Berapa Biaya Cat Ulang Mobil Full Body? Simak Ulasannya

Mobil yang sudah cukup berumur memang memerlukan pengecatan ulang. Tentu saja muncul pertanyaan berapakah biaya cat ulang mobil full body? Sebenarnya, pertanyaan tersebut sangat mudah dalam mencari jawabannya. Saat ini sudah makin banyak bengkel yang menyediakan layanan cat ulang mobil full body.

Hanya saja kisaran biayanya memang sangat beragam. Hal ini tergantung dari segi kerusakan, jenis cat, serta bengkel manakah yang akan Anda pilih. Mengecat mobil secara menyeluruh juga cocok dilakukan jika ingin perbaikan pasca kecelakaan. Nah ini dia estimasi biaya cat ulang mobil full body.

Estimasi Biaya Cat Ulang Mobil Full Body

Sejatinya biaya cat ulang bisa Anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Yang terpenting adalah cermat dalam memilih jasa pengecatan. Anda bisa memilih bengkel umum atau resmi sesuai dengan keinginan dan berbagai macam pertimbangan khusus. Inilah ulasannya.

  1. Cara Kerja Cat Mobil Full Body

Sebelum memilih ingin melakukan pengecatan di bengkel umum atau resmi, Anda harus tahu biaya cat full body. Proses pengecatannya juga harus diketahui. Biasanya untuk pengecatan full di bengkel umum menggunakan metode cat oven atau juga bisa dijemur di sinar matahari.

Jika ingin menentukan bengkel body repair terlebih pengecatan full, pilihlah tempat yang menyediakan pilihan cat berkualitas menarik. Jangan tergiur dengan harga murah. Jika hasilnya belang dan tidak maksimal, tentunya hanya akan merugikan untuk kedepannya.

  1. Biaya Cat Full Body di Bengkel Umum
Viral :   Knalpot WRC, Kearifan Lokal Tingkatkan Akselerasi Motor

Untuk bengkel umum, biasanya estimasi biaya untuk cat ulang full body mencapai Rp4 juta. Sebenarnya hal ini juga tergantung dengan jenis cat yang Anda gunakan. Harga tersebut biasanya menggunakan jenis cat Apsara, DuPont, Nippon Paint, atau Blinken.

Selain tergantung dari jenis cat, hal ini juga sangat berkaitan dengan pilihan warna. Biasanya untuk warna putih lebih mahal dibandingkan cat berwarna gelap. Nah jika ingin mencari cat dengan kualitas yang lebih maksimal, Anda bisa memilih jenis Spies Hecker maupun Sikkens dengan kisaran harga pengecatan Rp4 juta sampai Rp9 juta.

  1. Biaya Cat Full Body di Bengkel Resmi

Setelah tahu biaya cat ulang mobil full body di bengkel umum, Anda juga harus mengetahui estimasinya jika dilakukan di bengkel resmi. Harganya memang cenderung lebih mahal dibanding bengkel umum.

Harga yang dipatok jika menggunakan jasa Toyota berkisar Rp6 juta sampai Rp7 juta untuk jenis mobil kecil seperti Agya. Jika mobil besar layaknya Fortuner, bisa menghabiskan budget keseluruhan mencapai Rp17 juta.

Viral :   Review Keunggulan dan Informasi Harga Helm INK Ori Terbaru

Harga tersebut masih sebatas biaya pengecatan, belum ditambah body repair. Jika ditambah perbaikan, tentunya akan semakin mahal. Walaupun lebih mahal, bengkel resmi menggunakan formula cat yang sesuai pabrikan awal. Jika ingin mendapatkan tampilan yang lebih original, Anda bisa menggunakan jasa di tempat ini.

  1. Berbagai Pertimbangan Sebelum Mengecat Full Body

Ada beberapa pertimbangan sebelum memutuskan mengecat full body. Salah satunya adalah memilih bengkel pengecatannya. Pastikan tempat tersebut hadir dngan fasilitas lengkap sehingga pengerjaannya lebih maksimal.

Sebenarnya pengeringan juga harus Anda pertimbangkan. Pengeringan menggunakan ruang oven dinilai lebih sempurna jika dibanding hanya menjemurnya di bawah matahari. Pengerjaan cat di bengkel resmi sudah mengikuti standar pabrik dengan SOP yang cukup ketat.

Jika ingin mendapatkan warna cat yang lebih bervariasi maupun ingin melakukan modifikasi, Anda bisa menggunakan jasa bengkel umum. Warnanya lebih beragam dengan jenis dari berbagai merek cat yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Biaya cat ulang mobil full body memanglah cukup bervariasi. Tergantung dimana Anda melakukannya serta jenis cat dan tipe kerusakan yang seperti apa. Pastikan Anda sudah menghitung estimasinya secara akurat agar tidak mengalami over budget.