Tips Merawat Rem Motor Agar Tetap Awet

Rem motor merupakan komponen penting agar laju kendaraan dapat terkontrol. Bayangkan apabila sebuah kendaraan tidak memiliki rem, tentu akan berbahaya bagi penggunanya serta orang sekitar. Pentingnya komponen satu ini mengharuskan perawatan yang dibutuhkan lebih ekstra. Tujuannya agar motor tetap awet dan menjamin keselamatan berkendara.

Biasanya, rem akan mengalami penurunan fungsi setelah sekian lama digunakan. Jika tidak diatasi sedini mungkin, potensi blong tidak akan terelakan. Kondisi seperti itu tentu tidak diharapkan siapa pun. Maka dari itu, pastikan perawatan rem motor dilakukan secara rutin. Berikut ini tips merawat rem motor agar tetap awet.

Tips Merawat Rem Motor

Agar cakram rem tetap awet dan tidak berdampak buruk pada kendaraan, perawatan secara teratur sangat diperlukan. Anda bisa melakukan sejumlah hal berikut ini dalam merawat rem agar hasilnya tetap optimal.

  • Kuras Minyak Rem Secara Rutin

Seperti halnya oli mesin, rem juga memerlukan pelumas, tetapi pelumasnya berbentuk minyak rem. Minyak rem berguna agar bagian motor tersebut tetap bekerja optimal tanpa khawatir seret. Kadang kala, minyak rem harus dikuras secara rutin.

Viral :   Cara Menghitung Pajak Motor Serta Cara Membayarnya

Biasanya, rem yang sudah mulai luntur keakuratannya bisa disebabkan karena minyak rem harus dikuras. Ketika melakukan servis, Anda bisa meminta teknisi untuk melakukan pengurasan minyak rem. Pilih merk minyak yang berkualitas agar rem lebih awet.

  • Cek Piringan Cakram

Piringan cakram pada motor berguna sebagai bagian dari bekerjanya rem. Jika piringannya saja berkarat, maka peforma rem akan kendur. Cek bagaimana kondisi piringan cakram motor Anda. Namun, apabila piringan cakramnya original, biasanya tidak akan berkarat.

Meskipun demikian, perawatan secara optimal tetap diperlukan. Anda bisa melumasinya dengan oli, membersihkannya dari debu, dan perawatan ringan lain agar komponen satu ini tetap bekerja secara optimal tanpa khawatir karat.

  • Periksa Selang Rem

Sering-seringlah mengecek selang rem. Selang rem merupakan komponen yang menghubungkan tuas dengan piringan cakram. Jika mengalami kerusakan, tentu saja akan berbahaya bagi kendaraan.

Kerusakan komponen ini bisa terjadi karena berbagai macam faktor, misalnya saja bocor, tertekuk, serta perawatan yang salah. Apabila rem dirasa kurang bekerja secara optimal, sebaiknya periksa komponen satu ini. Ketika mendapati hal yang tidak biasa, segera bawa kendaraan ke tempat servis.

  • Ganti Kanvas dan Seal Master Rem

Kadangkala handle rem sudah mulai keras dan sulit ditekan. Jika kondisinya demikian, sebaiknya ganti seal master rem menggunakan yang baru. Penggantian komponen secara tepat akan membuat peforma kendaraan menjadi lebih optimal.

Viral :   Penyebab Mesin Motor Panas Berlebihan

Mengganti kanvas rem memang tidak bisa dilakukan sendiri. Terlebih jika Anda adalah orang yang awam di bidang otomotif. Biasanya rem yang sudah tidak tajam lagi mengindikasikan kanvas yang harus diganti secepat mungkin Sebaiknya segera bawa kendaraan ke bengkel agar penggantian kanvas lebih aman dan motor bisa digunakan secara normal lagi.

  • Lakukan Servis Berkala Secara Rutin

Jangan sampai Anda melewatkan hal satu ini. Anda harus rutin melakukan servi, baik secara ringan maupun berat. Komponen-komponen dalam motor memang kadang kala cepat aus sehingga memerlukan perhatian ekstra. Selain itu, rajin mengganti oli mesin juga harus dilakukan.

Jika Anda rutin melakukan servis, kondisi rem juga akan tetap terjaga. Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi kerusakan secara lebih awal. Pastikan pula servis motor dilakukan di bengkel tepercaya.

Nah, itu dia beberapa tips merawat rem motor agar tidak mudah rusak dan selalu awet. Rawatlah kendaraan semaksimal mungkin agar berumur panjang dan tidak mudah mogok. Semoga bermanfaat.