Begini Perbandingan Biaya Cat Mobil di Bengkel Resmi dan Biasa

Mengecat ulang mobil berguna untuk menjaga penampilannya tetap mulus. Pengecetannya bisa dilakukan di bengkel resmi atau umum. Tentunya biaya cat mobil tersebut cukup berbeda. Perbedaan tersebut sebenarnya didasari oleh berbagai alasan. Bagi yang sedang bingung, bisa melakukan riset terlebih dahulu.

Anda dapat membandingkan biaya jika mengecat di bengkel resmi atau biasa. Dari sekian banyak bengkel, harga yang ditawarkan cukup bervariasi. Tentu saja semua orang menginginkan hasil terbaik dengan budget yang bersahabat. Nah ini dia perbandingan biaya cat mobil di bengkel resmi maupun biasa.

Perbandingan Biaya Cat Mobil

Salah satu hal yang wajib diketahui pemilik kendaraan jika ingin mengecat mobil adalah mencari tahu kualitas pengerjaannya. Selain itu, harga yang ditawarkan serta jaminan dari testimoni konsumen sebelumnya juga patut Anda ketahui. Inilah perbandingannya yang bisa Anda jadikan referensi tambahan.

  1. Estimasi Pengerjaan di Bengkel Umum

Bengkel umum biasanya memberikan pilihan yang beragam serta standar berbeda-beda untuk cat mobil. Fasilitasnya lengkap dengan pengerjaan yang baik. Pengeringan yang dilakukan menggunakan oven dan dinilai lebih sempurna.

Biasanya untuk body repair di bengkel umum menggunakan cat DuPont. Selain itu, merk Nippon Paint juga biasanya digunakan. Kualitas cat yang lebih baik juga bisa Anda gunakan dengan merk Spies Hecker, Sikkens, serta Stansdoke.

  1. Estimasi Pengerjaan di Bengkel Resmi
Viral :   Mengetahui Fungsi Oli Mesin Berdasarkan Ragam Jenisnya

Berbeda dengan bengkel umum yang menggunakan jenis cat bervariasi, bengkel resmi tetap mengikuti standar pabrikan. Mulai dari jenis cat, bahan, serta cara pengerjaannya. Pengerjaan di bengel resmi biasanya cukup cepat.

Jaminan warna untuk cat garapan bengkel resmi sama seperti bawaan awal mobil. Formula cat yang sesuai standar pabrik memang digunakan di bengkel satu ini. Jika ingin menggunakan oplosan warna atau merk, bengkel resmi tidak bisa melakukannya.

  1. Estimasi Harga di Bengkel Umum

Pengecatan mobil harus dihitung estimasi harga berdasarkan tingkat kerusakannya. Umumnya bengkel umum maupun resmi mematok tarif per panel agar lebih mudah proses penghitungan biayanya.

Jika terdapat kerusakan, biasanya biaya perbaikannya dijadikan satu dengan pengecatannya yang per panel. Sebenarnya estimasi biaya cat mobil di bengkel non resmi ini dihitung berdasarkan jenis catnya. Inilah contoh estimasinya jika menggunakan jenis Polyuethane.

  • Kisaran harga per panel Rp300.000 sampai Rp450.000
  • Kap mesin dan bagasi Rp400.000 hingga Rp650.000
  • Atap mobil Rp500.000 hingga Rp800.000

Jika ingin lebih hemat biaya, Anda bisa memilih jenis cat lain yang lebih murah. Anda bisa memilih cat Acrylic Lacquer dengan estimasi biaya pengecatan per panel sebagai berikut:

  • Kap mesin Rp400.000 sampai Rp450.000
  • Kabin atas Rp600.000 sampai Rp650.000
  • Kap bagasi Rp350.000 sampai Rp400.000
  • Biaya per panel lainnya Rp300.000 sampai Rp350.000
Viral :   Review Spesifikasi Yamaha NMAX 2021 Serta Harga Terbaru Juni 2021

 

  1. Estimasi Harga di Bengkel Resmi

Jika ingin memilih bengkel resmi untuk mengecat mobil, biasanya tarif yang berlaku berbeda-beda tergantung jenis mobil dan bengkel resmi mana yang Anda tuju. Misalnya jika ingin ke bengkel resmi Toyota, tarif yang dipasang mulai Rp700.000 sampai Rp1.800.000 per panelnya.

Bila kerusakannya sebatas baret halus ataupun penyok yang masih ringan, pemilik mobil bisa membayar antara Rp800.000 hingga Rp900.000. Pengerjaannya dilakukan selama 8 jam menggunakan jenis cat Express Body Paint.

Sedangkan untuk merk Mitsubishi, bengkel resminya mematok tarif per panel antara Rp700.000 sampai Rp800.000. Harganya tentu semakin mahal jika pilihan warnanya adalah pearl white atau putih mutiara. Estimasinya lebih mahal sampai 30 persen dari harga biasa.

Bagaimana, sudah menentukan biaya cat mobil di bengkel resmi atau biasa? Anda bisa menentukannya berdasarkan kebutuhan serta budget yang dimiliki. Pastikan bengkelnya terpercaya dan sudah terkenal kredibel dalam melayani konsumen.