehingga sinyal dari remote alarm akan sulit mencari receiver-nya. Hal ini disebabkan sinyal tersebut terganggu oleh gelombang radio lain. Memperbaiki frekuensi alarm dapat membantu alarm menemukan frekuensinya kembali.

Viral :   Cara Mudah Mengganti Air Radiator Mobil Sendiri

Jika alarm mobil eror karena hal ini, cara memperbaikinya sangat mudah, yaitu cukup dengan mendekatkan remote ke mobil. Dengan begitu, alarm mobil menemukan frekuensinya kembali dan remote pun akan terhubung kembali dengan receiver di mobil.

  • Mengganti Baterai Remote Alarm

Alarm yang eror juga bisa diatasi dengan mengganti baterai remote-nya. Inilah cara yang paling mudah dan sering dilakukan. Hal ini disebabkan baterai remote alarm yang sudah habis sering menjadi penyebab alarm mobil tidak responsif atau eror.

Sebelum membeli baterai remote alarm, pastikan Anda sudah mengecek model baterai apa yang dipakai. Ada dua model yang biasa dipakai untuk remote alarm, yaitu model pipih dan model baterai konvensional yang ukurannya A27.

Dengan empat cara mengatasi alarm mobil yang eror tersebut, alarm mobil bisa normal kembali. Beberapa hal di atas cukup mudah untuk dilakukan sendiri tanpa harus memanggil teknisi mobil atau membawa mobil ke bengkel. Jika mengalami masalah dengan alarm mobil, cobalah mempraktikkan langkah- langkah di atas.