Review CB650R 2021, Honda Moge 4 Silinder Yang Murah di Pasar Indonesia

Kita tau jika PT. Asta Honda Motor (AHM) memiliki banyak line up big bike atau honda moge yang dijual resmi di pasar Indonesia mulai dari 500 cc hingga 1800 c. Saat ini AHM telah resmi merilis honda moge 4 silinder yang bisa dibilang murah untuk kelasnya yakni Honda CB650R 2021.

Honda CB650R 2021 merupakan satu satunya honda moge atau big bike yang mengusung revolusi desain Neo Sport Cafe, dimana konsep desain ini memadukan model motor classic dengan teknologi moder yang kekinian. Hal ini terlihat jelas dari model lampunya yang bulat dan minimalis sama seperti motor retro, hanya saja honda moge CB650R MY 2021 telah dipadukan dengan teknologi modern seperti suspensi depan Upside Down, lampu serba LED dan mesin powerfull berkonfigurasi 4 silinder yang menjadi keunggulannya.

Jika dibandingkan dengan honda moge CB650R sebelumnya , motor satu ini memiliki perbedaan dimana perbedaan itu terdapat pada sepatbor depan ( front fender) dan tangki bahan bakar yang memiliki tampilan baru dan juga desain sepatbor belakang (rear fender) terasa lebih tegas dengan ekspos unsur logam yang membuatnya semakin kuat.

Hond moge CB650R 2021 ini juga dihadirkan dengan2 varian warna yakni warna hitam doff (Matte Gunpowder Black Metallic) dan warna merah (Candy Chromosphere Red). Sedangkan untuk harganya, honda moge CB650R 2021 ini dibanderol Rp 296.000.000 OTR wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Desain Honda Moge CB650R 2021

Honda CB650R 2021 ini hadir dengan sebuah energi dan gaya baru untuk pengguna sepeda motor sport yang ingin tampil beda. Dimana desain timeless dan menekankan pada ciri khas motor street fighter. Jika dilihat sepintas, honda moge satu ini lebih terlihat kesan sporty, moder sekaligus sensasi ekstrem. Dengan konsep Neo sport Cafe serta kesan retro yang kuat ditampilkan melalui desain lampu depannya yang menggunakan LED berbentuk bulat, selain itu daya tarik motor ini juga terdapat pada penyematan all LED lighting system dan lensa bening pada lampu senja, lampu belakang dan lampu sein sehingga akan menghasilkan pencahayaan yang modern.

Viral :   Mengenal Kunci Busi Motor Beserta Fungsi dan Jenisnya

Jika dilihat dari samping, honda moge CB650R ini nampak jelas terekspos bagian bagian mesin ata mekanikalnya, sedangkan pada sisi belakang, gaya street fighter yang ditampilkan sangat kuat. Hal ini menjadikan motor satu ini semakin gagah,raw, maskulin dan terkesan ekstrim. Tampilan full digital panelmeter Cb650R 2021 memiliki pencahayaan berwarna biru dengan berisikan informasi posisi gir dan shift up indicator, putaran mesin, odometer, kecepatan, bahan bakar, rata rata konsumsi bahan bakar serta penunjuk waktu.

Fitur Canggih

Keunggulan dari Honda moge CBR650R 2021 ini memiliki fitur fitur canggih yang disematkan. Dimana penggunaan suspensi depan jenis inverted telescopic showa 41mm akan meningkatkan kenyamanan handling, sedangkan suspensi belakang dengan lengan ayun aluminium menghadirkan bentuk kurva dengan busur yang berada diatas knalpot sisi kanan.

Fitur selanjutnya yang disematkan pada honda moge Cb650R 2021 ini yakni fitur assist/slipper clutch yang membuat tuas kopling menjadi lebih ringan saat dioperasikan, sekaligus dapat mengurangi efek engine brake ketika melakukan penurunan gigi dengan cepat.

Honda Selectable Torque Control (HSTC) menjadi peranti wajib untuk Honda moge CB650R 2021 ini, yang memiliki tugas menyesuaikan tenaga mesin demi mengoptimalkan torsi pada roda belakang dan mengurangi selip. Penyematan Emergency Stop Signal (ESS) pada motor ini juga akan menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak. ESS atau Emergency Stop Signal nantinya akan secara otomatis mengaktifkan lampu darurat (hazard) saat rem dioperasikan, sehingga dapat memberikan peringatan kepada pengendara lain di sekitarnya, terutama pada kendaraan di belakang untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Viral :   5 Merk Ban Mobil Paling Direkomendasikan untuk Kamu

Performa Mesin dan Pendukungnya

Berbicara masalah performanya, Honda moge CB650R sudah dibekali mesin 4 silinder 650cc DOHC, 6-percepatan, yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 66,5kW @11.000 rpm serta torsi kuat 60,7Nm @8.000 rpm. Kapasitas tangki bahan bakar yang ada dimotor ini yakni 15,4 liter, dan spesifikasi mesin sudah memenuhi standar emisi yang ditetapkan pemerintah.

Untuk model knalpot pada Honda CB650R ini memiliki desain compact namun kokoh, sehingga akan menambah kesan maskulin sekaligus memberi performa optimal pada putaran mesin bawah-tengah. Tak ketinggalan juga komponen lubang gas buang sisa pembakaran ini mampu menghasilkan suara yang khas dan berkelas.

Honda Moge 650 cc ini memiliki rangka diamond steel yang sangat kokoh berbentuk elips, sengaja dirancang untuk memberikan kesan gagah. Keseimbangan kekuatan motor ini didapatkan melalui penyetelan secara khusus yang lebih kaku di sekitar headstock dan lebih fleksibel di sisi spar, sehingga akan memberikan karakter pengendalian yang diinginkan pengendara. Dengan pelek aluminium dibalut ban depan berukuran 120/70-R17, serta ban belakang ukuran 180/55-R17. Honda moge CB650R 2021 ini juga menggunakan kaliper rem depan berpiston empat dengan cakram 310mm. Di bagian belakang tersemat kaliper berpiston tunggal dengan cakram 240mm, yang nantinya akan menghasilkan daya pengereman berlimpah dengan ABS 2-channel sebagai peranti standar.