Pemula Wajib Tau, Begini Tips Cara Pakai Kunci Torsi Yang Benar

Cara Pakai Kunci Torsi – Kunci Torsi atau biasa disebut kunci momen merupakan sebuah alat perkakas tangan yang diperuntukan untuk mengeratkan mur atau baut dengan spesifikasi tingkat kekuatan serta kekencangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Fungsi Kunci Torsi

Dari definisi diatas sehingga kita tahu jika fungsi kunci torsi adalah untuk mengencangkan mur atau baut sesuai dengan cara menyeting tingkat kekencangan sehingga momen puntir yang diberikan bisa sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Kunci torsi memiliki bentuk yang Sisinya dapat dipasang kunci soket menyesuaikan dengan ujung ukuran mur atau baut yang akan dieratkan di kunci torsi. Selain itu, terdapat jarum penunjuk & angka-angka yang menunjukkan nilai kekuatan yang kuat dari mur maupun baut yang dieratkan pada ujung yang lain (berdekatan dengan pegangan kunci momen). Jarum akan menyesuaikan kekuatan pengencangan yang diberikan.

Viral :   Undang-undang Ini Atur Larangan Aktivitas saat Bermotor

Terdapat kunci soket di bagian ujung kunci torsi yang digunakan untuk mengeratkan baut. Kunci torsi ini hanya digunakan untuk pengerjaan akhir saja, tetapi untuk memasang dan memutar baut di awal menggunakan peralatan yang biasa, seperti kunci ring, soket, atau kunci pas, baru setelah dirasa sudah cukup kencang, diputar dengan menggunakan kunci torsi.

Nah bagi kamu yang belum paham tentang cara pemakaiannya, berikut ini adalah cara pakai kunci torsi yang benar :

Cara Pakai Kunci Torsi

  • Pertama-tama kendorkan mur penyetel, selanjutnya geser skala tingkat kekencangan mur hingga kondisi jarumnya berada pada angka kekencangan yang dibutuhkan. Angka kekencangan antara mur satu dengan mur lainnya harus sama agar tidak terjadi kebengkokan yang dikarenakan perbedaan tegangan, kemudian kencangkan mur penguncinya.
  • Selanjutnya pasang kunci soket sesuai dengan ukuran mur yang nantinya akan dipasang dengan menggunakan kunci torsi.
  • Masukkan kunci soket pada mur yang sudah terpasang pada benda yang akan dikencangkan.
  • Tempatkan tangan Anda yang dominan pada tangkai kunci torsi dan tangan satunya pada bagian ujung penggerak, tarik tangan pada tangkai kunci torsi sampai terdengar bunyi klik.
  • Untuk pengencangan yang momen putarannya besar, disarankan agar dilakukan secara bertahap. Misalnya pengencangan dengan torsi 8 kg, maka dibagi jadi beberapa tahap mulai dari 4 – 6 – 8 kg.
Viral :   4 Cara Atasi Alarm Mobil yang Error

Cara pakai kunci torsi yang benar sangat penting dilakukan untuk memantau baut dan mur di area kritis, seperti kepala silinder di sebuah motor. Masing-masing spesifikasi mesin memiliki standar tingkat kekencangan yang berbeda-beda, dan Anda dapat membaca standarnya di masing-masing buku panduan atau manual mekanisme mesin. Untuk memastikan tingkat kekencangannya sama antara baut dan mur yang akan dipasang. Semoga bermanfaat.