Spesifikasi dan Harga Tesla Model 3 di Indonesia

Impian akan mobil listrik yang mewah dan canggih dengan harga yang cukup ekonomis akhirnya terwujud dengan hadirnya Tesla Model 3. Diperkenalkan sejak tahun 2017, mobil ini meluncur ke pasaran pada tahun 2019. Dibandingkan tipe lainnya, harga Tesla Model 3 ini adalah yang termurah. Seperti apa spesifikasi kendaraan ini dan berapa kisaran harga untuk tiap serinya? Tulisan ini akan memberikan jawabannya untuk Anda.

Spesifikasi Tesla Model 3

Di Indonesia, Tesla Model 3 dipasarkan dalam tiga pilihan varian, yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance. Ketiganya memiliki kapasitas 5 kursi. Berikut spesifikasi umum untuk Tesla Model 3 yang dirilis pada tahun 2019.

  • Baterai : 400 kWh
  • Motor elektrik : dual motor all drive/rear wheel drive
  • Dimensi : Panjang 4.694 mm, lebar 1.885 mm, dan tinggi 1.435 mm, jarak sumbu roda 2.870 mm, dan ground clearance 140 mm
  • Berat kosong : 1.847 kg
  • Suspensi depan : virtual steer axis dengan coil over twin-tube shock absorbers and stabilizer bar, double wishbone
  • Suspensi belakang : Independent multi-link dengan twin-tube shock absorbers and stabilizer bar

 

Eksterior

Bagian depan tidak memiliki grille, detail air intake di bagian bawah kendaraan berukuran kecil. Lampu headlight menggunakan LED dengan auto-dimming high beams (lampu menyala otomatis ketika area di depan kendaraan tampak gelap).

Viral :   Harga Motor Vespa Matic Mahal? Cek Dulu Kebenarannya

Terdapat aksen chrome di bagian lis kaca samping dan kaca bagian atap dari tinted glass roof. Ada juga sensor pada pilar B untuk tap kartu akses plus kamera kecil untuk merekam aktivitas mencurigakan.

Pada bagian belakang, port charger di dekat lampu bisa dibuka melalui aplikasi, dari dalam mobil, atau melalui sentuhan pada penutupnya. Ada juga rear combination stop lamp berteknologi LED reflektor pada bumper belakang, serta lekuk pintu bagasi ducktail.

Interior

Bagian interior sangat sesuai dengan harga Tesla Model 3. Kendaraan ini memiliki dasbor dengan aksen kayu serta detail panel silver. Terdapat layar sentuh LCD berukuran 15 inci yang memuat informasi fitur secara lengkap.

Setir mobil berbahan kulit dengan dua tombol multifungsi. Pengaturan setir (maju mundur atau naik turun) dilakukan secara elektrik dan disimpan dalam database profil pengemudi.

Jok terbuat dari kulit, dapat diatur secara elektrik, dilengkapi fitur penghangat, dan pada bagian tengah, armrest dapat dilipat. Kapasitas bagasi kendaraan ini adalah 424 liter dan bisa ditambah dengan melipat kursi pada baris kedua.

Fitur Keselamatan

Bodi kendaraan ini menggunakan alumunium dan baja, dilengkapi impact protection rail and center pillar reinforcement yang mampu mengurangi energi tumbukan. Fitur keselamatan lainnya adalah:

  • electronic stability & traction control
  • four-wheel antiloc disc brake
  • electronic parking brake
  • 8 kamera
  • radar depan
  • 12 sensor ultrasonik
  • Active Safety Technology milik Tesla dengan fitur collision avoidance dan automatic emergency braking
  • Enhanced autopilot (menggabungkan fitur autosteer, lane change, side collision warning, automatic parking, dan emergency braking)

Pengisian Daya

Pengisian daya baterai membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Tak hanya harga Tesla Model 3 yang ramah, perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk satu kali charging juga sangat irit, yaitu hanya sekitar Rp70 ribu.

Viral :   Ban Aspira Premio Sportivo untuk Performa dan Safety

Harga Tesla Model 3 di Indonesia

Di Amerika sana, jika dikonversi dalam rupiah, kendaraan ini dijual dengan harga sekitar Rp469 juta. Namun, begitu masuk ke Indonesia, harganya melambung hingga tembus Rp1 miliar lebih karena importir harus mengeluarkan biaya-biaya tambahan.

Berikut kisaran harga off the road untuk tiap-tiap varian/seri.

  1. Tesla Model 3 Standard Range Plus : Rp1.500.000.000
  2. Tesla Model 3 Long Range : Rp2.500.000.000
  3. Tesla Model 3 Performance : Rp2.700.000.000

Harga Tesla Model 3 di atas sudah termasuk garansi suku cadang dan servis selama 2 tahun, garansi baterai selama 8 tahun, dan free towing khusus untuk area Jakarta. Sangat menari, bukan?