Daftar Produk Oli Pertamina Beserta Keunggulannya

Cairan pelumas atau oli Pertamina masih memiliki banyak penggemar di Tanah Air. Selain harganya lebih murah, kualitasnya pun dianggap masih oke. Bahkan ada yang kandungan pelumas sama, namun oli pabrikan BUMN itu diklaim lebih bermutu.

Nah, Pertamina telah memproduksi cairan pelumas yang disesuaikan peruntukannya. Untuk mengetahui daftar beserta keunggulan masing-masing produk, simak ulasan berikut.

Daftar Produk Cairan Pelumas/Oli Pertamina

  1. Fastron Fully Synthetic

Minyak pelumas dengan mutu tinggi yang diformulasikan dari bahan PAO, tingkat kekentalannya adalah SAE 0W-50, telah memenuhi tingkatan mutu API tertinggi saat ini.

Keunggulan dari Fastron Fully Synthetic adalah kekentalan ganda yang stabil membuat mesin dapat bekerja secara optimal selama start up hingga operasi  mencapai suhu tinggi. Selain itu memiliki ketahanan terhadap panas dan oksidasi sehingga lebih awet.

Tingkat penguapan yang rendah membuat pemakaian oli menjadi lebih irit. Selain itu bisa mencegah terbentuknya deposit pada piston sehingga menjadikan mesin tetap handal. Mampu menjaga kebersihan mesin yang membuat mesin beroperasi lebih optimal.

Produk oli Pertamina ini direkomendasikan untuk kendaraan yang beroperasi pada kondisi yang sangat ekstrim.

  1. Pertamina Synthetic ATF

Synthetic ATF adalah cairan pelumas atau oli transmisi otomatis multifungsi. Sangat cocok digunakan untuk semua jenis kendaraan yang menyematkan transmisi otomatis, atau pengguna sistem hidrolik power steering.

Keunggulan Synthetic ATF antara lain memberi perlindungan dari aus, korosi, maupun deposit pada gearbox automatic. Membuat perpindahan gigi menjadi lebih halus, menjadikan friksi lebih stabil sehingga lebih awet, serta mencegah terbentuknya lendir dan lumpur.

Viral :   Intip Spesifikasi Skutik Honda X-ADV 2021

Produk ini cocok digunakan untuk kendaraan yang memiliki sistem transmisi otomatik, seperti Ford, General Motor, Diesel, dan kendaraan pabrikan Jepang lainnya. Bisa juga digunakan pada power steering sistem hidrolik.

  1. Fastron Synthetic

Keunggulan dari produk ini adalah kekentalannya membuat mesin dapat bekerja lebih optimal, baik selama start up maupun pada suhu tinggi. Synthetic juga memiliki ketahanan terhadap panas dan oksidasi sehingga umur pemakaian menjadi lebih panjang.

Tingkat penguapannya pun randah, sehingga pemakaian cair pelumas menjadi lebih irit. Selain itu produk ini dapat mencegah terjadinya pembentukan deposit, menjaga kebersihan mesin, serta memberikan perlindungan dari keausan. Cocok untuk kendaraan yang beroperasi di medan yang sangat ekstrim.

  1. Fastron SAE 20W-50, 10W-40, dan DIESEL SAE 15W-40

Fastron adalah minyak pelumas atau oli mesin berbahan dasar semi sintetik dengan kekentalan ganda serta berkualitas tinggi. Ini menjadikan pelumas mudah dalam proses sirkulasi pada temperatur rendah serta dapat memberi perlindungan dari aus pada komponen mesin saat suhu tinggi maupun kecepatan tinggi.

Fastron SAE 20w-50 dan 10W-40 direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan berbahan bakar bensin yang telah dilengkapi sistem direct injection multikatup, bisa juga digunakan pada kendaraan berbahan bakar diesel tugas sedang.

Viral :   Keunggulan Velg OZ Racing yang Banyak Dipilih Rider

Sedangkan tipe 15W-40 direkomendasikan bagi kendaraan mesin diesel berputaran tinggi yang dilengkapi sistem direct injection dengan gas buang rendah. SAE 12W-40 bisa juga diaplikasikan pada kendaraan berbahan bakar bensin.

Keunggulan dari produk ini adalah memiliki kekentalan yang stabil saat temperatur tinggi maupun rendah. Fastron juga memberikan perlindungan dari pembetukkan deposit terhadap piston, maupun aus, serta memiliki perlindungan oksidasi yang baik.

  1. Prima XP SAE 20W – 50

Diperuntukkan sebagai cairan pelumas mesin dengan bahan bakar bensin. Diformulasikan dari bahan jenis HVI dari hasil teknologi mutakhir guna mendapatkan jenis, jumlah, dan komposisi yang optimal serta perlindungan maksimal.

Oli pertamina varian ini memiliki keunggulan kekentalan ganda, memudahkan mesin dihidupkan walau dalam keadaan suhu redah sekalipun, serta memiliki kekentalan yan sesuai ketika di posisi berkecepatan tinggi dan suhu tinggi.

Direkomendasikan untuk kendaraan terbaru bermesin bensin yang telah dibekali fitur multi katup, tipe mesin DOHC atau Twin Cam. Pelumas ini mampu memenuhi segala tuntutan ekstrim untuk kegiatan balap mobil dan rally.

Demikian ulasan mengenai beberapa produk oli Pertamina beserta keunggulannya. Pastikan Anda memilih varian pelumas yang sesuai untuk mesin agar terjaga keawetannya.

Kata PencarianOli Pertamina dan peruntukanya