Ini Dia Cara Mengatasi Mesin Motor yang Berasap

Mesin motor yang berasap akan membuat pengguna jalan di belakangnya menjadi terganggu sebab asap yang keluar dari knalpot akan lebih banyak dan bahkan begitu terlihat. Keluarnya hasil pembakaran mesin merupakan hal yang biasanya. Namun, jika intensitasnya terlalu sering menjadi indikasi bahwa ada bagian motor mengalami masalah.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari salah penggunaan oli, tidak rutin melakukan servis, knalpot kotor, dan masih banyak lagi. Jika mesin motor kerap mengeluarkan asap secara berlebihan, sebaiknya segera lakukan pengecekan dan perbaikan agar kerusakan tidak semakin parah. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mesin motor yang berasap.

Cara Mengatasi Mesin Motor yang Berasap

Langkah paling tepat untuk mengatasi kondisi mesin motor yang berasap memang langsung membawanya ke bengkel. Namun, jika ingin melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Cek Ring Piston

Ring piston bisa saja aus karena pemakaian kendaraan secara jarak jauh terus-menerus. Kondisi ring piston yang tidak kokoh lagi akan membuat oli masuk ke ruang bakar secara lebih banyak. Oli yang berada di bak yang masuk ke ruang bakar secara masif akan membuat kendaraan lebih banyak mengeluarkan asap.

Apabila kerusakan memang terjadi di bagian piston, maka cara memperbaikinya adalah dengan mengganti komponen tersebut. Lakukan penggantian di bengkel servis terpercaya agar perbaikan menjadi lebih lancar.

Bersihkan Knalpot

Knalpot yang bersih tidak akan menimbulkan asap yang begitu banyak, begitu pula sebaliknya. Knalpot yang berkerak akan membuat asap kendaraan menjadi tidak tersaring. Apabila penyebabnya karena knalpot yang kotor, Anda dapat membersihkan area tersebut.

Caranya dengan memberikan oli maupun cairan khusus pembersih knalpot. Anda bisa memperoleh pembersih knalpot di toko perlengkapan motor maupun bengkel servis. Lakukan pengecekan secara lebih teliti dan servis rutin agar kondisi demikian tidak sering dialami.

Baca Juga  Tips Perawatan Mobil Matic Agar Selalu Prima

Perhatikan Oli yang Sering Digunakan

Perhatikan bagaimana oli yang Anda gunakan. Apakah oli mesinnya terlalu encer atau sebaliknya. Apabila oli mesin terlalu encer, maka cairan tersebut akan mudah masuk ke area sela-sela mesin. Overheating atau kondisi mesin yang terlalu panas juga bisa menyebabkan timbulnya asap berlebih.

Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan kendaraan akan menyebabkan panas berlebih. Jangan gunakan oli yang terlalu encer maupun kental. Meskipun harganya lebih mahal, tetapi jika berefek baik pada kendaraan maka harga tersebut terbilang sebanding. Jangan lupa untuk mengganti oli secara teratur agar tidak berefek pada kendaraan Anda.

Periksa Sel Katup

Sel katup pada mesin motor berguna untuk mencegah kebocoran di bagian manifold. Selain ring piston yang aus, sel katup juga bisa mengalami hal serupa apabila motor sering digunakan perjalanan jarak jauh terus-menerus.

Baca Juga  Sebelum Beli, Kenalan Yuk dengan Knalpot Ninja 250

Sel katup yang aur akan membuat laju mesin menjadi lebih berat sehingga memungkinkan asap keluar lebih banyak. Anda dapat mengganti sel katup di bengkel terpercaya agar perawatan motor lebih maksimal dan tanpa kendala apapun.

Cek Liner Silinder

Liner silinder memiliki cara kerja yang berhubungan dengan ring piston. Apabila ring piston mengalami aus, bisa dipastikan liner silinder juga harus diperiksa. Sebab ring piston bergesekkan dengan komponen berbentuk tabung ini.

Liner silinder yang aus akan menyebabkan oli mudah masuk ke bagian ruang bakar. Kendaraan pun akan dengan mudah mengeluarkan asap. Anda bisa membubut ulang liner silinder untuk memperbaiki kerusakan komponen satu ini.

Agar kondisi mesin motor yang berasap tidak sering terjadi, sebaiknya lakukan perawatan secara teratur. Pastikan pula Anda memilih bengkel servis yang tepat dengan teknisi yang sudah teruji. Semoga bermanfaat.