Mengenal Berbagai Jenis Kunci Momen Beserta Fungsinya

Jenis Kunci Momen – Kunci momen atau biasa dikenal dengan kunci torsi adalah suatu alat yang biasa digunakan untuk mengencangkan baut dan mur dengan tingkat kekuatan serta kekencangan yang bisa disesuaikan degan kebutuhan. Bisa disimpulkan jika kunci momen ini memiliki fungsi untuk mengukur gaya puntir pada mur dan baut hingga mencapai kekencangan tertentu sesuai dengan kebutuhan.

foto : caraudionow.com

 

Jenis kunci momen saat ini cukup beragam, dimana kunci momen ini memiliki dua sisi ujung dengan fungsi yang berbeda, dimana sisi ujung yang pertama digunakan untuk mengeratkan myr dan baut, sementara sisi ujung lainnya digunakan untuk melihat tingkat kekuatan serta kekencangan mur dan baut yang telah dieratkan.

Fungsi kunci momen yang paling utama adalah mengencangkan baut atau mur ketika ingin dikunci lebih kuat. Biasanya untuk permulaan mengencangkan baut atau mur kita hanya menggunakan kunci biasa, seperti ring, soket, atau kunci pas. Namun untuk pengencangan tahap akhir baru menggunakan kunci momen. Tentunya hal sesuai dengan nilai kekuatan gaya puntir baut atau mur. Jenis kunci momen dalam dunia otomotif sangat berguna untuk penyetelan baut kepala silinder mesin dan unit differensial lainnya pada mobil. Untuk proses pengencangan baut sendiri biasanya dilakukan secara bertahap untuk menghindari efek bengkok atau pecah.

Viral :   Begini Ciri-ciri Freon AC Mobil telah Menipis

Mengingat kebutuhan masyarakat akan kunci momen yang beragam, akhirnya para produsen mulai berlomba-lomba menciptakan beberapa jenis kunci momen yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kunci momen bending beam

Jenis kunci momen yang pertama adalah kunci momen bending beam. Kunci momen ini mempunyai penunjuk angka jarum dengan satuan Nm. Kelebihan dari kunci ini cukup mudah digunakan dengan memposisikan jarum ke posisi 0. Namun dibalik kelebihannya, ternyata ada kunci ini juga memiliki kelemahan yakni harus dibaca secara seksama agar tidak salah, hal ini karena posisi baca ideal kunci momen ini yakni secara tegak lurus dengan jarum. Inilah yang terkadang membuatnya menjadi kurang akurat jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

2. Kunci momen dial indikator

Jenis kunci momen selanjutnya yakni kunci momen dial indikator. Kunci momen ini bekerja dengan mengukur pengencangan berdasarkan dial indikator. Dimana jarumnya akan bergerak menunjukan skala tertentu sesuai dengan momen pengencangan

3. Kunci momen pneumatik

Jenis kunci momen lainnya yakni kunci momen pneumatik. Sistem kerja kunci ini yakni dengan memanfaatkan tekanan tenaga udara untuk melakukan pengencangan. Dengan menggunakan tekanan udara, maka bisa menjadi lebih mudah untuk pengencangan baut-baut yang besar. Kelebihan dari jenis kunci momen ini yakni tingkat akurasinya yang sangat baik.

Viral :   Ini Dia Ulasan dan Harga Mobil Peugeot 5008 2021
4. Kunci momen micrometer clicker
foto : eastwood.com

 

Kunci momen micrometer clicker merupakan salah satu jenis kunci momen yang bisa diatur dengan menyetel ukuran kekencangan dibagian tangkai. Dimana ketika digunakan, anda tidak perlu melihat skala saat proses pengencangan. Anda hanya perlu mendengarkan bunyi klik, maka pengencangan pada mur atau baut telah sesuai. Hasilnya pun lebih akurat dengan kualitas terjaga. Namun jenis kunci momen satu ini menuntut anda untuk melakukan kalibrasi secara teratur agar hasil dari pengencangan tetap maksimal

5. Kunci momen digital

Jenis kunci momen digital merupakan jenis komponen yang hasil skala bacanya akan terlihat secara elektronik layaknya jam. Dengan penggunaan teknologi digital ini, maka cukup membantu Anda dalam mengurangi kesalahan pembacaan.

 

6. Kunci momen hidrolik

Jenis kunci momen yang terakhir adalah kunci momen hidrolik. Jenis kunci ini didesain untuk melakukan pengencangan baut dengan tepat. Sistem kerja kunci ini tentunya menggunakan tenaga hidrolik, sesuai namanya. Selain itu bobotnya juga jauh lebih ringan, kecil, namun tetap memiliki kemampuan yang bisa diandalkan.